Home » Penyakit » Kenali Tanda Tanda Kanker Serviks Sebelum Terlambat

Kenali Tanda Tanda Kanker Serviks Sebelum Terlambat

Kenali Tanda-Tanda Kanker Serviks Sebelum Terlambat

Kanker serviks adalah kanker yang menempati peringkat pertama dalam urutan penyakit paling mematikan yang paling banyak menyerang wanita di Indonesia.

Sedangkan dalam tingkat dunia, kanker serviks menempati peringkat kedua setelah kanker payudara. Wah, lumayan mengerikan juga untuk jenis kanker pembunuh yang satu ini.

Karena itu bagi Anda para wanita, kenali segera tanda tanda kanker serviks ini agar Anda tidak “kebablasan”. Saya akan bantu Anda dengan memberikan informasi mengenai penyebab dan gejala kanker serviks.

Tetapi seperti biasa, saya jelaskan terlebih dahulu apa itu kanker serviks. Kanker leher rahim adalah nama lain dari kanker servik. Kanker ini penyebab utamanya adalah Human papilloma virus (HPV) 16 dan 18 yang memberikan kontribusi 70% sebagai penyebab kasus-kasus kanker servik didunia.

Perkembangan dari HPV ini hingga mencapai kanker serviks ini memiliki rentang waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. Sebagian wanita tidak menyadari dirinya sudah mengidap virus itu, karena proses HPV yang kemudian menjadi pra-kanker itu timbul tanda-tanda yang jelas.

HPV adalah senyawa mikroorganisme kecil yang berukuran 55 mm. Virus HPV ini berkembang biak dan bertahan dalam leher rahim sehingga menyerang sistem kekebalan tubuh dan memicu timbulnya kanker serviks.

Kebanyakan para penderita kanker serviks ini tidak terlalu merasakan bahwa ia menderita penyakit ini. Mengapa? Karena penyakit ini berbeda dengan penderita sakit kanker yang lain yang mudah dikenal, misal kanker payudara yang terdapat benjolan di payudaranya ketika di raba.


Pada penderita kanker serviks ini umumnya kurang mengenali tanda tanda kanker serviks itu. Karena itu sekali lagi, Anda harus mengenali seperti apa ttanda awal kanker serviks sehingga Anda bisa mengantisipasi jika nantinya kanker serviks ada dalam tubuh Anda.

Tanda dan gejala kanker serviks yang paling umum muncul sebagai berikut :

  • Cairan dari Vagina
    Seringkali wanita mengeluarkan cairan dari vagina, dengan berbagai warna dan kekentalannya, cairan ini yang biasanya kita sebut dengan keputihan (flour albus). Keputihan tersebut sebenarnya normal saja untuk wanita, tapi ada beberapa hal yang perlu menjadi poin-poin yang perlu diperhatikan ketika cairan yang keluar menjadi tidak normal. Tanda-tanda kanker serviks pada keputihan yang tidak normal yaitu cairan lebih encer, keluar dalam jumlah yang banyak, warna cairan menjadi berbeda (kehijaun, kemerahan atau kecoklatan) dan berbau yang tidak enak. Untuk penderita kanker serviks pada tingkat stadium lanjut cairan keputihan tersebut sampai berwarna kuning kemerahan dengan bau yang sangat menyengat.
  • Gatal-gatal
    Penderita akan merasa rasa gatal pada tingkat yang cukup berlebihan pada bagian vagina. Pada beberapa kasus, ada juga yang sampai terdapat koreng di dalam bagian dalam vagina.
  • Rasa Nyeri
    Rasa Nyeri ini akan dirasakan oleh penderita pada bagian bawah perut. Kadang sendi-sendi di bagian paha juga terasa sakit, hal ini mengindikasi bahwa human papiloma virus (HPV) sedang berkembang dalam saluran leher rahim. Begitu pula saat sedang buang air, Anda mungkin akan merasakan sakit yang luar biasa ketika buang air besar ataupun kecil.
  • Pendarahan
    Ada dua kondisi yang berbeda saat penderita mengalami pendarahan untuk memperlihatkan tanda tanda kanker serviks. Pertama, pendarahan tersebut terjadi pada saat melakukan hubungan seksual, hal ini dikarenakan sudah adanya infeksi di leher rahim. Dan kedua, pendarahan sering timbul setelah memasuki masa menopouse.

Keempat kondisi diatas adalah kondisi yang paling banyak Anda temui untuk tanda tanda kanker serviks. Perhatikan benar apakah Anda sudah merasakan dari gejala-gejala tersebut dan segera temui dokter jika menemui kejanggalan dalam tubuh Anda.

Karena tanda tanda kanker serviks itu tidak banyak disadari, ada baiknya jika Anda melakukan pencegahan kanker serviks. Anda dapat melakukan pencegahan dengan melakukan pemeriksaan rutin. Pemeriksaan yang dapat Anda lakukan adalah pemeriksaan dengan Pap Smear, kelainan pada serviks dapat diketahui melalui metode ini.

Dengan pemeriksaan yang tepat maka Anda dapat memberikan pencegahan agar lebih lanjut dapat mencegah bakteri dan virus yang yang berkembang dalam leher rahim Anda. Untuk melakukan Pap Smear ini bisa langsung ke dokter, terutama dokter kandungan atau bisa juga ke klinik-klinik kesehatan yang saat ini telah menjamur di seluruh Indonesia dengan berbagai pelayanannya.

Selain melakukan Pap Smear secara rutin, ada satu hal lagi yang dapat Anda lakukan. Pencegahan kanker serviks ini dapat juga Anda lakukan dengan menjalani pemberian vaksinasi. Di negara-negara maju sudah banyak dilakukan vaksinisasi terhadap wanita berusia 10 hingga 55 tahun.

Kenapa hanya di negara maju? Karena untuk membeli vaksin ini sangat mahal harganya. Pemberian vaksin ini biasa disuntikan kepada kaum wanita selama tiga kali. Kanker serviks memang tidak nampak jelas gejala awalnya, tapi Anda perlu lebih mengenali tanda tanda kanker serviks ini agar dapat diantisipasi lebih dini untuk penyebarannya.

Merasa ada hal yang kurang beres dalam tubuh Anda segeralah periksakan ke dokter. Jangan tunda-tunda menjadi bahaya yang lebih besar lagi yang dapat mengancam kesehatan Anda. Hidup dengan sehat merupakan poin penting untuk menghindari segala jenis penyakit, khususnya kanker serviks ini.

(sumber gambar artikel tanda tanda kanker serviks : www.cosmopolitan.co.id)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Kenali Tanda Tanda Kanker Serviks Sebelum Terlambat


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kenali Tanda Tanda Kanker Serviks Sebelum Terlambat