Home » Penyakit » Baca Segera Penyebab dan Ciri Ciri Kanker Paru Paru Ini

Baca Segera Penyebab dan Ciri Ciri Kanker Paru Paru Ini

Baca Segera Penyebab dan Ciri Ciri Kanker Paru Paru Ini

Sampai sekarang, kanker paru paru masih menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

Tingginya intensitas orang yang terkena kanker ini salah satunya diakibatkan karena “budaya” merokok.

Sering mengkonsumsi rokok sejak usia dini dengan intensitas sering dalam jumlah yang banyak juga makin memperbesar seseorang terkena kanker paru-paru.

Berdasarkan penelitian dari Cancer Research UK, kanker paru-paru beragam jenisnya. Anda juga harus tahu bahwa ada kanker yang muncul di paru-paru dan ada pula kanker yang menyebar di paru-paru.

Kanker yang muncul di paru-paru disebut dengan kanker paru-paru primers. Ia terbagi menjadi 2, yakni SCLC (kanker paru paru sel kecil) dan NSCLC (kanker paru paru non sel kecil). Jenis yang sering diderita kebanyakan orang adalah jenis yang kedua, yaitu NSCLC.

Kanker jenis NSCLC juga terbagi menjadi 3 macam kanker, yakni kanker sel skuamosa, adenokarsinoma dan karsinoma sel besar. Sedangkan kanker yang menyebar ke paru-paru merupakan kanker sekunder.

Eniwei, kanker yang dapat menyebar sampai paru-paru biasanya berasal dari penyebaran kanker payudara dan kanker usus. Pengobatannya pun berbeda dengan kanker paru-paru primer di mana sel kanker yang pertama kali “dibunuh” adalah sel induk.


Seperti yang saya katakan di atas, penyebab terbesar munculnya kanker paru-paru adalah rokok. Bagi para perokok pasif, ia juga juga turut terkena imbasnya tanpa terkecuali. Seseorang yang banyak merokok besar kemungkinan terkena kanker ini.

Jika ia mengkonsumsi rokok dalam jangka waktu yang lama, maka efeknya jauh lebih berbahaya. Seseorang yang mengkonsumsi rokok mulai dari usia muda juga lebih beresiko terkena kanker paru-paru daripada mereka yang memulai aktivitas merokoknya setelah usia dewasa.

Penyebab penyakit kanker paru-paru lainnya adalah terkena paparan gas radon, yakni sejenis gas radioaktif alami yang berasal dari uranium yang terdapat pada tanah dan batuan. Ini adalah penyebab terbesar kanker paru-paru kedua setelah rokok.

Penyebab selanjutnya adalah terkena paparan zat kimia tertentu seperti asbes, silica dan knalpot diesel. Polusi udara juga dapat menjadi penyebab seeorang menderita kanker paru-paru, namun tergantung seberapa parah polusi di wilayah tersebut.

Seseorang yang dalam riwayat kesehatannya pernah menderita penyakit yang menyerang paru-paru seperti TBC, juga rawan terkena kanker paru-paru. Keluarga yang juga mengalami kanker paru-paru dapat memperbesar resiko seseorang terkena hal serupa.

Ciri ciri kanker paru paru yang umumnya terjadi adalah batuk terus-menerus, sesak nafas, jenis batuk berdahak, dahak terdapat darah, rasa sakit sakit batuk bahkan saat bernafas, hilang nafsu makan, mudah mengalami kelelahan dan penurunan berat badan.

Tanda tanda kanker paru paru yang lainnya namun tergolong jarang terjadi adalah seperti memiliki suara serak, sulit menelan, terjadi perubahan pada bentuk jari dan kuku, wajah mengalami pembengkakan, bengkak di areal leher (pembesaran kelenjar getah bening), rasa sakit yang sering muncul pada dada atau bahu, ketidaknyamanan pada bagian bawah tulang rusuk bagian kanan serta sesak nafas karena adanya cairan di paru-paru.

Beberapa jenis kanker paru-paru dapat memproduksi hormon tertentu yang mengalir di aliran darah dan menyebabkan gejala-gejala yang nampaknya tidak ada hubungan dengan kanker ini.

Gejala kanker paru paru pun berbeda-beda pada tiap-tiap orang. Seperti kesemutan di jari tangan atau kaki, berkurangnya kekuatan otot, sering mengantuk, pusing, dan bingung, pria yang mengalami pembengkakan pada payudaranya dan terjadinya gumpalan darah.

Untuk pengobatan kanker ini, perlu dilakukan serangkaian tahapan test agar bisa diketahui berasal darimanakah kanker tersebut pertama kali muncul. Jadi bagi Anda yang merasa punya ciri ciri kanker paru paru, segera konsultasikan keluhan Anda ke dokter spesialis terbaik yang ada di kota Anda… seskipun Anda bukanlah seorang perokok aktif.

(sumber gambar artikel ciri ciri kanker paru paru dan penyebab kanker paru paru : www.anneahira.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Baca Segera Penyebab dan Ciri Ciri Kanker Paru Paru Ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Segera Penyebab dan Ciri Ciri Kanker Paru Paru Ini