Home » Olahraga » Tips Memilih Sepatu Aerobik Untuk Minimalisir Cidera

Tips Memilih Sepatu Aerobik Untuk Minimalisir Cidera

Tips Memilih Sepatu Aerobik Untuk Minimalisir CideraAnda seorang yang senang berolahraga aerobik? Biasa latihan beberapa kali dalam sepekan?

Untuk menghindari cidera kaki saat melakukan aerobik sebaiknya Anda memiliki sepatu aerobik. Ini bukan untuk gaya-gayaan tapi sebagai penunjang aktifitas Anda. Dan ini sangatlah penting.

Fungsi utama sebuah sepatu ternyata bukan untuk mendukung penampilan semata, apalagi sepatu olahraga. Meskipun kebanyakan orang akan memilih sepatu yang bagus dan sesuai selera mereka, namun tak jarang di antara mereka mengabaikan fungsi utamanya yakni untuk melindungi kaki.

Terkhusus untuk sepatu aerobik Anda tentu harus cermat ketika memilih. Tidak asal comot dengan alasan suka warna dan gayanya. Tapi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yakni sesuaikan dengan aktivitas yang akan Anda lakukan dengan sepatu tersebut.

Di pasaran, sudah banyak pilihan sepatu aerobik yang bisa Anda buru. Beragam corak, warna, dan gaya ternyata juga mendapat perhatian dari para produsen sepatu baik lokal maupun luar negeri.

Harga yang ditawarkan juga sangat variatif. Dari yang murah, harga standar maupun yang mahal bisa Anda pilih sesuai budget Anda. Tapi perlu Anda ingat bahwa harga sepatu murah bukan jaminan kualitas yang bagus, apalagi ini menyangkut keamanan kaki Anda.

Ada yang perlu menjadi perhatian bagi Anda dalam memilih sepatu aerobik untuk berolahraga. Dimana sebuah sepatu untuk olahraga aerobik tidaklah sama dengan sepatu untuk olahraga lainnya. Sehingga Anda tidak akan keliru membeli sepatu aerobik dengan sepatu tenis.

Bentuk sepatu disesuaikan dengan aktivitas fisik yang akan Anda lakukan nantinya. Sepatu untuk basket berbeda dengan sepatu sepak bola atau futsal. Karena itulah, satu merk saja bisa menyajikan banyak bentuk karena para produsen sepatu tidak mau membuat resiko dengan mencederai pelanggannya.


Dalam memilih sepatu olahraga, terutama sepatu aerobik, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Anda sebelum memutuskan untuk membeli. Dan berikut, adalah beberapa tipsnya.

  • Pilih sol sepatu yang tebal. Ini berguna untuk meredam aksi loncatan dan goncangan yang akan Anda lakukan selama senam.
  • Pilih bahan sepatu yang mudah menyerap keringat. Sepatu yang memiliki sirkulasi udara dimana terdapat “ventilasinya” tidak membuat kaki Anda lembab. Biasanya pada septu terdapat lubang-lubang kecil.
  • Pilih bentuk sepatu yang pas dengan bentuk kaki, terutama lebar kaki dan bentuk telapak kaki. Mengingat, setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda satu sama lain. Jadi Anda tidak bisa seenaknya pinjam sepatu milik teman atau saudara dengan alasan ngirit.
  • Selanjutnya, pilih sepatu aerobik yang memiliki tinggi hingga ke pergelangan kaki Anda. Namun tidak harus seperti sepatu basket dimana memiliki tinggi yang cukup lumayan.

Nah, jika Anda kebingungan ketika memilih sepatu aerobik, ada baiknya Anda bertanya langsung saja nanti pada petugas yang ada di toko. Mengingat akan ada banyak sekali pilihan sepatu yang dijamin akan membuat Anda bingung.

Selain tips di atas, kami akan memberikan tips tambahan untuk Anda. Sebaiknya, ketika Anda memutuskan untuk membeli sepatu aerobik, pilihlah waktu pada sore sampai malam hari. Kenapa mau beli sepatu saja mesti diberi jam?

Ini karena kondisi kaki sedang paling lebarnya dibandingkan waktu yang lain. Jadi, tidak akan ada kekecewaan nantinya ketika Anda mencobanya atau memakainya di rumah untuk aktivitas, kalau ternyata sepatu Anda kesempitan.

Selain itu, pilihlah sepatu aerobik yang berkualitas. Meskipun sepatu berkuliatas biasanya identik dengan harga mahal, Anda bisa menunggu membelinya sampai ada diskon.

Itulah tadi tips memilih sepatu aerobik. Pilih yang nyaman, sesuai dengan kebutuhan, dan juga membuat Anda pede ya. Selamat berolahraga!

(sumber gambar artikel tips memilih sepatu aerobik : thailandfit.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Baca Ini Dulu Sebelum Memilih Suplemen Fitnes

Baca Ini Dulu Sebelum Memilih Suplemen Fitnes

Bagi sebagian para pecinta fitnes, fitnes saja tidak cukup untuk membantu mereka mendapatkan bentuk tubuh …

Tips Memilih Sepatu Aerobik Untuk Minimalisir Cidera


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tips Memilih Sepatu Aerobik Untuk Minimalisir Cidera