Home » Diet » Senam Diet: Olahraga Terbaik Untuk Turunkan Berat Badan

Senam Diet: Olahraga Terbaik Untuk Turunkan Berat Badan

Senam Diet ImageBanyak orang malas untuk berolahraga. Ini dikarenakan banyaknya aktivitas harian, sehingga sulit meluangkan waktu untuk “mencari keringat”. Selain itu, sulitnya mencari lahan untuk berolahraga juga menjadi salah satu alasan seseorang malas berolahraga.

Tapi bagaimana jika Anda mulai mencoba senam diet? Selain membuat Anda berkeringat, ternyata juga membantu Anda menurunkan berat badan. Tertarik mencoba?

Senam selama ini identic sebagai olahraga khusus perempuan dan lansia saja. Hal ini membuat sebagai kalangan jadi malu untuk melakukannya, terkhusus kaum adam. Senam terkesan jauh dari sifat maskulin dan lebih cenderung feminim. Karena itulah, di awal jarang terlihat ada laki laki yang melakukan olahraga ini.

Namun, jika melihat pada perkembangan zaman, olahraga senam ini pun mulai dilirik juga oleh para lelaki. Lihat saja di tempat gym atau pusat pusat senam kesehatan, pria pria berotot juga mulai melakukan olahraga ini. Tidak perlu malu, karena memang manfaat dari senam itu banyak. Selain juga ada pembagian jenis senam, seperti high impact aerobic dan low impact aerobic.

Agar Anda semakin yakin dan tidak malu untuk beralih ke olahraga rumahan ini, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh lewat senam diet, seperti: menguatkan tulang dan otot tubuh, meningkatkan system kekebalan tubuh, menguatkan jantung, menurunkan berat badan (lewat proses pembakaran lemak tubuh), menstabilkan gula darah, meningkatkan dan melancarkan suplai oksigen ke seluruh tubuh.

Senam diet termasuk ke dalam latihan kardio. Aktivitas latihannya adalah dengan membuat denyut jantung Anda meningkat dan bertahan. Ini juga untuk melatih otot otot besar tubuh sehingga membuatnya kian kuat. Penjelasan lain kenapa senam diet dapat menurunkan berat badan Anda adalah dengan peningkatan denyut jantung akan meningkatkan pembakaran lemak menjadi optimal.

Senam diet atau yang biasa dikenal dengan senam aerobik, dapat Anda lakukan minimal 3 kali dalam sepekan dan maksimal 5 kali dalam sepekan. Intensitas waktu per latihan adalah 20 menit sampai 1 jam. Gerakan senam sendiri dapat Anda lihat di youtube yang sekarang sudah beragam.

Anda bisa memilih yang high impact ataukah yang low impact. Namun khusus untuk penurunan berat badan, biasanya adalah dengan high impact aerobic karena gerakannya yang riang dan berenergi sesuai dengan tujuan dari olahraga Anda, yakni peningkatan denyut jantung untuk optimalisasi pembakaran lemak tubuh.


Tapi, gerakan seperti apa sih high impact aerobik itu? Dan seperti apa juga jenis jenis gerakan pada low impact aerobic? Untuk jenis gerakan pada high impact seperti lari ditempat dan berlari. Olahraga jenis lain dari high impact adalah bersepeda. Latihan pada jenis ini dengan menambah tempo gerakan menjadi lebih cepat dan terus menerus atau intesif.

Jenis low impact biasa digunakan untuk penyembuhan cidera. Para lansia dan wanita hamil juga dapat mengikuti olahraga jenis ini. Olahraganya pun lebih focus pada pengaturan pernafasan dan gerakan gerakan yang lebih “lembut” dibandingkan high impact, seperti berjalan kaki.

Senam diet atau senam aerobik sendiri dimulai dengan gerakan dengan ritme yang lebih kalem, berlanjut kepada gerakan yang lebih cepat dan bersemangat. Ini berguna untuk menghindari cidera saat senam. Selanjutnya, gerakannya akan makin melembut, bahkan sampai seperti seseorang melakukan yoga. Gerakan seperti ini berguna untuk pendinginan dan penstabilan pernafasan (setelah sebelumnya Anda ngos ngosan).

Itu tadi adalah pembahasan ringkas tentang senam diet atau senam aerobik. Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh darinya. Jika Anda tak punya waktu untuk pergi ke pusat kebugaran, Anda juga dapat melakukannya di rumah. Mudah dan murah, bukan?

(sumber gambar : shape.com)

Tentang Admin 01

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Senam Diet: Olahraga Terbaik Untuk Turunkan Berat Badan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Senam Diet: Olahraga Terbaik Untuk Turunkan Berat Badan