Home » Penyakit » 5 Penyebab Kanker Paru-Paru Bagi Para “Non Smoker”

5 Penyebab Kanker Paru-Paru Bagi Para “Non Smoker”

5 Penyebab Kanker Paru-Paru Bagi Para "Non Smoker"

Tentu Anda masih teringat berita yang menghebohkan Indonesia, tentang menteri kesehatan periode 2009-2014, Endang Rahayu Sedyaningsih, yang terdiagnosa kanker paru-paru?

Ya… walau sudah hampir tiga tahun berlalu, namun berita ini cukup menjadi perhatian sampai sekarang dan banyak menimbulkan pertanyaan mengapa bisa terjadi.

Rokok, yang sering kali dinyatakan sebagai penyebab kanker paru-paru yang utama menjadi diragukan. Mengapa? Karena Endang Rahayu bukan perokok aktif. Bahkan keluarganya pun juga tidak ada yang merokok.

Begitu pula dengan lingkungan sekitar Endang Rahayu. Dan ironisnya, ternyata mentri kesehatan yang akhirnya non aktif ini terdiagnosa terkena kanker paru-paru.

Kemudian pada bulan Oktober 2010 beliau menjalani perawatan intensif selama sebulan sebelum akhirnya beliau menghembuskan nafas terakhirnya di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta pada tanggal 2 Mei 2012 pukul 2012.

Bisa Anda bayangkan? Hanya dalam waktu satu setengah tahun, kanker ganas itu merenggut nyawa seseorang tanpa ampun.

Padahal Endang Rahayu sudah melakukan pengobatan hingga keluar negeri. Berita buruknya, sampai saat ini penyebab kanker paru-paru yang diderita almarhumah tidak diketahui. Sejak itu beberapa pihak menyatakan bahwa rokok bukanlah penyebab kanker paru-paru yang utama.


Tapi jujur, saya tidak setuju dengan pernyataan itu. Karena prosentase terbesar dari penderita kanker paru-paru adalah perokok aktif. Endang Rahatu hanyalah 1 dari sekian banyak penderita kanker paru-paru yang bukan perokok.

Well, kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang pertumbuhan awalnya dimulai pada organ paru-paru. Berlawanan dengan kepercayaan populer yang selama ini beredar di masyarakat, kanker paru-paru juga dapat dialami oleh para non smokers, yakni mereka yang termasuk dalam kategori woman, asian dan nonsmoker itu sendiri.

Kanker ini berkembang dan merusak genetika DNA manusia. Kerusakan yang terjadi akan mempengaruhi fungsi paru-paru. Ketika kerusakan terakumulasi, resiko kanker pun akan bertambah parah. Penyakit ini biasanya menyerang orang dewasa. Jarang sekali ada kasus kanker paru-paru yang terjadi pada orang yang berusia di bawah 45 tahun.

Setelah Anda tahu pengertian kanker paru-paru dan penjelasannya di atas, pertanyaan selanjutknya adalah apa penyebab kanker paru-paru khususnya bagi para non-smoker ini? Mari kita simak satu per satu…

Penyebab Kanker Paru-Paru Non Smoker #1 : Radon

Radon adalah unsur kimia dengan nomor atom 86 yang dalam ilmu kimia diberi lambang Rn. Radon merupakan salah satu partikel udara yang kita dapat hirup dari udara. Partikel ini sebenarnya adalah gas radioaktif yang berasal dari hasil penguraian radioaktif radium, yang merupakan produk dari peluruhan uranium.

Gas ini berasal dari batuan dan tanah dalam jumlah yang sangat kecil, yang biasanya ditemukan dalam kerak bumi. Gas ini dapat berpindah melalui tanah dan masuk ke dalam rumah sehingga bisa dihirup oleh manusia. Radon bersifat tidak kasat mata dan tidak berbau.

Radon berbahaya karena jika Anda hirup dapat melukai paru-paru Anda. Gas ini menjadi penyebab kanker paru-paru kedua setelah rokok. Di Inggris wilayah Cornwall, dilaporkan bahwa konsentrasi radon menjadi masalah utama. Tiap bangunan harus memiliki ventilasi aktif dengan kipas untuk menurunkan konsentrasi Radon.

