Home » Kehamilan » 7 Tips Sehat Ibu Hamil yang “Haram” Anda Tinggalkan

7 Tips Sehat Ibu Hamil yang “Haram” Anda Tinggalkan

7 Tips Sehat Ibu Hamil yang "Haram" Anda Tinggalkan

Anda sebagai calon ibu perlu untuk membekali diri Anda dengan hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan. Pengetahuan yang benar akan mempermudah calon ibu dalam menjalani masa-masa kehamilannya.

Yang jelas, ada beberapa tips sehat ibu hamil yang utama yang harus Anda ketahui. Apa saja tips sehat ibu hamil tersebut? Tips sehat ibu hamil yang pertama adalah rajin memeriksakan kehamilan dan berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan.

Ini berguna untuk memantau perkembangan janin Anda dan juga kesehatannya. Selain Anda dapat melihat bayi Anda lewat USG, Anda juga akan diberi vitamin oleh dokter atau bidan Anda. Rasa enggan untuk pergi mengunjungi dokter atau bidan (dengan berbagai alasan) sangatlah tidak dibenarkan.

Pada beberapa kasus, ditemukan bahwa rasa enggan ini meningkatkan resiko bayi lahir dalam kondisi cacat. Bahkan terkadang janin tidak akan berkembang yang akhirnya mengakibatkan kematian janin di dalam kandungan.

Jadi intinya adalah Anda harus memantaunya, tidak hanya sekedar dengan memenuhi asupan gizinya semata.

Tips sehat ibu hamil yang kedua adalah menghindari pekerjaan berat. Menjadi seorang ibu rumah tangga (tanpa pembantu) tentu sangat merepotkan jika sang ibu sedang mengalami kehamilan.

Semakin bertambahnya usia kandungan, beban yang dibawa ibu semakin berat. Seringkali kehamilan menghambat sebagian aktivitas, seperti sulitnya mengambil barang yang lebih rendah.


Sebaiknya, mintalah suami Anda untuk membantu Anda untuk mengerjakan beberapa tugas rumah tangga. Pastikan Anda jangan sampai kelelahan dan sebaliknya, perbanyak istirahat.

Tips hamil sehat yang ketiga, makan makanan bergizi cukup. Mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup dapat membantu tercukupinya kebutuhan harian ibu hamil, terutama masalah perkembangan janin.

Pemenuhan asam folat, zat besi dan kalsium lebih meminta porsi lebih dari biasanya pada masa-masa kehamilan. Ingat, jangan sampai ibu dan janin kekurangan gizi karena hal tersebut dapat berpengaruh langsung pada kesehatan keduanya.

Tips sehat ibu hamil yang keempat adalah menjaga berat tubuh. Normalnya, pertambahan berat badan ibu selama hamil adalah 12 sampai 15 kg. Pada pertambahan berat badan sebesar itu, badan Anda tergolong normal (tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk).

Nah, kelebihan berat badan selama hamil dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Karenanya, Anda perlu mengontrol konsumsi gula dan kalori. Boleh makan yang manis-manis, asalkan tidak berlebihan.

Tips sehat ibu hamil yang kelima adalah olahraga. Ternyata selama hamil, Anda juga boleh lho melakukan olahraga. Namun, tentu bukan olahraga yang banyak bergerakseperti basket, bersepeda atau yang semisalnya.

Anda disarankan untuk memilih olahraga-olahraga yang ringan seperti senam ibu hamil dan berjalan kaki. Hindari bermalas-malasan karena banyak bergerak (tetapi tidak melelahkan) dapat membantu Anda ketika akan melahirkan. Oh iya, Anda perlu juga untuk berlatih olah pernafasan sejak dini.

Tips sehat ibu hamil yang yang keenam, perhatikan posisi “sehat” saat berhubungan intim. Selama hamil, Anda juga dapat melakukan hubungan intim dengan pasangan Anda. Namun ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan berkaitan dengan ini terkait posisi dan juga riwayat kesehatan dari calon ibu.

Untuk posisi, sebaiknya hindari posisi posisi yang dapat  menekan janin Anda dalam perut. Pergerakannya pun juga perlu diperhatikan, jangan terlalu cepat dan “memaksa”. Terutama untuk kondisi ibu yang pernah mengalami keguguran dan janin kembar.

Saran saya, konsultasikan dengan dokter atau bidan Anda. Anda tidak perlu malu dengan hal ini. Ingatlah pepatah bahwa “malu bertanya, sesat di jalan”… Anda malu berkonsultasi dengan dokter atau bidan, nanti akan menyesal di kemudian hari.

Tips ibu hamil sehat yang ketujuh, hindari bepergian jarak jauh. Berpergian jauh dapat membuat Anda kelelahan. Selain itu, janin juga akan banyak mengalami goncangan.

Terkadang, Anda “dipaksa” untuk mengkonsumsi obat anti “mabuk” selama perjalanan. Dan ini tentu tidak baik bagi janin, karena apa yang Anda konsumsi juga menjadi konsumsi bagi janin Anda. Jadi banyak-banyaklah beristirahat di rumah.

Tips sehat ibu hamil yang kedelapan, hindari rokok dan alkohol. Pada kondisi tidak hamil saja, Anda dilarang untuk melakukan keduanya. Terlebih lagi saat kehamilan !! Rokok dapat mengakibatkan kecacatan pada bayi, berat badan yang rendah, bahkan kematian.

Alkohol juga tak kalah “seram”nya !! Efeknya bisa menyebabkan bayi lahir cacat, baik fisik maupun mental. Dan pada masa tumbuh kembangnya nanti, dia akan mengalami keterlambatan saraf motoric, menjadi hiperaktif atau memiliki IQ rendah.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips sehat ibu hamil yang penting untuk Anda ketahui. Silahkan Anda praktekkan dan rajin-rajinlah berkonsultasi ke dokter atau bidan, okay?

(sumber gambar artikel tips sehat untuk ibu hamil : www.dreamstime.com)

Tentang Ismiy Retno

7 Tips Sehat Ibu Hamil yang "Haram" Anda Tinggalkan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 Tips Sehat Ibu Hamil yang "Haram" Anda Tinggalkan