Home » Penyakit » 3 Penyebab Kanker Otak yang Harus Anda Ketahui

3 Penyebab Kanker Otak yang Harus Anda Ketahui

3 Penyebab Kanker Otak yang Harus Anda Ketahui

Teori Darwin menyebutkan bahwa manusia dahulunya adalah kera yang berevolusi. Itu yang dulu pernah saya pelajari jaman SMA…

Kebenarannya? Saya tidak percaya !! Hanya saja, memang di beberapa hal ada kemiripan manusia dengan binatang. Tetapi manusia punya kelebihan, yaitu memiliki otak untuk berpikir.

Well… saya tidak akan membahas masalah evolusi di sini. Yang saya bahas adalah “harta dan pembeda” kita dengan binatang… otak untuk berpikir.

Lalu, apa yang terjadi jika “harta kita yang berharga” tadi di vonis kanker? Dan repotnya, angka kematian akibat kanker otak terus meningkat. Hal ini terjadi karena sampai saat ini belum ditemukan secara pasti pengobatan kanker otak yang tepat, disamping tidak diketahuinya juga penyebab kanker otak.

Andhika Rachman, divisi Hermatologi-Onkologi RS. Ciptomangunkusumo juga menjelaskan tentang tidak pastinya penyebab sakit kanker otak dalam interview-nya dengan sebuah majalah terkenal. Hingga mengatakan hingga kini penyebab kanker otak masih misteri.

Dan dari sekian penyakit kanker, yang memiliki ciri khas dan bisa diketahui dengan pasti salah satu penyebab utamanya adalah kanker paru-paru. Melalui sebuah riset, diketahui bahwa hampir semua penderita kanker paru-paru adalah perokok berat.

Kita kembali lagi ke ulasan penyebab utama kanker otak. Begini, manusia memiliki otak yang berada dalam tempurung tengkorak yang sifatnya rigid atau tetap. Jadi tanda kanker otak ini tidak seperti kanker-kanker lain yang akan menimbulkan benjolan ketika sel kanker itu membesar.


Pada kasus kanker otak, sel kanker tidak terlihat benjolan karena terbatas pada tempurung tengkorak. Dan karena berada di dalam tempurung tengkorak yang keras ini kanker otak sangat terasa sakitnya.

Anda bisa membayangkan kan… tengkorak yang sempit terdapat sel kanker yang berkembang dengan cepat tanpa bisa “merobek” tempurung tengkorak tersebut? Sakit yang ditimbulkan akan sangat terasa oleh penderita.

Rasa sakit itu tergantung pada lokasi sel dimana kanker otak itu tumbuh. Kemudian gangguan yang terjadi karena kanker otak berupa gangguan penglihatan, gangguan fungsi gerak, gangguan emosional dan sebagainya.

Walaupun sebab penyakit kangker otak belum diketahui dengan pasti, ada beberapa penyebab kanker otak yang bisa Anda ketahui dengan pasti :

  1. Penyebab Kanker Otak yang Pertama : Makanan
    Zat karsinogen yang terkandung dalam makanan seperti layaknya pupuk yang menyuburkan tanaman. Dalam hal ini, sel kanker yang dapat berkembang pesat jika Anda mengkonsumsi zat karsinogen secara berlebihan dan dalam rentang waktu yang lama. Anda yang terlalu banyak mengkonsumsi lemak dan protein tinggi harus berhati-hati. Makanan yang memiliki lemak dan protein tinggi tidak dapat dicerna secara sempurna oleh tubuh sehingga akan menjadi “sampah” dalam tubuh. Ingat, tubuh kita memiliki takaran kebutuhan gizi yang relatif sama. Penimbunan ini bisa saja menjadi penyebab kanker otak.
  2. Penyebab Kanker Otak yang Kedua : Radiasi
    Otak manusia yang selalu terkena radiasi dapat menjadi rusak. Rusaknya otak karena radiasi ini mengakibatkan rusaknya jaringan genetika dalam otak. Contoh radiasinya antara lain neurofibromatosis, li-fraumeni syndrom, syndrom turcot atau tuberous scerosis. Radiasi itu selain untuk pengobatan, dapat juga menimbulkan tumor otak dalam 20 hingga 30 tahun ke depan. Anda yang memiliki pekerjaan yang bersinggungan dengan radiasi seperti profesi pekerjaan di bagian listrik, peneliti radiasi, dan bagian radiologi rentan terkena kanker otak.
  3. Penyebab Kanker Otak yang Ketiga : Faktor Genetik
    Jika dalam satu keluarga terdapat anggota keluarga yang pernah mengalami penyakit kanker, Anda memiliki faktor resiko untuk terkena kanker otak.. Faktor ini akan semakin besar ketika keluarga inti Anda ada yang memiliki riwayat penyakit kanker. Selain riwayat keluarga, juga bisa berasal riwayat kesehatan Anda sendiri. Bagi yang sudah sembuh, jangan berlega hati. Tetaplah waspada karena dapat saja sakit kanker atau tumor yang sudah sembuh beralih ke bagian otak yang lainnya.
  4. Penyebab Kanker Otak yang Keempat : Benturan
    Trauma akibat benturan juga dapat menjadi salah satu penyebab kanker otak. Ketika terjadi kecelakaan dan terbenturnya kepala, entah itu benturan pada benda tumpul atau benda keras, dapat menimbulkan kelainan dalam otak Anda. Trauma ini dapat memicu pertumbuhan sel abnormal pada otak.

Setelah Anda mengetahui penyebab kanker otak di atas, sebaiknya Anda segera menghindari “pantangan-pantangan” dari penyakit kanker otak ini. Hindarilah zat-zat karsinogen yang dapat memicu kanker otak. Janganlah minum alkohol.

Perokok akut juga dapat menjadi penyebab kanker otak. Apalagi bagi Anda yang mengkonsumsi zat-zat adiktif terlarang seperti ganja, narkotik dan sebagainya.

Kemudian mungkin beberapa diantara Anda yang tidak bisa lepas dari handphone? Kayaknya pasti banyak yang tunjuk jari deh.

Jelas, godaan facebook, twitter, goegle plus sampai linked membuat semua orang sibuk dengan smart phone-nya sendiri-sendiri. Bahkan saat bersama dengan orang lain, smart phone tidak pernah lepas dari genggamannya.

Tahukah Anda radiasi apa yang dihasilkan handphone? Gelombang RF yang ada di handphone ini dapat menimbulkan radiasi elektromagnetik. Dan repotnya, untuk kanker otak, pemicunya lebih banyak dari penggunaan telepon. Telepon yang berada dekat kepala menyebabkan radiasi diserap oleh jaringan otak.

Solusinya adalah Anda menggunakan head set untuk telepon. Jangan dekatkan telepon ke dekat kepala saat Anda tidur. Okay, itu saja penyebab kanker otak yang dapat saya berikan.

So, kenali penyebab kanker otak di atas, tetaplah hidup sehat dengan makan-makanan bergizi serta olah raga teratur. Anda akan enjoy sekaligus terhindar dari kemungkinan terkena kanker otak. Life is beautifull, isn’t? 

(sumber gambar artikel pencegahan tumor otak dan faktor penyebab kanker otak : www.thinkgeek.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

3 Penyebab Kanker Otak yang Harus Anda Ketahui


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Penyebab Kanker Otak yang Harus Anda Ketahui