Home » Obat Kimia » Obat Tetes Telinga? Periksa Dulu ke Dokter, Baru Pakai Otopain

Obat Tetes Telinga? Periksa Dulu ke Dokter, Baru Pakai Otopain

Obat Tetes Telinga? Periksa Dulu ke Dokter, Baru Pakai Otopain

Telinga merupakan salah satu dari lima panca indera manusia yang berfungsi sebagai pendengaran. Dan Anda sudah tahu bahwa pendengaran sangat penting bagi manusia.

Oleh karena itu, saat Anda terkena gangguan di telinga, jangan sembarangan memberikan obat tetes telinga. Pastikan dahulu dengan memeriksakan telinga Anda ke dokter ahli THT.

Setelah itu, baru Anda bisa cari obat tetes telinga yang paling pas untuk Anda, okay? Karena sakit telinga berbeda dengan sakit jerawat, he..he..he..

Dan untuk itulah artikel obat tetes telinga ini hadir untuk Anda. Tapi sebelumnya, saya terangkan terlebih dahulu seperti apa telinga itu… Telinga terdiri atas 3 bagian yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam.

Telinga bagian luar meliputi daun telinga dan saluran telinga berupa corong. Bagian tengah mulai dari gendang telinga sampai tulang pendengaran. Sedang bagian luar berisi organ pendengaran dan organ keseimbangan.

Gangguan telinga yang paling sering dirasakan adalah rasa nyeri, gatal, keluarnya cariran, merasakan tekanan dalam telinga dan rasa panas. Terjadinya gangguan telinga ini dapat terjadi di dalam telinga dan luar telinga. Gejala-gejala umum yang dirasakan diatas dapat terjadi secara tunggal maupun kombinasi dari gejala tersebut.

Nah, ada 5 penyakit utama yang menjadi perhatian para dokter saat ini, yaitu congek (otitis media), serumen (kotoran telinga), kebisingan atau dengung, tuli dan ototoksik. Cukup banyak kan? Makanya tadi di atas saya sarankan bahwa Anda harus berhati-hatti dalam memilih obat tetes telinga.


Karena gejala yang dirasakan belum tentu sesuai dengan obat yang Anda beli. Perhatikan benar indikasinya. Kadangkala masyarakat menganggap bahwa gangguan dalam telinga dapat disembuhkan oleh obat tetes telinga apapun. Padahal tidak !!

Pada suatu kasus misal, pasien merasa gatal di telinganya, lalu ke apotik dan memutuskan membeli obat tetes telinga. Bukannya sembuh, ia justru mengalami gangguan telinga yang lainnya. Setelah diperiksakan ke dokter ternyata gendang telinganya berlubang. Jadi obat tetes telinga itu membuat telinganya bertambah sakit. Obat tetes telinganya yang seharusnya menyembuhkan justru masuk ke telinga bagian tengah.

Telinga bagian tengah ini harusnya steril karena terdapat rumah siput dan syaraf pendengaran. Jika terjadi kerusakan pada telinga tengah ini pasien dapat mengalami gangguan pendengaran menetap. So, semua gangguan telinga ini sebaiknya Anda periksakan ke dokter. Hanya saja ada beberapa gangguan telinga yang bisa Anda obati sendiri. Misalnya adalah penumpukan serumen dan kemasukan benda asing.

Penumpukan serumen terjadi karena kotoran dalam telinga yang menumpuk dan tidak dibersihkan secara rutin. Akibat penumpukan serumen ini timbul gejala pendengaran menurun, rasa nyeri dan gatal pada telinga Anda. Pengobatannya dengan mengeluarkan serumen itu dari telinga dengan bantuan obat tetes. Tapi jika serumen Anda sudah mengeras, sebaiknya hubungi dokter agar proses pengeluaran serumen dilakukan oleh ahlinya.

Saya cukupkan pembahasan mengenai telinga dan penyakitnya, sekarang saya bahas ke poin intinya… obat telinga. Obat telinga dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu sebagai anti septik dan anti infeksi, anti septik telinga dengan kortikosteroid untuk menghilangkan gejala alergi pada telinga dan obat untuk saluran telinga yang tersumbat oleh kotoran yang mengeras.

Berbagai macam obat tetes telinga antara lain otopain, otolin, otopraf dan sebagainya. Dan khusus pada artikel kali ini, sesuai dengan judulnya, saya ingin membahas obat tetes telinga Otopain. Dalam 1 ml obat tetes telinga Otopain terdapat Polymyxin B sulfate 10.000 IU, Neomycin sulfate 5 mg, Fludrocortisone acetate 1 mg dan Lidocain HCl 40 mg.

Obat tetes telinga Otopain yang di produksi oleh PT. Interbat ini memiliki kandungan yang merupakan kombinasi zat-zat yang efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit di telinga. Polymyxin B sulfate dan Neomycin sulfate merupakan obat antibiotik spektrum luas yang aktif terhadap bakteri. Bakteri ini antara lain pseudomonas aeruginosa, staphylococcus aureus, escheria coli, klebstella, enterobacter sp serta neisseria sp.

Fludrocortisone acetate berguna untuk antiradang, antialergi, dan antipruritis. Sedangkan lidocaine hydrochloride berfungsi sebagai anastesi lokal yang efektif untuk mengurangi rasa sakit pada infeksi telinga. Indikasi dalam Otopain adalah otitis eksternal akut dan kronis yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap polymyxin dan neomycin sulfate serta efek antiininflasmasi dan kortisteroid dan efek anestesi lokal yang diperlukan.

Setiap obat biasanya akan timbul kontraindikasi begitu pula dengan Otopain. Penderita yang hipersensitif terhadap kandungan Otopain dapat memiliki efek samping yang berbeda-beda.

Oh iya, bagi Anda penderita gangguan pada kanal eksternal pendengaran yang disebabkan oleh inveksi virus herpes simpleks dan Varicella Zoster, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi obat tetes telinga vital ini. Otopain dapat pula menimbulkan efek samping yaitu kepekaan pada kulit, otottoksitas, dan nefrotoksisitas karena neomycin.

Kemasan yang ada di pasaran berbentuk botol yang berisi 8 ml cairan tetes telinga. Obat otopain ini dibeli harus dengan resep dokter. Otopain diteteskan ke dalam lubang telinga dengan penetes. Sehari 2 – 4 kali 4 – 5 tetes, tergantung pada beratnya penyakit.

Simpanlah Otopain di tempat yang sejuk dengan suhu dibawah 25°C dan terlindung dari sinar matahari, tapi jangan disimpan dalam kulkas. Paling lama penggunaan obat 10 hari berturut-turut. Jika masih mengalami gejala yang sama atau bertambah parah, sebaiknya segera hubungi dokter.

Ingat !! Semua obat infeksi telinga tidak boleh dipakai dalam jangka waktu yang lama, berbeda dengan obat herbal. Hal ini dapat mengakibatkan ototoksi dan superinfeksi pada telinga Anda. Jika gangguan telinga yang anda alami disebabkan oleh jamur atau virus maka sebaiknya Anda tidak menggunakan obat yang memiliki kandungan antibiotik. Kandungan ini bisa juga dapat menimbulkan superinfeksi.

(sumber gambar : www.alfamedika.co.id)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Sebenarnya panas dalam bukan merupakan suatu penyakit. Panas dalam adalah keadaan dimana tubuh mengalami panas …

Obat Tetes Telinga? Jangan Beli !! Baca Dulu Ini...


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Tetes Telinga? Jangan Beli !! Baca Dulu Ini...