Home » Penyakit » Penting Untuk Anda Ketahui !! Perbedaan Tumor dan Kanker

Penting Untuk Anda Ketahui !! Perbedaan Tumor dan Kanker

Penting Untuk Anda Ketahui !! Perbedaan Tumor dan Kanker

Sebelumnya saya mohon maaf jika sewaktu saya membahas artikel tentang kanker, saya menyebutkan kata-kata tumor.

Padahal perbedaan tumor dan kanker terlihat “nyata”. Ini demi keperluan “kata kunci”, agar banyak orang yang bisa datang ke situs ini dan terbantu dengan info yang saya berikan.

Tetapi saya berjanji, mulai artikel ini saya tidak akan “mencampur adukan” antara tumor dengan kanker agar Anda tidak bingung. Sekali lagi maaf. Lalu sebenarnya apa perbedaan tumor dan kanker? Saya jelaskan. Tumor dan kanker sama-sama penyakit yang berbahaya.

Berita buruknya walaupun perbedaan kanker dan tumor ini jelas, penyebab dari kedua penyakit ini masih belum jelas. Dan dari berbagai penelitian yang dilakukan para ahli, mereka lebih banyak menekankan kepada faktor resiko yang menjadi penyebab timbulnya kedua penyakit ini.

Baik tumor maupun kanker, keduanya sama-sama tumbuh sebagai sel abnormal yang dapat “muncul” di mana saja di dalam tubuh manusia.

Kedua penyakit ini juga seringkali menimbulkan gejala benjolan. Tetapi ingat… tetap saja ada perbedaan tumor dan kanker, walaupun gejalanya sama-sama ada benjolan. Untuk menerangkan beda kanker dan tumor, ada baiknya saya terangkan satu persatu dulu apa itu kanker dan apa itu tumor.

So, mari kita mulai dari tumor terlebih dahulu. Tumor adalah penyakit dimana terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal dan tidak terkendali dalam organ manusia. Sel-sel sehat di sekitar sel tumor biasanya tidak terlalu terganggu dengan adanya sel abnormal ini.


Pada beberapa kasus, gejala tumor yang paling sering terjadi adalah benjolan dan terdapat selaput yang menyelimuti sel tumor tersebut. Tumor ada dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak dapat membahayakan kesehatan Anda karena merupakan awal dari gejala tumor ganas.

Sedangkan sebutan tumor ganas merupakan tumor yang mulai menggerogoti sel-sel organ yang ditinggalinya. Di Indonesia sendiri tumor ganas seringkali disebut sebagai kanker. Sekarang Anda sudah paham kan apa itu tumor? Kalau sudah, saya lanjutkan ke penjelasan tentang apa itu kanker agar Anda tahu  beda kanker dengan tumor.

Kanker adalah penyakit dimana pertumbuhan sel-sel kanker yang abnormal tidak terkendali. “Lho sebentar… kok sama dengan defini dari tumor?”. Tidak !! Mereka berbeda. Jika tumor tidak menjadi parasit, sebaliknya, kanker akan menjadi parasit dalam organ yang di tinggalinya.

Pada kanker, organ asli penderita akan mengalami kerusakan hari demi hari yang semakin parah. Ciri penyakit kanker lainnya adalah timbulnya benjolan dan terdapat sebaran ke organ lain. Seperti yang pernah saya jelaskan pada artikel tentang penyakit kanker, kanker terbagi menjadi dua, yaitu kanker primer dan kanker sekunder.

Kanker primer merupakan asal organ pertama kali tumbuhnya sel kanker. Kanker primer ini terjadi akibat dari sel tumor yang bertambah parah. Berbagai macam faktor resiko bisa membuat perkembangan sel kanker menjadi lebih agresif lagi.

Zat karsinogen merupakan zat utama yang membuat pertumbuhan kanker bertambah parah. Hal ini terjadi berawal dari “pemupukan dari zat karsinogen yang Anda konsumsi secara berulang-ulang dalam waktu yang lama.

Sedangkan kanker sekunder adalah sebaran dari kanker primer. Maksudnya sebaran itu seperti ini… misalnya pada awalnya kanker hanya tumbuh di hati saja, yang kemudian dikatakan sebagai kanker hati. Tapi karena sudah tumbuh dengan cepatnya, akhirnya sel kanker pun berjalan menyebar menuju ke organ-organ sekitar hati.

Penyebaran sel-sel kanker ke organ baru dinamakan sebagai metastatis. Organ yang paling sering menjadi kanker sekunder adalah tulang. Perbedaan tumor dan kanker juga terletak pada pengobatan yang dilakukan. Umumnya tumor yang diderita masih berupa sel tumor yang jinak sehingga dengan dilakukan pengobatan melalui tindakan operasi, seorang penderita tumor dapat sembuh secara sempurna.

Pengangkatan benjolan dengan selaputnya sekaligus merupakan pengobatan yang paling ampuh untuk seorang penderita tumor. Penderita tumor dapat diselamatkan nyawanya, dengan catatan harus menghindari segala jenis zat karsinogen agar tidak menimbulkan tumor baru.

Sementara untuk pengobatan kanker, ia jauh lebih sulit dibandingkan dengan tumor. Tindakan operasi yang dilakukan biasanya hanya akan mengangkat benjolan yang terlihat. Sementara sel-sel kanker telah melekat ke organ yang ditinggali dan mungkin sudah tersebar ke organ tubuh lainnya tidak dapat dengan mudah diangkat dengan operasi.

Karena itu selain operasi, untuk pengobatan penderita kanker juga diperlukan kemotherapi dan radiasi. Kemoterapi atau lebih banyak disebut dengan kemo adalah pengobatan untuk menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh. Memang beberapa kasus juga memberikan terapi yang sama pada tumor. Tujuannya untuk mengecilkan sel tumor baru kemudian dilakukan tindakan operasi.

Pengobatan kemo pada penderita kanker lebih banyak difokuskan pada penghancuran dan menghambat perkembangan sel kanker. Pembelahan sel kanker terjadi secara cepat, karena itu melalui terapi kemo ini diharapkan dapat menghambat, dan bahkan menghilangkan sel kanker.

Kemudian untuk radioterapi yang juga sering disebut terapi radiasi adalah terapi yang sering digunakan bersamaan dengan kemoterapi. Radiasi yang diberikan pada penderita tergantung pada jenis kanker dan tingkat keparahan sel kanker.

Radiasi itu kadang diberikan tunggal, yaitu hanya satu radiasi tapi kadang juga dikombinasikan. Hanya saja selain dapat menghancurkan sel kanker, radiasi juga dapat menghancurkan sel yang sehat. Tapi hal ini akan diminimalisir oleh dokter dengan kontrol dari orang yang benar-benar berpengalaman pada bidang radiologi

Sudah jelas kan sekarang perbedaan kanker dengan tumor? Well, walaupun berbeda, intinya tetap sama… keduanya tidak baik bagi tubuh kita. Jadi mulai dari sekarang waspadai kedua penyakit di atas dan terapkan selalu pola hidup sehat agar Anda terhindar dari kedua penyakit di atas, okay?

(sumber gambar artikel perbedaan tumor dan kanker & perbedaan tumor dan kangker : www.handcarecenter.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Anda Harus Tahu Perbedaan Tumor dan Kanker


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda Harus Tahu Perbedaan Tumor dan Kanker