Home » Makanan Sehat » Pengertian Makanan Sehat yang Benar? Baca Disini !!

Pengertian Makanan Sehat yang Benar? Baca Disini !!

Pengertian Makanan Sehat yang Benar? Baca Disini !!

Bicara mengenai pengertian makanan sehat adalah berbicara mengenai hal yang fundamental.

Mengapa berbicara masalah pengertian makanan sehat adalah perkara yang fundamental?

Karena makanan adalah kunci utama bagi seseorang untuk mendapatkan kesehatan bagi tubuhnya.

Kandungan nutrisi yang tersimpan di dalamnya bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing yang berimbas pada “kebaikan” dan “keburukan” bagi organ-organ vital manusia.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memahami apa itu pengertian makanan sehat agar Anda bisa dengan mudah memilah-milah mana yang baik dan mana yang buruk.

Apa itu pengertian makanan sehat? Makanan sehat adalah makanan-makanan yang diambil dari bahan-bahan yang terbaik dari alam lalu diolah dengan cara yang baik pula.

Tidak semua makanan yang awalnya berasal dari bahan yang baik, kemudian diolah dengan cara seperti apa pun, akan menghasilkan hasil akhir yang baik. Seperti kentang misalnya.


Kentang mengandung banyak kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kentang juga tergolong makanan diet sehat. Tapi kentang dapat berubah menjadi “racun” bagi tubuh Anda ketika dimasak dengan cara ditumbuk, digoreng atau dipanggang.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena ketika kentang ditumbuk, digoreng atau dipanggang, proses tersebut membuat kentang melepaskan zat patinya lalu mengubahnya menjadi gula. Anda tahu bahwa gula yang tidak baik penderita diabetes.

Padahal sudah jamak bahwa kentang goreng adalah makanan favorit atau teman bersantai saat seseorang ingin camilan. Berita buruknya, “teman favorit” ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang tentu saja berbahaya bagi jantung dan penderita hipertensi.

Eniwei, bagi kebanyakan manusia, rasa memang seringkali lebih diutamakan daripada nutrisi. Pada beberapa bahan makanan, ia memiliki rasa yang kurang nyaman di lidah (biasanya karena rasa pahit) seperti pare, daun pepaya, buah mahkota dewa, mengkudu dan yang lainnya.

Bahan-bahan tadi setelah dilakukan uji laboraturium ternyata memiliki begitu banyak nutrisi yang baik bagi tubuh dan tentunya, berefek positif terhadap kesehatan. Namun karena rasanya yang tidak enak (bahkan mengkudu terkenal dengan baunya yang tidak sedap), akhirnya mereka ditinggalkan. Termasuk Anda bukan?

Hal yang demikian berlaku juga untuk kasus pengertian makanan tidak sehat, misal makanan cepat saji dan makanan kemasan. Makanan-makanan tersebut biasanya terasa sangat lezat “ngangenin” kalau orang Jawa bilang. Tetapi dibalik rasa enak yang memberi kesan puas setelah mengkonsumsi, masuklah beragam zat-zat kimia berbahaya ke dalam tubuh si pemakannya.

Jika makanan tersebut Anda konsumsi dengan intensitas jarang, tentu hal ini tidak akan menjadi masalah. Karena pada dasarnya, tubuh manusia dapat melakukan detoksifikasi racun dan pengobatan terhadap bagian-bagian yang rusak pada jaringan tubuh.

Namun, jika zat-zat yang “tidak ramah” tadi terus menerus Anda masukkan ke dalam tubuh, sementara kemampuan mengobati diri sendiri pada tubuh sangat terbatas, maka lambat laun tetapi pasti, kesehatan Anda akan terancam.

Lalu seperti apa makanan sehat yang termasuk dalam pengertian makanan sehat yang benar di atas? Jawabannya sederhana. Makanan sehat adalah makanan yang banyak mengandung vitamin (baik A, B kompleks, C, D, E, dan K), mineral (fosfor, kalsium, asam folat, omega 3, kalium, magnesium, selenium, antioksidan dll), serat, protein, karbohidrat, sertakolesterol baik (HLD).

Sedangkan glukosa (gula), pada dasarnya ia dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi, meningkatkan kemampuan kerja otak, obat anemia dan obat anti depresi. Namun jika Anda mengkonsumsinya terlalu berlebihan, glukosa buruk bagi kesehatan.

Tidak hanya gula, garam (sodium/natrium), protein, karbohidrat dan lemak pun juga demikian. Maka Anda harus perlu mengontrol asupan makanan Anda, khususnya makanan-makanan yang tidak boleh Anda konsumsi berlebihan.

Kemudian, mempelajari “arti makanan sehat” yang benar berarti juga belajar untuk mengetahui bagaimana cara memasak yang baik dan benar. Tujuannya adalah agar manfaat makanan sehat hasil olahan dari bahan-bahan tersebut bisa Anda makan dalam bentuk terbaiknya.

Seperti pengetahuan terhadap bagaimana cara memasak bayam, berapa lama waktu maksimal boleh memakannya setelah didiamkan beberapa saat setelah selesai dimasak, apakah boleh Anda panaskan kembali ataukah tidak, dan seterusnya.

Juga pengetahuan tentang kombinasi makanan-makanan tertentu. Hal ini perlu Anda pelajari agar Anda bisa menghindari keracunan makanan. Wah, ternyata pengetahuan tentang pengertian makanan sehat banyak juga yang perlu dipikirkan ulang ya…

Namun dengan kecanggihan teknologi yang sudah ada sekarang, Anda dimudahkan untuk mendapatkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pengertian makanan sehat tersebut agar kualitas hidup Anda lebih baik. Mari kita belajar bersama untuk hidup sehat !!

(sumber gambar artikel pengertian makanan sehat dan definisi makanan sehat : www.beezid.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Tiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun tubuh yang sehat dengan penampilan menarik …

Pengertian Makanan Sehat yang Benar? Baca Disini !!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian Makanan Sehat yang Benar? Baca Disini !!