Home » Pengobatan Alternatif » 11 Titik Titik Bekam yang Perlu Anda Ketahui

11 Titik Titik Bekam yang Perlu Anda Ketahui

Salah Satu Titik-Titik Bekam di Kaki

Bekam telah dilakukan selama berabad-abad dan tetap banyak digunakan hingga sekarang. Anda pasti salah satunya yang sering melakukan bekam bukan?

Tapi selama Anda melakukan bekam, apakah Anda tahu titik titik bekam tersebut? Belum kan? Padahal tidak ada salahnya Anda tahu titik titik bekam, meskipun Anda hanyalah “seorang pasien”, iya kan?

Lalu dimanakah titik titik bekam tersebut berada? Well, sebelum saya menjelaskan tentang dimana letak titik titik bekam tersebut, saya jelaskan dulu secara singkat tentang terapi bekam ini.

Kata bekam sebenarnya berasal dari bahasa melayu. Sedangkan dalam bahasa Arab disebut Hijamah yang berarti pelepasan darah kotor, cupping dalam bahasa Ingrris, dan Gua-sha dalam bahasa Cina.

Bekam dapat menyembuhkan 72 penyakit. Penyembuhan ini dapat dilakukan dalam 4 cara bekam yang berbeda-beda tergantung pada analisis penyakit yang sebelumnya didapatkan setelah tanya jawab dengan pasien mengenai penyakit keluhannya.

Ada 4 jenis bekam, secara singkatnya bekam itu terdiri dari Bekam basah (wet cupping), bekam kering (dry cupping), bekam meluncur, dan terakhir bekam tarik.

Alat yang digunakan dalam bekam ini antara lain : cupping set, lancing divice, Lancing (jarum), blade surgical (pisau bedah), pengukur tekanan darah dan gula darah, sarung tangan, tisu, kapas, mesin/pisau cukur, alkohol, minyak but-but, minyak zaitun dan minyak habbatussauda.


Untuk tempat-tempat atau lebih sering dikatakan titik titik bekam, ada tempatnya masing-masing. Tidak boleh Anda melakukan bekam di sembarang titik di tubuh Anda. Maka dari itu, Anda harus mengetahui titik titik bekam beserta fungsi masing-masing dari titik titik bekam tersebut.

Sebenarnya untuk titik-titik ini hampir mirip dengan titik-titik pada akupuntur. Dalam bukunya yang berjudul “Keampuhan Bekam” yang ditulis oleh Ahmad Fatahillah, dijelaskan terdapat 11 titik titik bekam yang bisa digunakan untuk melakukan bekam. Titik-titik bekam itu antara lain :

  1. Titik Ummu Mughits
    Titik ini berada di ubun-ubun kepala yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit stroke, hipertensi, vertigo dan migran. Kepala kita biasanya terdapat rambut, sementara titik ini berada ditengah-tengahnya, karena itu untuk melakukan bekam pada titik ini biasanya kepala Anda akan di cukur.
  2. Titik Qumah Duwah
    Berada di belakang kepala bagian bawah, di sekitar tonjolan tulang belakang. Titik ini bermanfaat untuk sakit ringan dan berat seperti pandangan kabur, sakit kepala, vertigo, sakit bahu, dan tenggorokan.
  3. Titik Al-Akhda’in
    Beguna untuk mencegah sakit kepala, wajah, gigi, telinga, hidung, kerongkongan dan pnyakit-penyakit disekitar kepala terutama penyakit yang diakibatkan kelebihan darah atau rusaknya jaringan darah. Lokasi titik ini berada pada dua urat disamping kiri dan kanan leher, kadang-kadang posisi urat ini tersembunyi sehingga sulit ditemukan. Di titik ini merupakan pusat dari kegiatan dan perjalanan usus besar dan usus kecil.
  4. Titik Al-Khaahil
    Ujung atas tulang belakang adalah lokasi dari titik Al-Khaahil, tepatnya antara bahu sebelah kanan dan kiri. Jika Anda melakukan bekam pada titik ini maka dapat bermanfaat untuk masalah penyakit di sekitar kepala dan saraf.
  5. Titik Al-Hammah
    Titik ini berada paling atas dari kepala, pertemuan dari rambut bagian atas dengan rambut bagian belakang. Bekam pada titik ini berfungsi untuk permasalahan yang berhubungan dengan ingatan, stroke, gangguan penglihatan dan lain-lain.
  6. Titik Punggung
    Ini adalah titik yang berada di sebelah punggung kanan dan kiri. Lebih diutamakan untuk penderita asma, paru-paru, dan bronkitis.
  7. Titik Pinggang
    Melakukan bekam pada titik pinggang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan gangguan ginjal dan susah buang air kecil.
  8. Titik Pinggul
    Pada titik ini bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri ketika jatuh.
  9. Titik Pangkal Paha
    Titik ini merupakan titik bekam yang bermanfaat untuk menyembuhkan ketika kaki lemas atau memar karena terpukul atau jatuh.
  10. Titik Betis dan Lipatan Lutut
    Lokasi titik bekam ini berguna untuk mengatasi gangguan kandung kemih, asam urat, dan pegal linu.
  11. Titik Punggung dan Telapak Kaki
    Bermanfaat untuk masalah yang berhubungan dengan luka-luka pada daerah sekitar paha, betis, hambatan dalam hait dan gangguan pada buah zakar.

Eniwei, pada umumnya di semua bagian tubuh dapat dilakukan bekam. Tapi ada beberapa bagian tubuh yang tidak boleh di bekam.

Titik terapi bekam yang tidak boleh dibekam antara lain adalah bagian tubuh yang memiliki banyak simpul limpa (lympathic system yang berfungsi menghasilkan antibodi yaitu dipipi, tonsil, bawah rang, dada, ketiak, ulu hati, dan selangkangan), lubang alamiah tubuh (mata, telinga, hidung, mulut, puting susu, kemaluan, dan dubur) serta lubang-lubang pada anggota tubuh yang ada retak tulang.

Selain itu, titik varises, jaringan luka, tempurung lutut, kanker, tulang punggung, pusat kelenjar limfa atau getah bening, perut wanita yang sedang hamil, bagian tubuh yang sensitif yang memiliki saraf-saraf halus (tangan bagian dalam) dan lipatan tubuh (ketiak, selangkangan dan siku bagian dalam) juga tidak boleh Anda bekam.

Sudah jelas kan sekarang titik titik bekam di atas. Well, kesehatan manusia adalah hal yang paling krusial dalam kehidupan. Siapa yang ingin sakit. Saya rasa tidak ada yang ingin sakit.

Namun sakit itu tidak bisa dihindari tapi dapat dicegah. Melalui titik titik bekam inilah insya Allah Anda bisa diringankan bahkan disembuhkan dengan terapi bekam agar sakit Anda tidak menjadi masalah yang lebih serius.

(sumber gambar artikel titik bekam hijamah : www.alat-bekam.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Baca 13 Penjelasan Ini Agar Anda Terhindar Bahaya Bekam

Baca 13 Penjelasan Ini Agar Anda Terhindar dari Bahaya Bekam

Bekam atau hijamah merupakan salah satu pengobatan alternatif yang telah tumbuh sejak zaman bangsa Israil …

Satu komentar

  1. Izin Copas,Gan.
    Thank’s

11 Titik Titik Bekam yang Perlu Anda Ketahui


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 Titik Titik Bekam yang Perlu Anda Ketahui