Home » Penyakit » 3 Langkah Penting Untuk Pencegahan Kanker Serviks

3 Langkah Penting Untuk Pencegahan Kanker Serviks

3 Langkah Penting Untuk Pencegahan Kanker Serviks

Seperti yang pernah saya posting pada artikel kanker serviks yang telah lalu, kanker serviks adalah kanker yang paling banyak di derita oleh kaum wanita.

Di Indonesia, kanker serviks menempati peringkat pertama dari seluruh jenis penyakit kanker yang menyerang wanita.

Pengobatannya sangat sulit. Maka dari itu, para wanita disarankan untuk melakukan pencegahan kanker serviks sedini mungkin sebelum kanker serviks itu “hinggap” di tubuh mereka.

Maka dari itu Anda jangan heran jika sekarang berbagai propaganda telah digalakkan oleh pemerhati wanita dalam upaya melakukan deteksi dini kanker serviks.

Bayangkan saja, berapa juta rupiah yang harus Anda habiskan jika terkena penyakit ini. Tak hanya hitungan puluhan… bisa sampai ratusan juta.

Dan parahnya, tidak hanya secara materi saja yang akan “menguap”. Penyakit kanker serviks selain menggerogoti secara fisik, juga akan menggerogoti “kejiwaan” bagi si penderita. Vonis kanker yang mereka terima seringkali diartikan sebagai hukuman mati yang tinggal menunggu waktunya saja.

Tidak hanya penderita yang larut dalam kesedihan yang mendalam. Keluarga dan sahabat karib pun pasti akan merasakan hal yang sama. Bagaimana pun juga, orang yang merawat si penderita akan merasa kelelahan baik fisik maupun psikis.


Ketakutan akan kehilangan orang yang mereka cintai kadang membuat mereka tidak mampu hidup normal. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi pada Anda bukan? Maka dari itu, lakukan segera pencegahan kanker serviks. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah atau cara mencegah kanker serviks di bawah ini :

Yang Pertama : Pencegahan Kanker Serviks Melalui Makanan

Penyakit kanker selalu dikaitkan dengan pola makan yang buruk dari si penderitanya. Dan parahnya, saat ini semakin banyaknya produk instan yang beredar di pasaran dan tampak sangat menggiurkan bagi semua orang. Trend junk food semakin populer dan menjadi tempat nongkrong yang bergengsi.

Padahal makanan tersebut adalah sumber penyakit jika Anda konsumsi secara berlebihan. So, hindari sebisa mungkin pola makan yang tidak sehat. Selalu makan makanan yang mengandung zat antioksidan. Zat antioksidan dipercaya sebagai zat yang dapat mencegah kanker.

Zat ini dipercaya dapat menghambat bahkan membunuh sel-sel kanker yang berkembang dalam tubuh Anda. Ada banyak buah, sayuran hingga makanan hewani yang mengandung zat antioksidan.

Makanan yang mengandung vitamin A, C, E dan kalsium dikenal sebagai makanan yang mengandung atioksidan yang baik untuk memperbaiki sel tubuh akibat dari radikal bebas. Contoh makanan yang banyak mengandung vitamin tersebut di antaranya adalah wortel, hati, tuna, telur, jeruk dan sebagainya.

Folat berfungsi menurunkan kadar homosistein, zat ini merupakan zat yang dapat memacu pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim wanita. Makanan yang kaya zat folat antara lain adalah brokoli, kembang kol dan sebagainya.

Kandungan polifenol dan flavonoid dapat menghambat perkembangan sel kanker, misalnya anggur merah, kenari, teh hijau, tomat, minyak zaitun, coklat dan paprika hijau.

Yang Kedua : Pencegahan Kanker Serviks Melalui Deteksi Dini Pap Smear

Pap smear dalam dunis medis juga disebut sebagai tes papaniculou. Tes ini merupakan metode screening untuk mendeteksi adanya kanker serviks. Pap smear ini dapat Anda lakukan dua minggu setelah haid pertama.

Sebelum pemeriksaan, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi obat maupun suplemen dalam bentuk apapun pada organ intim Anda. Tidak dianjurkan pula untuk melakukan hubungan seksual dalam waktu 24 jam untuk hasil yang akurat.

Pemeriksaan pap smear ini dapat dilakukan kapan saja selama Anda tidak sedang masa haid. Proses ini dilakukan dengan mengambil sampel dari organ intim Anda dengan menggunakan spatula pada leher rahim Anda. Sampel yang didapat kemudian diberikan serangkaian tes di laboratorium.

Dari hasil penelitian ini, dapat diungkap apakah dalam tubuh Anda terdapat virus HPV atau sel karsinoma dalam organ serviks Anda.

Lakukanlah pap smear ini setidaknya setahun sekali bagi wanita yang telah menginjak usia 35 tahun, wanita yang pernah mengidap virus HPV dan wanita yang menggunakan pil kontrasepsi.

Yang Ketiga : Pencegahan Kanker Serviks Melalui Kebersihan Organ Intim

Kebersihan tubuh adalah faktor utama untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Begitu pula dengan penderita kanker wanita jenis serviks. Kebersihan organ intim ini dapat menjadi penentu apakah Anda akan menjadi orang yang memiliki faktor resiko yang rentan terkena kanker serviks atau tidak.

Kebersihan organ intim ini dapat diartikan macam-macam. Pertama kebersihan dari kotoran. Gantilah celana dalam Anda setiap kali mandi, jika memang kondisi cuaca tidak bersahabat bisa dilakukan lebih sering.

Kemudian setelah buang air kecil dan besar segera bersihkan organ intim Anda. Gunakan air yang bersih untuk membasuh organ intim Anda dan jangan sembarangan menggunakan tisue dan air yang ada di toilet umum.

Bagi Anda yang memiliki gangguan keputihan, Anda dapat menggunakan sabun dengan asam basa yang sudah disesuaikan. Saya rasa sabun semacam ini sudah banyak beredar di pasaran dengan berbagai merk.

Selain itu, untuk menjaga kebersihan organ intim Anda, jagalah keharmonisan dengan pasangan. Setia pada satu pasangan (suami) adalah satu-satunya jalan agar Anda tidak tertular bakteri dan virus. Begitu halnya dengan pasangan Anda. Jika pasangan Anda tidak setia, maka dia yang memungkinkan membawa penyakit bagi Anda.

So,”keep up to date” tentang penyakit kanker ini terus-menerus. Melalui pencegahan kanker serviks di atas disertai dengan olah raga yang teratur, Anda bisa mencegah penyakit yang mematikan ini. Diawali dengan niat dan tekad bulat, saya yakin Anda bisa terbebas dari kanker serviks ini dan menikmati hari-hari yang bahagia bersama keluarga Anda.

(sumber gambar artikel cara pencegahan kanker serviks : pondokibu.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

3 Langkah Penting Untuk Pencegahan Kanker Serviks


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Langkah Penting Untuk Pencegahan Kanker Serviks