Home » Penyakit » Ingin Tahu Penyebab Kanker Kulit? Baca Artikel Ini

Ingin Tahu Penyebab Kanker Kulit? Baca Artikel Ini

 

Ingin Tahu Penyebab Kanker Kulit? Baca Artikel IniKulit merupakan salah satu aset bagi penampilan kita. Kulit bersih dan sehat adalah dambaan setiap orang, wanita dan pria. Anda juga kan pastinya.

Tetapi masalahnya, kulit bersih dan sehat sangat sulit di dapat, terkhusus jika Anda menderita kanker kulit.

Dan perkembangan penyakit kanker kulit ini cukup memprihatinkan. Kenapa memprihatinkan? Karena tiap tahun angka penderita penyakit kanker kulit terus meningkat.

Meski kanker kulit bukan termasuk kategori kanker “ganas”, namun akibat kanker kulit ini bisa sampai kepada kematian. Namanya saja kanker…

Kanker kulit ini identik dengan gejala, pengobatan dan penyebab yang masih belum diketahui dengan pasti. Dan sudah barang tentu angka kematian penderita kanker kulit ini cukup tinggi jika Anda bandingkan penyakit kulit lainnya.

Berita buruknya, pengetahuan yang minim terhadap kanker kulit, membuat si penderita terlambat untuk mendatangi dokter. Justru saat kanker kulit sudah berada pada stadium lanjut, si penderita baru sadar bahwa ia terkena kanker kulit. Padahal gejala kanker kulit yang umum terlihat jelas.

Tapi kebanyakan orang punya persepsi yang salah dengan kanker kulit. Mereka beranggapan bahwa yang ia derita hanyalah penyakit kulit biasa. Walau saya akui cukup membingungkan juga membedakan antara kanker kulit dan penyakit kulit, bukanlah menjadi halangan seseorang untuk selalu berusaha mengetahui bagaimana gejala kanker kulit dan apa penyebabnya.


Jika memang mencurigakan, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar bisa mendapatkan diagnosa yang tepat. Jelas langkah preventif tersebut lebih baik dari pada Anda hanya menduga-duga saja.

Well, umumnya kanker kulit ini menyerang epidermis kulit. Gejala awal kanker kulit adalah kulit terlihat ruam atau perubahan warna kulit menjadi lebih gelap dari kulit sebelumnya. Permukaan pun berubah menjadi lebih bergelombang dan tidak rata. Beberapa dari penderita juga mengalami lecet dan luka yang kadang diikuti dengan rasa gatal-gatal.

Sekali lagi, penyebab kanker kulit masih belum diketahui secara pasti. Hal ini dikarenakan setiap kasus memiliki riwayat yang berbeda-beda antara satu penderita dengan penderita yang lain. Tetapi saya akan berikan faktor-faktor penyebab kanker kulit yang sudah disebutkan oleh para ahli. Apa penyebab kanker kulit tersebut? Silahkan baca di bawah ini :

  1. Riwayat Keluarga
    Jika anggota keluarga ada yang memiliki pernah mengalami sakit kanker, mungkin sebab ini bisa menjadi salah satu alasan kanker kulit menyerang Anda. Kerabat jauh yang mengalami sakit kanker kulit ini pun juga memberikan kontribusi Anda mengalami kanker kulit, hanya saja prosentasenya lebih kecil dari pada saudara kandung.
  2. Sinar Ultraviolet
    Sinar matahari memancarkan sinar ultraviolet setiap harinya. Sinar ultraviolet akan semakin tinggi radiasinya ketika siang tiba. Anda juga pasti merasakan panas yang luar biasa ketika berada diluar ruangan saat siang hari kan? Gerah, panas dan membuat kulit hitam… Dan orang dengan kulit putih lebih mudah terkena kanker kulit? Mengapa demikian? Karena efek sinar ultraviolet yang mereka terima akan langsung terserap oleh kulit tanpa adanya pigmen yang memadai. Orang yang kulitnya putih mengandung melanin rendah sehingga tampak putih dan pucat. Dan mereka yang berkulit putih biasanya rentan terhadap sinar ultraviolet. Sedangkan orang berkulit lebih gelap atau kecoklatan dapat meminimalisir sinar matahari yang mengenai tubuhnya sehingga mengurangi resiko terkena kanker kulit. Oh iya… satu lagi. Dengan baju yang minim, sinar matahari tetap bisa langsung mengenai kulit Anda. Dengan penerimaan cahaya ultraviolet yang tinggi, akan meningkatkan juga resiko terjadinya kanker kulit. Jadi hindari pakai baju minim ya…
  3. Tanning Bed
    Di Indonesia, istilah tanning bad tidak terlalu populer karena tidak banyak penggemarnya. Namun tanning bed sangat populer di negara-negara barat. Mengapa? Karena tanning bed merupakan istilah untuk membuat kulit berubah warna menjadi lebih gelap dari kulit aslinya. Bagi orang barat yang malas berjemur di pantai, mereka menggunakan metode ini untuk mendapatkan kulit kecoklatan. Alat ini tentu saja beresiko tinggi terhadap kanker kulit karena radiasi yang diberikan alat ini cukup tinggi. Dan kanker kulit yang paling banyak dijumpai akibat tanning bed adalah kanker kulit melanoma. Jenis kanker kulit yang paling ganas diantara kanker kulit yang lainnya.
  4. Tanda Lahir atau Tahi Lalat
    Tidak semua tahi lalat atau tanda lahir memberikan kontribusi sebagai penyebab kanker kulit ya. Saya tidak akan memberikan asumsi seperti itu. Karena hampir semua orang memiliki tahi lalat. Tetapi jika tanda lahir atau tahi lalat itu berubah bentuk sehingga membentuk suatu luka atau perubahan warna kulit dan permukaan yang tidak rata, maka Anda haru curiga bahwa hal itu adalah salah satu penyebab kanker kulit.

Lalu bagaimana cara pencegahan kanker kulit ini? Sebagai bentuk pencegahan agar terhindar dari penyebab kanker kulit tersebut, Dr. Setiawan Dalimartha menuliskan beberapa cara mengatasi kanker kulit. Ada beberapa cara mengatasi kanker kulit, tetapi saya sebutkan 2 utama yang tertuang dalam bukunya yang berjudul “Deteksi Dini Kanker dan Simplisia Antikanker “.

  1. Lindungi kulit dengan menghindari sinar ultraviolet dari matahari secara langsung terutama pada pukul 10.00-15.00. Anda dapat menggunakan topi, paying, baju lengan panjang dan tabir surya sebagai tindakan pencegahan terkenanya sinar ultraviolet secara langsung ke permukaan kulit Anda.
  2. Hindari kulit untuk melakukan kontak yang lama dengan bahan-bahan kimia yang berulang-ulang seperti bahan dari tar atau terkena sinar rontgen secara berlebihan.

Sudah jelas kan sekarang apa penyebab kanker kulit dan bagaimana ciri ciri kanker kulit tersebut? Jadi pastikan bahwa Anda segera menyadari jika ada kejanggalan di kulit Anda jika terjadi hal yang mencurigakan pada tubuh Anda. Datanglah ke dokter spesialis kulit dan cegahlah kanker kulit sedini mungkin.

(sumber gambar artikel penyebab kanker kulit : science.howstuffworks.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Ingin Tahu Penyebab Kanker Kulit? Baca Artikel Ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin Tahu Penyebab Kanker Kulit? Baca Artikel Ini