Home » Kehamilan » Ini Dia 4 Tips Hamil Sehat yang Oke Punya Bun…

Ini Dia 4 Tips Hamil Sehat yang Oke Punya Bun…

Ini Dia 4 Tips Hamil Sehat yang Oke Punya Bun...

Kehamilan merupakan sesuatu yang sangat membahagiakan. Terlebih jika Anda telah mendambakannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kondisi sehat, lancar hingga selamat sampai proses kelahiran tentunya menjadi dambaan utama Anda sebagai wanita hamil bukan?

Tetapi meskipun banyak calon ibu penuh dengan suka cita menyambut kehamilannya, banyak dari calon ibu tersebut masih gugup dengan kehamilannya.

Maka dari itu, saya memberanikan diri untuk kembali menulis tips hamil sehat kembali.

Selain itu, bayangan wajah bayi yang imut lagi menggemaskan plus tingkah polahnya yang lucu membuat saya ingin membuka kembali topik tips untuk ibu hamil.

Sekalian buat mengingatkan istri saya agar selalu ingat tentang tips hamil sehat yang akan saya tulis ini. Karena kami termasuk orang tua yang menginginkan banyak anak..hehe..

Okay, tanpa harus panjang lebar saya membukanya, mari kita bahas kembali tips wanita hamil dan tips hamil sehat…


  1. Tips hamil sehat yang pertama : perhatikan makanan Anda.
    Well, sebenarnya Anda harus ekstra ketat mengawasi makanan ibu hamil yang Anda konsumsi. Alasannya sederhana, makanan yang Anda konsumsi tersebut berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin dalam kandungan. Anda tidak boleh merasa malas untuk membuat daftar makanan beserta kandungan gizinya karena hal itu penting untuk mengetahui makanan mana yang seharusnya Anda konsumsi dan makanan mana yang seharusnya Anda hindari. Namun demikian, Anda memang tetap dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan vitamin dari dokter atau bidan, tetapi usahakan yang alami. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan porsi makan Anda. Jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Selama hamil, tubuh Anda harus mengalami kenaikan berat badan. Normalnya berat badan naik selama hamil adalah antara 10 sampai 15 kg.
  2. Tips hamil sehat yang kedua : perbaiki posisi duduk Anda.
    Salah mengambil posisi duduk dapat mempengaruhi kesehatan Anda lho. Posisi duduk seperti apa saja yang salah? Membungkuk, setengah duduk setengah berbaring, dan kaki yang tidak berpijak alias bergantung. Posisi ini bisa memperparah bengkak pada kaki. Adapun posisi duduk yang benar adalah dengan bersandar sepenuhnya pada bantal atau sofa, duduk dengan punggung lurus dan badan tegap, kaki menyentuh lantai dan duduk di atas alas yang empuk. Anda juga harus menghindari duduk terlalu lama karena dapat menimbulkan nyeri dan rasa tak nyaman yang lain. Sebaiknya, selingi aktivitas duduk Anda dengan berjalan ringan.
  3. Tips hamil sehat yang ketiga : pakai pakaian yang nyaman.
    Pakaian nyaman itu pakaian yang enak Anda pakai baik dari segi model atau bahannya. Selama Anda hamil, Anda akan banyak berkeringat (karena naiknya suhu tubuh). Pilihlah pakaian dari bahan bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak panas. Selain itu, pilih juga pakaian dengan model yang longgar agar tidak menekan perut yang menyiksa janin dan Anda sendiri. Ketika Anda pergi ke toko pakaian, pilihlah pakaian dengan nomor lebih besar dari yang biasa Anda pakai. Pakaian bertali juga sangat direkomendasikan karena lebih mudah bagi Anda untuk menyesuaikan tubuh agar lebih nyaman. Hindari juga pakaian dengan bahan dasar elastis karena dapat menimbulkan varises.
  4. Tips hamil sehat yang keempat : atur posisi tidur nyaman untuk tidur nyenyak.
    Selama mengalami kehamilan, badan ibu akan cepat merasa lelah. Istirahat yang cukup adalah obatnya. Nah, tips hamil muda yang terakhir adalah masalah posisi tidur. Tidur adalah salah satu sarana istirahat yang baik untuk kesehatan. Posisi tidur selama hamil tidak sebebas ketika Anda tidak hamil. Tidur tengkurap, sekalipun dikatakan aman, ternyata membuat ibu tidak nyaman. Posisi terlentang pun juga membuat Anda sesak nafas dan juga masalah kesehatan lainnya seperti mengganggu pencernaan, wasir, menekan rahim, nyeri punggung hingga mengganggu tekanan darah. Posisi tidur yang baik adalah dengan miring ke kanan maupun ke kiri. Untuk memberikan rasa nyaman, Anda dapat meletakkan bantal empuk di depan lutut dan punggung Anda.

Saya cukupkan dulu pembahasan artikel tips hamil sehat ini. Rajin-rajinlah memeriksakan kandungan ke dokter atau bidan demi memantau kesehatan buah hati Anda. Jika terjadi keluhan, jangan ragu untuk menanyakannya kepada yang ahli. Selamat berbahagia atas kehamilan Anda ya, Bun…

(sumber gambar artikel ibu hamil sehat : pixgood.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Mau Sehat? Ikuti Tips Cara Hidup Sehat Ala Nabi

Mau Sehat? Ikuti Tips Cara Hidup Sehat Ala Nabi

Kebiasaan atau cara hidup yang tidak sehat ternyata memiliki presentase cukup menentukan dalam membuat seseorang …

Ini Dia 4 Tips Hamil Sehat yang Oke Punya Bun


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia 4 Tips Hamil Sehat yang Oke Punya Bun