Home » Obat Kimia » Obat Sesak Nafas Semprot Bikin Ketagihan? Jawabannya Ada di Sini

Obat Sesak Nafas Semprot Bikin Ketagihan? Jawabannya Ada di Sini

Obat Sesak Nafas Semprot Bikin Ketagihan? Jawabannya Ada di Sini

Sesak nafas atau banyak orang yang juga menyebutnya sebagai Asma merupakan penyakit kronik di dalam saluran pernafasan.

Sesak nafas ini terjadi ketika saluran pernafasan ini mengalami penyempitan tiba-tiba sehingga menyulitkan kita bernafas.

Anda pernah mengalaminya? Jika iya, obat sesak nafas seperti apa yang Anda gunakan? Tapi sebentar… sebelum Anda menjawab obat sesak nafas apa yang Anda gunakan, Anda tahu kan apa penyebab sesak nafas tersebut?

Ya… salah satu penyebab sesak nafas adalah penderitanya alergi terhadap debu. Dan mungkin diantara Anda ada juga yang sensitif terhadap debu.

Istri saya cukup sensitif. Kalau bersih-bersih atau berada di tempat yang berdebu, ia sering bersin-bersin tanpa henti. Dan penyakit sesak nafas sudah ada sejak lama.

Alhamdulillah, dengan berbagai penelitian, saat ini Anda dapat menemukan berbagai macam obat sesak nafas. Mulai dari obat sesak nafas tradisional sampai dengan obat sesak nafas modern yang diproduksi oleh PBF (Pedagang Besar Farmasi).

Berhubung di artikel-artikel sebelumnya saya sudah banyak membahas tentang obat herbal, maka dalam artikel ini saya ingin lebih fokus ke pengobatan modern melalui obat.


Obat sesak nafas bisa Anda gunakan dalam berbagai cara. Contohnya diminum, disuntik, disemprot atau dihisap. Sutanto & M. Hariwijaya menjelaskan ada 2 macam jenis obat sesak nafas (*dalam bukunya yang berjudul “Pengetahuan Praktis Tentang Penyakit Obat-obatan.”). Saya kutipkan penjelasan singkatnya untuk Anda ya…

  1. Reliver
    Merupakan obat sesak nafas yang berguna untuk mengatasi serangan sesak nafas secara cepat. Beberapa macam yang dipakai saat terjadi serangan sesak nafas yang hebat adalah melalui suntikan dan disemprot/dihirup. Obat-obat yang termasuk dalam reviler adalah obat-obat bronkodilator yang bekerja cepat seperti salbuterol, albuterol, metaproterenol, terbutaline,  dan procaterol.
  2. Preventer / Controler
    Sesuai dengan kata yang terkandung di atas, prevent/controler, obat-obatan jenis ini berfungsi sebagai pencegah serangan sesak nafas dan mengatasi peradangan dalam saluran pernafasan dalam waktu jangka panjang. Contoh dari obat jenis ini adalah obat golongan anti cholinergik, teofilin, epinefrin, dan sebagainya.

Dari sekian banyak cara penggunaan obat sesak nafas, yang paling efektif untuk penderita sesak nafas adalah dengan cara dihisap. Mengapa dihisap?

Mungkin di antara Anda ada yang pernah melihat orang menderita sesak nafas dan ketika terjadi serangan sesak nafas, orang itu mengeluarkan benda kecil yang kemudian disemprot dan dihisap dihidung. Yap, itu adalah inhaler. Cara mengobati sesak nafas dengan inhaler terbilang praktis.

Inhaler lebih tepat digunakan bagi penderita asma karena dengan cara dihirup maka obat yang disemprotkan akan langsung masuk ke hidup. Tanpa melalui proses yang panjang maka dapat mengenai sasaran secara lebih efektif, yaitu mencapai paru-paru sebagai biangnya sesak nafas.

Efek samping yang dihasilkan dari inhaler ini pun relatif kecil. Dosis yang diberikan cukup kecil untuk menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Sedangkan untuk obat sesak nafas yang lain adalah obat berupa tablet atau sirup cair. Jika dipikir secara logika saja, obat yang Anda minum harus melalui pencernaan terlebih dahulu setelah itu melalui proses pencernaan dalam tubuh obat akan dibawa ke organ lain.

Dengan perjalanan yang lebih jauh ke organ yang membutuhkan, dokter akan memberikan dosis yang lebih tinggi dan efek yang didapatkan juga lebih lambat.

Namun demikian, terdapat opini yang berkembang dalam masyarakat bahwa pengobatan sesak nafas dengan menggunakan obat sesak nafas inhaler membuat penderita ketagihan. Hal ini tentu saja tidak benar. Justru dengan metode semprot/hisap ini memberikan hasil yang paling optimal dari pada pengobatan yang lain.

Ok, mungkin Anda mulai penasaran. Apa saja sih obat inhaler itu? Nah, salah satu obat inhaler ini adalah salbuterol, albuterol dan metaproterenol. Saya tidak bisa menjelaskan semua jenis obat sesak nafas tersebut. Tetapi saya akan coba terangkan sedikit tentang albuterol.

Cara kerja albuterol sebagai obat sesak nafas pertolongan pertama adalah pertama-tama, ia mempengaruhi reseptor beta dalam tubuh. Reseptor beta ini merupakan sejenis molekul protein yang bertanggung jawab membawa pesan dari sistem syaraf pusat. Albuterol ini bekerja dengan merangsang reseptor untuk melakukan relaksasi pada otot sehingga membantu membuka saluran pernafasan, dan Anda dapat bernafas dengan normal kembali.

Obat sesak nafas sejenis inhaler ini tidak menimbulkan efek ketergantungan. Ingat, obat ini hanya digunakan saat Anda mengalami sesak nafas secara tiba-tiba dan tidak dikonsumsi secara reguler tiap hari. Ada obat lain yang menggunakan metode diminum atau disuntik sebagai obat yang mencegah serta mengontrol terjadinya serangan sesak nafas.

Lalu mengapa beberapa orang tetap beranggapan bahwa inhaler ini membuat mereka ketergantungan? Hmm… bagi Anda yang mengalami ketergantungan terhadap obat sesak nafas ini, berarti serangan sesak nafas itu terjadi setiap hari.

Maka pantaslah kalau Anda “tergantung” (*dalam tanda kutip”) kepada obat sesak nafas hisap tersebut. Saran saya, sebaiknya Anda analisis lebih jauh apa penyebab sesak nafas Anda tersebut. Kemudian jika Anda sudah tahu, hindari penyebabnya. Misalnya jika Anda tidak kuat debu, sebaiknya jangan melewati jalan yang penuh debu atau gunakanlah masker.

Eniwei, perhatikanlah baik-baik keefektifan obat untuk sesak nafas yang Anda konsumsi. Walaupun obat sesak nafas jenis inhaler tidak membuat seseorang “ketergantungan”, sebaiknya Anda tidak selalu mengandalkan inhaler setiap saat. Gunakanlah saat memang benar-benar Anda perlukan.

Sebagai penutup, berbagai nama merk dagang yang beredar dalam pasaran saat ini relatif banyak. Hati-hatilah dalam mengkonsumsinya. Anda harus selalu mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat untuk obat sesak nafas yang baik bagi tubuh Anda.

(sumber gambar artikel obat sesak nafas asma : galleryhip.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Sebenarnya panas dalam bukan merupakan suatu penyakit. Panas dalam adalah keadaan dimana tubuh mengalami panas …

Obat Sesak Nafas Hisap Bikin Ketagihan? Baca Ini !!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Sesak Nafas Hisap Bikin Ketagihan? Baca Ini !!