Home » Hidup Sehat » 6 Tips Gaya Hidup Sehat Agar Cepat Hamil

6 Tips Gaya Hidup Sehat Agar Cepat Hamil

6 Tips Gaya Hidup Sehat | Khusus Bagi yang Ingin Cepat Hamil

Kehamilan menjadi dambaan hampir semua pasangan yang baru saja menikah.

Bahkan Anda yang telah lama menikah-pun masih mendambakan hal ini dengan pasangan Anda.

Namun ternyata tidak semuanya bisa hamil dengan cepat. Beberapa faktor tanpa disadari menjadi penghambat kehamilan.

Salah satu faktor penentu penghambat kehamilan adalah gaya hidup. Anda boleh saja tidak percaya tapi ini benar adanya dan banyak kasus yang membuktikan pernyataan tersebut.

Maka dari itu, pada kesempatan ini saya akan “sharing”-kan cara hidup sehat agar cepat hamil yang saya kutip dari Dr. dr. H. Imam Rasjidi, SpOG (K) Onk.

Hanya saja sebenarnya, tips gaya hidup sehat ini juga sangat baik untuk Anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari, meskipun Anda tidak sedang ingin punya momongan cepat.

Baiklah, tanpa basa-basi lagi, inilah tips gaya hidup sehat agar cepat hamil :


  1. Tips gaya hidup sehat agar cepat hamil #1 : menghindari rokok.
    Rokok dapat mengganggu kesuburan wanita sampai 50%-nya. Kandungan nikotin dalam rokok dapat mengakibatkan lendir pada leher rahim mengental dan ini mencegah sperma mencapai sel telur. Rokok juga dapat menurunkan kadar estrogen yang pada akhirnya mengurangi kualitas dinding rahim dan membatasi aliran darah yang dibutuhkan untuk implantasi telur. Untuk para pria, rokok dapat menurunkan kualitas sperma karena tercampur dengan berbagai bahan kimia berbahaya yang terdapat di dalam rokok. Zat kimia tersebut dapat menurunkan kadar testoteron, menyebabkan kematian sel sperma, merusak DNA spermatozoa, meningkatkan resiko disfungsi ereksi.
  2. Tips gaya hidup sehat agar cepat hamil #2 : menghindari kopi.
    Kafein dapat menganggu pengangkutan sel telur dari ovarium ke rahim sehingga hal ini dapat mengganggu kesuburan. Wanita yang rajin mengonsumsi kafein (sehari sampai lebih dari 4 cangkir) dapat menyebabkan kemungkinan hamil berkurang sampai 25%. Ini adalah hasil penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Pharmacology.
  3. Tips gaya hidup sehat agar cepat hamil #3 : menghindari konsumsi alkohol.
    Berapa pun kadar alkohol yang Anda konsumsi, sekalipun tidak sampai memabukkan, dapat mempengaruhi reproduksi sel telur dan sperma. Konsumsi alkohol pada wanita yang hanya 1 gelas dan laki laki 2 gelas dapat mengurangi kesuburan. Efek bagi wanita adalah dapat memperburuk metabolisme estrogen dan progesteron sehingga proses pembuahan sel telur oleh sperma menjadi sulit terjadi. Selain itu juga dapat melumpuhkan fungsi alat reproduksi dan mengurangi lubrikasi (kelicinan) vagina yang sering kali menimbulkan rasa nyeri pada saat berhubungan. Pada laki-laki, alkohol dapat memperlambat pergerakan sel sperma, menurunkan volume air mani serta menurunkan kadar testosterone dan jumlah sperma.
  4. Tips gaya hidup sehat agar cepat hamil #4 : menghindari stres.
    Hormon stres dapat mempengaruhi hormon seksual yang dapat berguna saat pembuahan. Stres pada pria dapat mengakibatkan penurunan jumlah sperma, menimbulkan masalah ovulasi pada wanita, menurunkan libido serta masalah seksual lainnya. Dan semua tadi berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Universitas California, USA.
  5. Tips gaya hidup sehat agar cepat hamil #5 : menghindari narkoba.
    Penggunaan narkoba pada wanita menimbulkan banyak sekali gangguan pada alat reproduksinya, seperti menghambat haid, mengganggu kesuburan, turunnya gairah seksual, menghambat terjadinya orgasme, mengecilkan payudara serta menimbulkan keluarnya cairan pada payudara (bukan ASI). Pada laki laki dapat menyebabkan impotensi, menurunkan kualitas sperma dan merusak fungsi organ seksual.
  6. Tips gaya hidup sehat agar cepat hamil #6 : menghindari konsumsi obat-obatan sembarangan.
    Obat-obatan sembarangan disini bukan hanya narkotika. Penggunaan obat tanpa resep dokter juga termasuk dalam kategori ini. Ia dapat menyebabkan penurunan kesuburan pada wanita dan membuat siklus bulannya jadi tidak teratur (sehingga sulit hamil). Beberapa jenis obat yang dapat pengaruhi kesuburan adalah seperti obat penenang, obat hormonal, antibiotik dan obat pereda rasa sakit. Pada laki laki, antibiotik yang dikonsumsi dalam waktu lama dapat mengakibatkan penurunan jumlah dan kualitas sperma.

Well, itulah beberapa tips hidup sehat agar cepat hamil untuk Anda. Semoga Allah mempermudah dan mengabulkan keinginan Anda dengan ikhtiar diatas.

(sumber gambar artikel cara pola hidup sehat dan cara cepat hamil : galleryhip.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

4 Tips Cantik dan Sehat - Alami, Murah, Mudah di Lakukan

4 Tips Cantik dan Sehat – Alami, Murah, Mudah di Lakukan

Memiliki wajah cantik menarik adalah idaman semua wanita di dunia. Anda pasti juga kan? Ya… …

6 Tips Gaya Hidup Sehat Untuk Program Cepat Hamil


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Tips Gaya Hidup Sehat Untuk Program Cepat Hamil