Home » Makanan Sehat » Do It As Soon As Possible : Pola Makan Sehat

Do It As Soon As Possible : Pola Makan Sehat

Do It As Soon As Possible : Pola Makan Sehat

Tahukah Anda bahwa kebanyakan penyakit yang ada di dunia ini disebabkan karena pola makan yang buruk?

Belum lagi, pola makan yang buruk lebih “enjoy” untuk dilakukan daripada pola makan sehat.

Dan sudah menjadi “kodratnya” bahwa yang mudah dan enak-enak itu lebih “enjoy” untuk dilakukan, iya kan?

Lebih parahnya lagi, lingkungan kita seakan “mendukung” seseorang untuk menjalankan pola makan buruk. Lihat saja di luar rumah Anda.

Berapa banyak makanan yang lezat tetapi “berbahaya” dijual “bebas”. Bahkan diantaranya laris manis meskipun makanan tersebut tidak sehat dan mengandung “bahan berbahaya”.

Makanya tidak heran kalau semakin bertambah “umur dunia” ini semakin berkurang jumlah orang yang bisa hidup sehat dalam waktu yang lebih lama. Maka dari itu, segera terapkan pola makan sehat !!

Pertanyaannya sekarang adalah, seperti apa sih pola makan sehat itu? Okay, saya akan bagikan pola makan sehat setiap hari yang bisa Anda terapkan agar hidup Anda semakin sehat.


  1. Kalkulasi asupan sayuran setiap hari.
    Anda harus hitung berapa banyak asupan sayuran yang Anda konsumsi setiap harinya. Anda harus mengkonsumsi sayuran setidaknya 3 kali lebih besar dari porsi pati (nasi, mie, roti, umbi-umbian) dan 3 kali lebih banyak dari porsi makanan hewani yang Anda makan. Jika belum, menjelang tidur, minumlah jus dari sayuran sebanyak utang Anda hari ini, okay?
  2. Konsumsi sebanyak mungkin makanan alami dan segar.
    Makanan yang Anda makan jika keadaannya tidak jauh berbeda dibandingkan ketika bahan makan tersebut dipanen adalah makanan terbaik bagi tubuh Anda. Banyaknya makanan olahan yang dibumbui bahan-bahan kimiawi sintesis akan memberatkan fungsi organ pencernaan Anda. Tingkatkan konsumsi makanan Anda menuju ke makanan alami. Anda bisa pelan-pelan beralih menggunakan beras putih tumbuk atau beras merah. Hindari buah dan sayuran kalengan.
  3. Biasakan menyantap pati bersama makanan hewani dalam porsi yang tidak sama banyak.
    Alasan mengapa pola makan ini harus Anda lakukan sangatlah sederhana. Dengan Anda mengurangi salah satu porsi makanan tersebut, lambung Anda masih akan cukup untuk menampung porsi sayuran lebih banyak. Ingat, batasi porsi pati dan hewani!!
  4. Perhatikan keragaman makanan Anda sehari-hari.
    Dalam keseharian Anda, usahakan sedikitmya ada 3 warna sayuran tersedia dalam makanan Anda. Konsumsilah banyak buah dan sayuran. Usahakan buah dan sayuran yang Anda konsumsi hari ini berbeda dengan esok hari. Hal ini harus Anda lakukan demi menjaga kesehatan organ-organ pencernaan Anda yang memerlukan nutrisi dan tonikum yang sesuai. Lambung butuh asupan natrium, hati memerlukan limonen dan karotenoid, kelenjar tiroid butuh yodium dan seterusnya. Karena inilah keragamanan makanan yang Anda asup sangatlah penting.
  5. Selalu kunyah makanan dengan baik, mengunyah pelan hingga makanan lembut.
    Anda tahu bahwa kegiatan mengunyah dapat meredakan stres? Proses mengunyah berulang-ulang dan lama merangsang produksi serotonin, hormon yang membuat Anda rileks. Selain itu dengan banyak mengunyah membuat dinding mulut Anda memproduksi lebih banyak air liur yang mengandung enzim ptialin. Enzim inilah yang akan membalut butiran-butiran makanan sehingga lambung dan usus halus Anda lebih mudah mencerna makanan dan menyerap nutrisinya seoptimal mungkin. Jika Anda makan terburu-buru, berarti produksi enzim ptialin tidak cukup sehingga organ pencernaan akan kesulitan mencerna makanan yang Anda makan.

Sekarang Anda siap merubah pola makan buruk menjadi pola makan sehat dan seimbang? Jawabannya ada di diri Anda sendiri…

(sumber gambar : unityofpalmharbor.org)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Tiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun tubuh yang sehat dengan penampilan menarik …

Do It As Soon As Possible : Pola Makan Sehat


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do It As Soon As Possible : Pola Makan Sehat