Home » Ibu dan Anak » Ini Dia 4 Obat Sakit Perut Anak Tradisional Berdasarkan Jenis Sakit Perutnya

Ini Dia 4 Obat Sakit Perut Anak Tradisional Berdasarkan Jenis Sakit Perutnya

Ini Dia 4 Obat Sakit Perut Anak Tradisional Berdasarkan Jenis Sakit Perutnya

Gangguan perut pada anak merupakan permasalahan yang sering dihadapi para orang tua sejak dulu hingga sekarang.

Apalagi dengan banyaknya iklan yang menawarkan berbagai camilan yang mayoritas tidak menyehatkan.

Oleh karena itu, orang tua perlu waspada dan menyiapkan obat sakit perut anak agar setiap saat dimana obat sakit perut anak tersebut Anda perlukan, ia selalu ada. Nah, orang tua yang baik harus mengetahui apa yang baik untuk anaknya.

Berdasarkan usia anak, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Pencernaan anak cukup riskan dan kecil sehingga tidak dapat mengkonsumsi makanan layaknya orang dewasa.

Misalnya pada usia dua tahun adalah usia anak untuk disapih. Awalnya anak hanya menyusui ibunya saja. Kini ia harus mulai makan makanan. Karena masih dalam tahap belajar makan, sebaiknya anak diberi asupan makanan yang ringan-ringan terlebih dahulu misalnya bubur.

Jangan terlalu tergesa-gesa diberikan daging atau ayam yang membutuhkan proses cerna yang relatif sulit untuk ukuran perut anak kecil. Jika orang tua tidak sabar dan memberi makan makanan yang keras dan sulit dicerna, akibatnya sering timbul gangguan buang air seperti pendarahan atau peradangan di bagian dubur.

Kembali ke masalah obat sakit perut anak, Anda harus tahu bahwa obat sakit perut anak berbeda dengan obat sakit perut orang dewasa. Dan jika memang bisa diberikan secara tradisional, maka hal itu akan lebih baik bagi pencernaannya.


Berikut ini beberapa obat sakit perut anak tradisional yang dapat Anda berikan berdasarkan jenis sakit perutnya. Semoga penjelasan ini bisa mengatasi sakit perut pada anak Anda.

Obat Sakit Perut Anak Untuk Gangguan Berak yang Sedikit dengan Perejanan

Kadang kala anak akan mengalami perejanan secara terus menerus dan buang air besar tetapi kotorannya relatif sedikit. Pada pagi hari, berikanlah anak Anda satu sendok teh minyak zaitun. Karena perutnya sakit, berilah makanan yang mudah dicerna oleh perut anak.

Untuk siang hari berilah ramuan obat sakit perut untuk anak tradisional dengan komposisi sebagai berikut ini : 3 biji adas manis, 3 gram kayu pulosari, 1 gram kayu secang, dan dua 2 gram bidara laut yang ditumbuk halus, bawang merah diiris halus dengan semanggi gunung, 5 gram daun saga serta 5 gram daun pegagan. Seluruh ramuan itu di rebus menjadi satu dalam sebuah panci tertutup selama satu jam.

Pagi harinya, rebusan yang telah diembunkan semalaman dalam gelas yang telah disaring bisa kembali Anda berikan kepada anak Anda. Anak yang berusia dibawah 1 tahun, berilah 1 sendok teh setiap dua jam sekali. Sedangkan anak yang lebih besar, bisa Anda minumkan satu gelas kecil yang diminum dua sampai tiga kali.

Obat Sakit Perut Anak Akibat Pertumbuhan Gigi

Saat terjadi pertumbuhan gigi, anak-anak seringkali merasakan beberapa penyesuaian. Salah satunya penyesuaiannya adalah untuk sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang beradaptasi kadang membuat perut sakit dan beraknya jadi berlendir.

Jika hal ini terjadi pada anak Anda, Anda bisa membuat ramuan sebagai berikut : segenggam daun pegagan, 5 gram kayu polusari, 1 gram kayu angin, 5 biji adas manis, sepotong kayu manis sebesar setengah jari, 2 gram kunir, 1 lembar daun trawas, 5 biji ketumbar, 5 biji ketumbar bolong, dan setengah potong kayu ules. Ramuan tersebut diatas direbus dalam air sebanyak 200 gram dalam panci pot tanah sampai airnya tinggal setengahnya.

Dosis untuk anak biasanya sehari dua kali sendok teh. Anak yang usianya lebih dari satu setengah tahun bisa Anda berikan lebih banyak, maksimal 3 gelas sehari. Rebusan ramuan itu dapat digunakan selama beberapa hari dengan menambah segelas air tiap kali akan dipanaskan.

Obat Sakit Perut Anak Akibat Cacing

Cacing lebih banyak menghinggap pada anak karena daya tahan anak masih lemah. Untuk anak-anak yang terkena cacingan, biasanya akan mempengaruhi fungsi pencernaan sehingga perut menjadi buncit dan hangat. Anak sering menangis dan merasa gatal di area pusar.

Untuk obat sakit perutnya, Anda bisa mengambil dua potong lempuyang wangi sebesar jari, bakar dengan daun bawang kemudian ditumbuk halus. Tambahkan segelas air untuk melarutkan. Saringlah, ampas yang tertinggal dapat Anda gunakan untuk mengompres perut anak Anda dengan dilapisi menggunakan kain.

Obat Sakit Perut Anak Akibat Masuk Angin

Anak yang menderita sakit perut akibat dari masuk angin sebaiknya jangan diberikan pencahar. Balutlah perutnya dengan prisesnitz yang telah diberi boorwater hangat, tapi jangan terlalu basah. Gantilah perban ini sehari dua kali.

Untuk ramuan yang diminum anak, Anda bisa berikan parutan sepotong empu kunir sebesar setengah jari, tambahkan satu sendok teh kayu angin, kayu pulosari sebesar satu jari, tiga biji adas manis dan tiga ketumbar (dapat juga menggunakan ketumbar bolong), seperempat potong kayu ules dan setengah lembar trawas. Semuanya direbus dengan satu gelas air, sampai air tertinggal setengahnya saja.

Anak yang berusia dibawah 6 bulan tidak boleh diberikan satu sendok teh selama 2 jam. Untuk anak yang lebih besar bisa diberikan lebih banyak. Sementara anak yang berusia lebih dari 2 tahun bisa minum satu sendok kecil setiap dua jam sekali.

Perlu diperhatikan untuk Anda para Ibu, ketika memberi ramuan diatas jangan memberikan susu saat proses perawatan dengan memberikan ramuan diatas. Jika berak sudah normal kembali, perlahan-lahan Anda dapat memberikan susu.

Anak-anak merupakan harta paling berharga bagi orang tuanya. Perhatikan pertumbuhan dan perkembangannya baik fisik maupun psikologis. Penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan akan lebih banyak Anda temui pada masa ini. Oleh karena itu para orang tua, hendaklah selalu update dengan perkembangan obat sakit perut anak ini, terutama yang pengobatan yang alami.

(sumber gambar artikel cara mengatasi sakit perut pada anak : www.naturesalternatives.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

2 Obat Herbal Jantung Koroner Berijin BPOM

2 Obat Herbal Jantung Koroner Berijin BPOM

Jangan abaikan rasa nyeri di dada tengah, sesak nafas, dan rasa sakit pada dada kiri …

Obat Sakit Perut Anak Tradisional? Ada !! Baca di Sini


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Sakit Perut Anak Tradisional? Ada !! Baca di Sini