Home » Hidup Sehat » 10 Tips Tidur Sehat yang Bisa Bantu Anda Tidur Nyenyak

10 Tips Tidur Sehat yang Bisa Bantu Anda Tidur Nyenyak

10 Tips Tidur Sehat yang Bisa Bantu Anda Tidur Nyenyak

Anda baru susah tidur ya? Kalau iya, saya berikan 10 tips tidur sehat yang bisa membantu Anda agar bisa tidur sehat dan nyenyak. Tetapi sebentar, apa itu tidur sehat?

Saya terangkan dulu ya… Tidur sehat adalah tidur yang berkualitas. Dan tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Apa itu tidur yang berkualitas?

Tidur yang berkualitas dan sehat adalah tidur yang dapat mengistirahatkan pikiran dan tubuh. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa aktivitas tidur adalah salah satu aktivitas fisik yang terpenting.

Dengannya, semua organ tubuh akan beristirahat. Tetapi ada pula yang dengan terpejamnya mata, justru aktivitas lain dari tubuh dimulai tanpa disadari.

Beberapa orang merasakan insomnia dalam tidurnya, sehingga tidak jarang membuat mereka mengalami stres.

Bahkan seseorang yang sudah terbiasa tidur nyenyak, lalu pada suatu saat mendapati dirinya susah tidur, ia akan “frustasi” dan cenderung mudah marah.

Untuk itulah kali ini saya menulis 10 cara tidur yang sehat agar Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak.


  1. Tips tidur sehat yang pertama, tidur siang.
    Tidur siang digadang-gadang dapat membantu seseorang mengatasi insomnia di malam harinya. Selain itu, aktivitas tidur siang ini juga dapat membantu Anda mendapatkan pikiran yang lebih segar dan lebih ringan daripada Anda pergunakan terus tanpa mengistirahatkannya. Tidur siang pun tidak perlu terlalu lama. Seperempat jam sampai 45 menit sudah cukup.
  2. Tips tidur sehat yang kedua, habis makan jangan langsung pergi tidur.
    Bagi Anda yang ingin menjalankan program diet, sebaiknya Anda tidur minimal 2 jam setelah Anda pergi makan. Dan bagi Anda yang tidak sedang menjalankan diet, alangkah lebih baiknya Anda tidur 2 jam setelah makan juga.
  3. Tips tidur sehat yang ketiga, bersih-bersih badan sebelum tidur.
    Bersih-bersih badan tidak selalu bermakna mandi. Bahkan mandi malam ternyata tidak menyehatkan, khususnya untuk jantung Anda. Anda bisa membersihkan muka, tangan dan kaki dengan air segar. Jika habis bepergian, usahakan menggunakan sabun. Tidur dengan keadaan segar seperti ini akan membuat Anda lebih rileks dan nyaman.
  4. Tips tidur sehat yang keempat, bersihkan make up.
    Jangan tidur dengan keadaan masih menggunakan make up di wajah. Ini akan menyebabkan timbul jerawat keesokan harinya.
  5. Tips tidur sehat yang kelima, pergunakan pakaian tidur yang nyaman.
    Jangan menggunakan sepatu ketika Anda tidur. Jangan pula menggunakan pakaian berbahan “berat” seperti jeans. Sebaliknya, gunakan pakaian rumahan atau baby doll untuk tidur. Selain berbahan ringan dan nyaman, kulit Anda pun juga dapat bernafas. Selain itu, Anda pun dapat tidur dengan lebih leluasa dalam bergerak.
  6. Tips tidur sehat yang keenam, minum susu hangat sebelum tidur.
    Dikatakan bahwa minum susu hangat sebelum tidur dapat membantu seseorang untuk tidur yang lebih nyenyak. Bagi para remaja, minum susu dengan kandungan kalsium tinggi dapat membantu mereka mendapatkan tinggi badan yang baik.
  7. Tips tidur sehat yang ketujuh, gosok gigi sebelum tidur.
    Agar gigi Anda tidak sakit dan berlubang, sebelum Anda pergi tidur, ada baiknya menggosok gigi dulu atau minimalnya Anda berkumur.
  8. Tips tidur sehat yang kedelapan, buang air kecil dulu.
    Agar Anda nyaman selama tidur, sebaiknya Anda buang air kecil terlebih dahulu. Selain menghindari mengompol saat tidur, tips sehat sebelum tidur yang satu ini akan menyehatkan kantung kemih Anda, di mana nanti saat Anda tidur dia tetap bekerja menampung air seni Anda.
  9. Tips tidur sehat yang kesembilan, matikan lampu kamar.
    Selain memudahkan Anda untuk tidur, tidur dengan keadaan gelap juga menyehatkan, terutama bagi otak Anda.
  10. Tips tidur sehat yang kesepuluh, tidur miring ke kanan.
    Posisi tidur yang baik untuk kesehatan adalah tidur dengan miring ke kanan. Hal ini berguna untuk melindungi organ penting Anda seperti jantung, paru paru dan lambung. Tetapi ketika Anda tidak sadar sudah dalam posisi terlentang atau miring ke kiri saat tertidur pulas, tidak mengapa.

Dengan menempuh beberapa tips hidup sehat tentang bagaimana tidur yg baik di atas, bagi sebagian besar orang umumnya sangat manjur. Namun jika di antara Anda ada yang masih saja susah tidur meskipun sudah mencoba banyak tips tidur sehat di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Karena bagaimana pun juga kekurangan tidur itu tidak menyehatkan.

Well,,, itulah beberapa tips tidur sehat dari saya. Akhir kata, istirahatkan benar-benar tubuh Anda, terutama pikiran. Ajaklah pikiran Anda untuk tidur dan letakkan semua “beban” Anda di luar kamar dan jangan lupa berdoa.

(sumber gambar : marieantoinetteinteriors.blogspot.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Mau Sehat? Ikuti Tips Cara Hidup Sehat Ala Nabi

Mau Sehat? Ikuti Tips Cara Hidup Sehat Ala Nabi

Kebiasaan atau cara hidup yang tidak sehat ternyata memiliki presentase cukup menentukan dalam membuat seseorang …

10 Tips Tidur Sehat yang Bisa Bantu Anda Tidur Nyenyak


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 Tips Tidur Sehat yang Bisa Bantu Anda Tidur Nyenyak