Home » Diet » Ini Dia Cara Mengelola Pola Makan Diet Sendiri

Ini Dia Cara Mengelola Pola Makan Diet Sendiri

Ini Dia Cara Mengelola Pola Makan Diet Sendiri

Anda terobsesi ingin kurus dan Anda juga ingin memiliki badan yang sehat? Semuanya bergantung dari asupan gizi seperti apa yang masuk ke dalam tubuh Anda dan seberapa teratur Anda mengonsumsinya.

Anda bisa memasukkan “madu” ke dalam tubuh Anda, atau Anda bisa memasukkan “racun” ke dalam tubuh Anda. Satu satu hal yang terpenting jika Anda ingin punya tubuh sehat dan langsing adalah dengan mengatur pola makan diet.

Olahraga penting… Tidak ada yang menyangkalnya. Tetapi olahraga akan menjadi hal yang sia-sia jika Anda tidak mengatur pola makan diet. Banyak orang yang mengalami obesitas, walaupun mereka berolahraga.

Mengapa? Karena karena pola makan mereka tidak teratur. Mereka keluar dari jalur aturan makananan sehat yang harus terpenuhinya karbohidrat, protein, serat, mineral dan vitamin dengan seimbang.

Terlebih pada masa sekarang ini di mana aktivitas harian menuntut semuanya serba cepat. Seakan sudah tidak ada waktu lagi untuk menyiapkan atau mengonsumsi makanan yang sehat. Yang ada hanyalah makanan cepat saji, makanan tidak sehat dan makanan dengan banyak bahan kimia.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Tidak ada kata terlambat. Anda dapat memulai dari awal untuk memperbaiki semuanya. Hanya saja Anda harus bersabar. Yang terpenting, nikmati prosesnya agar makan dengan pola makan diet yang Anda jalani terasa ringan.

Eniwei, kebanyakan orang beranggapan bahwa diet adalah sesuatu hal yang menyiksa. Kenapa? Karena makanan yang dulu begitu gemar disantap, kini menjadi musuh yang harus Anda hindari. Sebenarnya hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar.


Tips makanan untuk diet adalah Anda hanya perlu mengatur porsinya saja. Jika dulu banyak dan sering, maka sekarang Anda harus mulai menguranginya dalam hal jumlah dan tempo mengkonsumsi.

Pola makanan diet kebanyakan hanyalah makan makanan yang mengandung banyak serat karena serat akan membantu Anda cepat kenyang. Jika Anda mudah merasa lapar, Anda dapat mengonsumsi air putih atau minum jus. Tahan diri Anda untuk tidak mengemil.

Lalu apa saja yang dapat Anda konsumsi selama menjalankan pola makan diet? Anda bisa mengolah daging tanpa lemak, ikan dan telur. Itu semua bukanlah pantangan yang harus Anda hindari sama sekali.

Yang perlu Anda lakukan adalah hindari untuk mengolahnya dalam bentuk makanan gorengan karena dia dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah Anda, dan tentunya sangat tidak menyehatkan bagi jantung Anda.

Lalu harus diapakan makanan tersebut? Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Sedangkan untuk minyaknya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun, minyak jagung, atau minyak kelapa sebagai alternatif selain minyak goreng.

Kemudian Anda juga dapat mengganti beras putih yang biasa Anda konsumsi dengan kentang atau beras merah. Anda dapat mengolah kentang menjadi gado-gado yang isinya telur, buncis, wortel, tahu-tempe dan sambal kacang. Saya rasa pola makan diet di atas tetap yummi kan?

Lalu kapan harus makan? Jika tiba waktunya makan pagi, Anda tetap sarapan seperti biasanya. Begitu pula dengan makan siang dan makan malam. Yang Anda perhatikan adalah porsinya. Anda tentu paham jika waktu pagi dan siang adalah waktu di mana banyak aktivitas yang Anda lakukan.

Maka, konsumsilah dalam porsi yang lebih banyak dibandingkan makan malam. Namun ingat, jangan berlebihan. Jika Anda mudah merasa lapar sedangkan waktu makan selanjutnya masih beberapa jam, pilihlah untuk mengkonsumsi air putih.

Hindari pola diet yang salah. Pola diet salah hanya akan menimbulkan penyakit. Contohnya jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi yang kaya air, Anda bisa terserang diare.

Atau, jika Anda menekan mati-matian nafsu makan Anda sampai Anda merasakan rasa lapar yang sangat, Anda bisa saja terkena penyakit maag. Jadi jika Anda memutuskan untuk tidak makan, sebaiknya Anda berpuasa tetapi tidak mengulur waktu berbuka.

Pada intinya, Anda dapat mengatur sendiri resep makanan untuk diet Anda. Asalkan tidak berlebihan atau dengan kata lain “keterlaluan sedikit”, itu sudah cukup. Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, saya sarankan untuk benar-benar mengatur kadar gula yang akan Anda konsumsi.

Selain itu, Anda juga perlu untuk rajin dan teratur mengatur jeda antara waktu makan agar gula darah Anda tidak meningkat tajam.

Terakhir, dalam mengatur pola makan diet, usahakan jangan “itu-itu saja”. Karena makanan yang membosankan dapat membuat Anda tidak nafsu untuk memakannya. Anda dapat berimprovisasi dengan berbagai bahan namun tetap memperhatikan rambu-rambunya.

(sumber gambar artikel pola makan diet sehat : carapedia.com>

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Ini Dia Cara Mengelola Pola Makan Diet Sendiri


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia Cara Mengelola Pola Makan Diet Sendiri