Penyebab Kanker Paru-Paru Non Smoker #2 :  Polusi Udara

Berdasarkan data WHO, negara-negara di Asia Tenggara menempati posisi kedua sebagai wilayah yang menyumbang polusi udara terbesar di dunia. Polusi udara yang tinggi ini hampir mirip dengan seorang perokok pasif.

Orang butuh untuk menghirup udara setiap hari. Jika polusi udara tinggi, orang akan menghirup udara sekaligus menghirup polusi. Polusi terjadi karena pembuangan gas beracun ke dalam udara yang dihasilkan oleh kendaraan dan pembakaran.

Bukti tentatif mendukung bahwa polusi udara mendukung kenaikan resiko kanker paru-paru. Pembakaran kayu, batu bara, residu bahan bakar dan sisa sampah dapat menjadi polusi udara dan menjadi penyebab kanker paru-paru manusia.

Penyebab Kanker Paru-Paru Non Smoker #3 : Pajanan di Tempat Kerja

Berdasarkan sifat kerjanya, pekerja yang bekerja pada perusahaan yang berkaitan dengan senyawa kimia dapat memberikan sumbangan negatif bagi kesehatan. Senyawa kimi yang bersifat karsinogenik seperti asbes, nikel, batu bara, silika dan arsenic dapat menjadi penyebab penyakit kanker paru-paru.

Penyebab Kanker Paru-Paru Non Smoker #4 : Asbestos

Asbestos dapat menjadi penyebab kanker paru paru bagi Anda. Penyakit yang dapat disebabkan oleh asbestos adalah kanker paru-paru dan pleura, yaitu mesotelioma.

Penyebab Kanker Paru-Paru Non Smoker #5 : Riwayat Kesehatan Keluarga

Orang yang memiliki riwayat kesehatan keluarga yang pernah mengidap kanker, akan memiliki resiko tinggi menderita penyakit yang serupa. Prosentasenya orang dapat terkena kanker jika ada anggota keluarga yang terkena kanker paru-paru sebesar 8-14%. Hal ini terjadi disebabkan kombinasi gen yang dimiliki sama karena merupakan satu keturunan.

Hmmm… jadi ngeri ya. Anda yang tidak merokok jadi khawatir kan? Eniwei, penyakit kanker paru-paru dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu small cell lung cancer dan non-small cell lung cancer. Lebih dari setengah kasus kanker paru-paru pada perokok termasuk dalam golongan non-small cell lung cancer.

Sedangkan mayoritas kanker paru-paru yang diderita oleh individu non-smoker adalah adenokarsinoma, yaitu jenis lain dari  non-small cell lung cancer. Karsinoma sel skuamis pada perokok aktif cenderung tumbuh dekat dengan saluran udara dengangejala penyakit kanker paru-paru awal adalah batuk hingga batuk darah.

Sementara adenokarsinoma sering tumbuh diluar paru-paru dan tumbuh dalam waktu yang lama. Gejala yang dirasakan adalah sesak nafas, kelelahan atau metastatis ke organ lain. Di sisi lain, bronchoalveolar karsinoma (BAC) merupakan bentuk lain dari kanker paru-paru yang terjadi pada non-smoker. Kasus BAC ini mengalami peningkatan tahun demi tahun tanpa diketahui alasan yang jelas tentang penyebab kanker paru-paru.

Untuk menghindari kanker paru-paru, Anda dapat melakukan deteksi dini dengan pemeriksaan melalui uji laboratorium. Metode-metode yang dapat digunakan antara lain tes dahak, sinar X pada bagian dada dan CT scan spiral (helical). Konsultasikanlah dengan dokter setelah hasilnya Anda dapatkan. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan solusi untuk menghindari penyebab kanker paru-paru yang efektif.

(sumber gambar artikel penyebab kanker paru-paru dan akibat kanker paru paru : www.ens-newswire.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

5 Penyebab Kanker Paru-Paru Bagi Para "Non Smoker"


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Penyebab Kanker Paru-Paru Bagi Para "Non Smoker"