Home » Hidup Sehat » Mau Sehat? Ikuti Tips Cara Hidup Sehat Ala Nabi

Mau Sehat? Ikuti Tips Cara Hidup Sehat Ala Nabi

Mau Sehat? Ikuti Tips Cara Hidup Sehat Ala Nabi

Kebiasaan atau cara hidup yang tidak sehat ternyata memiliki presentase cukup menentukan dalam membuat seseorang menjadi rentan terkena penyakit.

Cara hidup ini pun tidak hanya terhenti pada faktor makanan saja, melainkan juga aktivitas fisik dan lingkungan.

Nah, cara hidup tersebut perlu Anda ganti dengan mempraktekkan tips cara hidup sehat berikut ini agar kualitas kesehatan Anda tetap terjaga.

Well, untuk mengetahui seberapa besar efeknya, biasanya seseorang butuh dengan adanya contoh. Dengan adanya figur nyata yang juga melakukan hal tersebut, semangat seseorang akan terlecut dan akhirnya mau bergerak untuk mengikuti.

Siapa figur nyata yang menjalankan hidup sehat tersebut? Nabi Muhammad !!

Tips cara hidup sehat ala Nabi adalah salah satu contoh nyata yang sudah dipraktekkan oleh banyak orang dari zaman dulu. Dan ternyata, kebanyakan tips cara hidup sehat tersebut baru terbukti secara ilmiah sekarang.

Sekedar mengingatkan saja, apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad bukanlah sekedar keinginan beliau semata, namun lebih dari itu.


Segala tindak tanduk, diam, dan perkataannya adalah berdasarkan wahyu. Maka dari itu, insya Allah tips cara hidup sehat ini benar-benar “bekerja” karena datangnya dari Allah SWT.

  1. Tips cara hidup sehat yang pertama, makan dan minum dengan duduk.
    Kebiasaan yang sering kebanyakan orang lakukan adalah makan dan minum sambil berdiri. Mungkin banyak yang beranggapan ini hanya “aktivitas” simple ini terlalu “ribet”. Namun dibalik perintah tersebut, ternyata terkandung hikmah yang luar biasa untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, disebutkan bahwa makan dan minum dengan duduk akan membuat apa yang Anda telan akan berjalan dengan lembut dan perlahan menuju ke usus. Namun jika Anda lakukan dengan berdiri, akan menyebabkan makanan atau minuman tadi terjatuh dengan keras yang apabila dilakukan dengan terus terusan dapat membuat usus melar dan melorot sehingga menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Selain itu, minum sambil berdiri juga dapat menimbulkan batu ginjal. Ini terjadi karena minuman yang diminum tidak mengalami proses penyaringan terlebih dahulu namun langsung menuju ke ginjal.
  2. Tips cara hidup sehat yang kedua, makan dengan tidak bersandar.
    Berarti harus bagaimana? Makanlah dengan posisi tubuh tegak tanpa harus bersandar pada apa pun (bantal, kursi, maupun tembok). Makan dengan posisi bersandar dapat menyebabkan seseorang makan lebih banyak sehingga ia akan terlalu kekenyangan. Dan makan kekenyangan sendiri tidak dianjurkan dari segi medis karena dapat membuat kerja sistem pencernaan menjadi berat dan dapat menimbulkan sesak nafas.
  3. Tips cara hidup sehat yang ketiga, makan secukupnya.
    Ada perintah dari nabi yang menganjurkan untuk mengisi perut dengan 1/3 makanan, 1/3 minuman dan 1/3 sisanya untuk nafas. Ternyata hal ini terbukti bisa menjaga kesehatan tubuh, terutama sistem pencernaan, di mana sistem pencernaan manusia adalah sistem yang dapat menjadi sumber berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang mematikan. Makan secukupnya akan membuat seseorang lebih ringan dalam beraktivitas. Namun demikian, bukan berarti makan kenyang adalah sesuatu hal yang mutlak dilarang. Tidak mengapa makan kenyang asalkan sesekali saja.
  4. Tips cara hidup sehat yang keempat, makan buah dulu sebelum yang lainnya.
    Makan buah dianjurkan untuk dilakukan sebelum memakan makanan pokok adalah selain untuk membersihkan permukaan gigi, juga untuk menghindari terjadinya pembusukan makanan sebelum nutrisinya diserap oleh tubuh. Selain itu, ketika buah dimakan setelah makan, maka buah tidak akan diserap oleh usus karena usus sudah “kehabisan” enzim yang membantu menyerap makanan. Mubazir bukan?
  5. Tips cara hidup sehat yang kelima, tidur siang.
    Rasulullah sering melakukan tidur siang karena untuk menyelisihi kebiasaan setan yang tidak tidur siang. Dan ternyata, manfaat dari tidur siang ternyata sangat banyak. Tidur siang itu sehat. Di antaranya adalah mengistirahatkan otak sehingga otak menjadi lebih fresh, mengurangi stress, membuat badan lebih rileks dan yang lainnya.

Itulah tadi beberapa tips cara hidup sehat ala Nabi yang bisa anda tiru. Masih ada banyak lagi tips cara hidup sehat lainnya, seperti tidak tidur setelah subuh dan ashar karena dapat membuat pikun dan menurunkan aktivitas otak serta memperburuk mood, mudah untuk memberi maaf, mudah memberi senyum, tidur dengan lampu mati dan lain sebagainya

Tapi saran saya sebagai umat muslim, lakukan “perintah” cara hidup sehat alami di atas ikhlas karena Allah SWT semata. Bukan karena ingin badannya sehat. Insya Allah jika Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan 2 keuntungan. Yang pertama pahala dan ini yang terpenting, yang keduaadalah sehat. Monggo, silahkan dipraktekkan tips cara hidup sehat ala nabi di atas…

(sumber gambar artikel tips sehat alami ala nabi : www.muscleandfitness.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

4 Tips Cantik dan Sehat - Alami, Murah, Mudah di Lakukan

4 Tips Cantik dan Sehat – Alami, Murah, Mudah di Lakukan

Memiliki wajah cantik menarik adalah idaman semua wanita di dunia. Anda pasti juga kan? Ya… …

Mau Sehat? Ikuti Tips Cara Hidup Sehat Ala Nabi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau Sehat? Ikuti Tips Cara Hidup Sehat Ala Nabi