Home » Obat Kimia » Tips Memilih dan Menggunakan Obat Sakit Mata

Tips Memilih dan Menggunakan Obat Sakit Mata

Tips Memilih dan Menggunakan Obat Sakit Mata

Mata merupakan jendela Anda ke dunia luar. Jika terdapat gangguan pada mata, tentu akan sangat mengganggu aktivitas Anda.

Karena aktivitas Anda terganggu, Anda pasti akan segera mencari obat sakit mata. Benar kan dugaan saya?

Hanya saja, Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi mata merah tersebut, cara menggunakan obat sakit mata serta cara bagaimana memilihnya. Seperti apa tips memilih dan menggunakan obat sakit mata?

Sebentar… Anda harus tahu terlebih dahulu mengapa penglihatan Anda terganggu. Well, umumnya sakit mata lebih banyak disebabkan karena faktor eksternal. Penyebab dari sakit mata paling utama adalah debu. Debu akibat kotoran di sekililing kita dan debu yang terjadi akibat polusi.

Keduanya dapat menyebabkan mata sakit. Dan memang… polusi udara saat sudah begitu parahnya dan telah menjadi momok yang menyumbang penyebab utama atas segala jenis penyakit, termasuk sakit mata. Mata yang lelah karena terlalu sering di depan komputer juga bisa menyebabkan rasa sakit.

Setiap alat elektronik pasti akan memancarkan radiasi. Tingkatannya berbeda-beda dan tergantung pada ketahanan tubuh manusia. Sakit mata ini terjadi akibat peradangan pada otot-otot mata yang mengalami kelelahan.

Sedangkan dalam faktor internal, sakit mata bisa juga disebabkan oleh adanya virus dan bakteri. Jika penyebabnya virus, maka pengobatan yang diberikan tidak bisa sederhana. Umumnya sakit mata karena virus dan bakteri ini bisa menular. Penularan bisa terjadi karena adanya kontak cairan mata dengan penderita atau juga melalui udara.


Selain virus, ada juga yang disebabkan karena bawaan yang biasa disebut dengan glaukoma pada penderitanya. Glaukoma terutama terjadi pada mereka yang memiliki orang tua dengan riwayat kesehatan mata buruk, sehingga gangguan mata orang tua bisa menurun pada anaknya (faktor genetik).

Semuanya itu baik sakit karena faktor eksternal maupun sakit mata karena faktor internat bisa Anda sembuhkan dengan obat untuk sakit mata. Hanya saja obat sakit mata saat ini sangat banyak di pasaran. Semuanya menyatakan bahwa produknya merupakan produk unggulan yang paling ampuh menyembuhkan sakit mata.

Akhirnya konsumen kebingungan. Ending-nya bisa ditebak… mereka memilih obat yang paling terkenal atau yang paling bagus iklannya. Betul tidak?

Padahal banyak yang perlu Anda pertimbangkan ketika Anda memilih obat mata. Dan kebanyakan, cara pemakaian obat sakit mata diteteskan atau diolesi. Sehingga banyak di antara kita hanya melakukan trial and error untuk mencoba keampuhan obat sakit mata.

So, sebelum memilih merk obat sakit mata tertentu, pilihlah obat sakit mata yang “sesuai” dengan penyakit Anda. Misalnya, saat Anda membeli obat mata, lihat indikasinya, sakit mata seperti apa yang sedang Anda alami. Apakah karena debu, atau karena bakteri.

Nah, berikut ini saya akan berikan beberapa contoh obat penyakit mata “luar” sesuai kandungannya agar Anda dapat memilih obat sakit mata yang tepat.

  1. Obat Anti Glaukoma
    Epinefrin; Contoh merk : Adrenal.
  2. Anti Infeksi Mata
    Sulfasetamida, Neomisin, Idoksuridina, polimiksin, asamborat; Contoh merk : cento metamida, albucid, cendo xitrol, cendrid, vasacon.
  3. Iritasi Ringan, Gatal dan Mata Merah.
    Fenilerin, tetrahidrozolin, antazolin, nafazolin, seng sulfat; Contoh merk : braito, insto, fitto, isotic frizin, optohist, cendo vision, ailin, cendo eyes lotion, rohto, zink prima.
  4. Kekurangan Air Mata
    Biasanya arthritis rematoid. Hipromelose, natrium klorida, kalium klorida, polivinil alkohol; Contoh merk : Liquifilm, Catarlent, Cendolyteers, Rohtotears.

Saat menggunakan obat mata, baik yang tetes maupun yang oles, sebaiknya Anda tidak menggunakan lensa mata terlebih dahulu. Tunggulah sampai sakit mata Anda sembuh, barulah Anda dapat menggunakan lensa kontak Anda kembali.

Tips menggunakan obat sakit mata jenis tetes :

  1. Pastikan tangan Anda dicuci bersih sebelum mengobati mata Anda.
  2. Bukalah obat sakit mata Anda, tapi jang sentuh ujungnya.
  3. Tarik kelopak mata bagian bawah, sehingga terbetntuk cekungan.
  4. Dekatkan dengan alat penetes tanpa menyentuh bagian dalam mata.
  5. Teteskanlah sesuai dengan perintah resep yang diberikan, lalu pejamkan mata selama 2 menit. Jangan memejamkan dengan kuat-kuat, pejamkan dengan rileks.
  6. Bersihkan dengan tisue bila ada kelebihan cairan yang menetes keluar dari mata.
  7. Jika ada obat yang harus diteteskan lagi, sebaiknya Anda memberi jeda waktu  minimal 5 menit sampai penetesan obat sakit mata yang selanjutnya.

Obat tetes mata itu sifatnya harus steril saat digunakan, karena itu Anda tidak boleh menggunakan obat tetes mata itu setelah 4 minggu sejak obat tetes mata itu dibuka. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi dan perhatikan kandungannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih dan menggunakan obat sakit mata.

(sumber gambar artikel cara mengatasi sakit mata : seputarsemarang.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Sebenarnya panas dalam bukan merupakan suatu penyakit. Panas dalam adalah keadaan dimana tubuh mengalami panas …

Tips Memilih dan Menggunakan Obat Sakit Mata


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tips Memilih dan Menggunakan Obat Sakit Mata