Home » Penyakit » Lagi… Waspadai dan Hindari Penyebab Kanker Hati

Lagi… Waspadai dan Hindari Penyebab Kanker Hati

Lagi... Waspadai dan Hindari Penyebab Kanker Hati

Penyebab kanker hati masih menjadi misteri yang belum terkuak hingga kini.

Walaupun demikian, ada beberapa faktor resiko yang memiliki potensi tinggi sebagai penyebab kanker hati.

Hati, yang berfungsi sebagai pencerna makanan yang masuk dalam tubuh, jika mengalami kerusakan akan mempengaruhi pencernaan serta peredaran sari makanan dalam tubuh.

Hati, lain dengan organ tubuh yang lainnya. Karena memiliki fungsi vital, hati memiliki ketahanan yang lebih kuat. Jika terdapat kerusakan, maka hati akan segera melakukan regenerasi sel-sel yang rusak.

Tidak seperti halnya jantung dan otak yang merupakan organ yang cukup rentan akan kerusakan. Tapi ingat, batu yang terkena air berulang-ulang akan berlubang. Begitu juga dengan hati. Kerusakan yang datang bertubi-tubi bisa menyebabkan kanker hati.

Nah, kanker hati digolongkan menjadi dua, yaitu kanker primer dan kanker sekunder. Mungkin di antara Anda ada yang pernah dengar dengan istilah ini ya?

Ya… Kanker primer pada hati adalah kanker yang tumbuh di hati. Sedangkan kanker sekunder pada hati adalah sebaran dari kanker yang tumbuh di bagian lain.


Saya bahas awal mula penyebab kanker hati dari kanker primer terlebih dahulu ya… Kanker hati primer dapat di bedakan lagi menjadi dua bagian, yaitu hepatoma yang tumbuh dalam sel hati dan kolangiokarsinoma yang tumbuh dari sel-sel dinding saluran empedu.

Penyebab kanker hati untuk tipe hepatoma biasanya dari hepatitis B. Hepatitis B merupakan kelainan hati yang diakibatkan karena terkontaminasinya darah. Penyakit ini disebabkan oleh virus sehingga dapat menular. Penderita hepatitis dapat menularkan virus melalui air liur, air mani dan cairan vagina.

Beberapa ahli mengatakan bahwa faktor etnis menjadi salah satu sebab yang berpengaruh seseorang mengidap hepatitis. Orang Asia memiliki potensi terkena hepatitis B lebih besar dari pada bangsa lain, terlepas hatinya terkena sirosis atau tidak.

Pada orang-orang luar Asia, mereka bisa menderita hepatitis karena adanya sirosis atau penyakit hati yang lain. Penyakit seperti ini lebih sering kita kenal sebagai hepatitis C.

Eniwei, bagi Anda perokok berat dan mengidap hepatitis C, segeralah berhenti merokok. Kanker hati akan mengancam Anda !! Mengapa demikian? Karena dengan bahan nikotin yang terkandung dalam rokok Anda, peradangan dan kerusakan yang Anda alami karena hepatitis C akan bertambah parah.

Kemudian penularan penyakit hepatitis paling umum biasanya melalui jarum suntik yang telah terkontaminasi sebelumnya. Tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kasus hepatitis paling tinggi di Asia? Maka berhati-hatilah Anda. Secara tidak langsung, kanker hati menular.

Mengingat cara penularan yang cukup ekstrim ini, sudah seharusnya Anda mulai waspada dan mulai menjaga lingkungan rumah serta berhati-hati ketika berada di rumah sakit. Dan jika Anda menggunakan jarum suntik, pastikan bahwa jarum suntik yang digunakan higienis.

Kembali lagi ke masalah penyebab kanker hati, dalam suatu penelitian, terdapat 50% orang yang menderita kanker hati telah memiliki sirosis hati terlebih dahulu. Faktor genetik memberikan kontribusi yang cukup besar dalam hal ini. Kondisi ini dinamakan hemochromatosis, yaitu dimana kadar besi dalam dalam hati terlalu tinggi.

Beberapa zat yang menjadi penyebab kanker hati antara lain adalah hebisida, alfatoksin (sejenis jamur pada gandum dan palawija) dan bahan kimia tertentu seperti vinil klorida dan arsen. Selain kanker hati yang disebabkan oleh hepatitis B, bisa disebabkan juga oleh alkohol.

Bagi seorang peminum alkohol kelas berat, minum alkohol layaknya minum air putih. Dan tahukah Anda bahwa hati akan menyaring alkohol ini terus menerus, layaknya air putih yang setiap hari Anda konsumsi? Itulah sebabnya seorang peminum alkohol sering terkena kanker hati.

Dan dalam hal ini, pria lebih beresiko tinggi daripada wanita. Walaupun ada wanita yang merokok dan minum alkohol, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa kaum adam lebih banyak mengkonsumsi alkohol dan menjadi perokok aktif.

Selain itu, berat badan juga dapat memberi kontribusi menjadi penyebab kanker hati, walaupun tidak terlalu signifikan. Makan makanan dengan pengawet, protein yang terlalu tinggi serta lemak jenuh yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan obesitas.

Inilah yang menyebabkan seseorang terkena penyakit hati. Bahkan obesitas juga bisa menimbulkan penyakit diabetes. Sehingga terdapat prevalensi juga bagi penderita diabetes. Mereka akan memiliki faktor penyebab kanker hati lebih tinggi.

Selain itu, para atlet kadang menggunakan semacam obat untuk meningkatkan massa otot mereka. Obat ini dinamakan steroid anabolic. Jika suplemen ini Anda konsumsi dalam jangka panjang dan secara reguler, jelas dapat menjadi penyebab kanker hati. Berbahaya kan?

Kemudian untuk kanker sekunder biasanya merupakan sebaran dari kanker primer. Kanker sekunder hati ini lebih banyak berasal dari kanker lambung, pankreas dan usus besar. Mungkin saja sel-sel kanker pada kanker primer ini cenderung lebih kecil tanpa menimbulkan gejala dan keluhan yang mengganggu penderitanya.

Namun pada kanker sekundernya, penderita akan lebih merasakan gejala yang lebih besar lagi. Tetapi perlu Anda ketahui, pada kasus kanker hati hepatoma, biasanya kanker tidak menyebar kemana-mana.

Jika kanker yang di derita itu tidak menunjukkan gejala sirosis hati, maka obat kanker hati adalah dengan jalan operasi, kanker hati tersebut masih bisa dihilangkan secara sempurna. So, berhati-hatilah dengan kanker hati. Hindari semua penyebab kanker hati sehingga resiko Anda terkena penyakit kanker hati dapat Anda eliminer.

(sumber gambar artikel gejala kanker hati & pengobatan kanker hati : cancersigns.info)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Satu komentar

  1. Apakah kanker hati yg sudah ditace menyebabkan si pasien sering mengeluarkan lendir dimulut dan batuk

Lagi... Waspadai dan Hindari Penyebab Kanker Hati


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lagi... Waspadai dan Hindari Penyebab Kanker Hati