Home » Obat Kimia » Ini Dia Penjelasan Lengkap Tentang Obat Sakit Maag

Ini Dia Penjelasan Lengkap Tentang Obat Sakit Maag

Ini Dia Penjelasan Lengkap Tentang Obat Sakit Maag

“Ahlinya sakit maag”… Anda tahu apa itu? Itu adalah salah satu slogan obat sakit maag. Ada diantara Anda yang bisa menebaknya? Belum? Saya beri tambahan “clue”…

Dengan mengangkat aktor senior Dedy Mizwar, produknya semakin sukses di pasaran sejak peluncuran pertamanya di tahun 1971. Bahkan sampai kini, obat maag yg ampuh tersebut masih menjadi idola bagi para penderita sakit maag di Indonesia.

Masih belum tahu? Atau sudah tahu? Kalau sudah tahu, simpan jawaban Anda dan mari kita teruskan pembahasan tentang obat penyakit maag. Sakit Maag merupakan sakit pada bagian lambung karena terjadi peradangan atau luka pada dinding lambung.

Gejala sakit maag yang dirasakan antara lain mual, kembung, perih dan terasa melilit di perut. Banyak sekali iklan-iklan di TV maupun baliho di jalan-jalan yang menawarkan obat sakit maag ini dengan berbagai penawaran untuk meredakan sakit maag.

Selama ini obat sakit maag yang ditawarkan di pasaran memang bukan obat yang dapat menyembuhkan sakit maag. Pada dasarnya sakit maag tidak dapat disembuhkan secara total. Hal ini membuat beberapa orang penderitanya menjadi ketergantungan pada obat. Bagi Anda yang menderita sakit maag harus ekstra hati-hati menjaga tubuh Anda.

Penyebab dari sakit maag umumnya terjadi karena pola makan yang tidak teratur dan makan makanan yang tidak bergizi. Pengobatan untuk penderita sakit maag bersifat meredakan nyeri pada lambung atau perut yang disebabkan gerakan lambung, asam lambung dan pepsin.

Penderita sakit maag sebaiknya makan teratur 3 kali sehari secara teratur. Selain itu juga tidak kalah pentingnya, penderita harus menghindari minum beralkohol dan kafein (kopi dan teh), menghindari rokok, menghindari stres dan cukup istirahat. Jika hal ini sudah dilakukan dan ternyata maag masih saja menyerang, barulah Anda minum obat sakit maag.


Nama lain dari obat untuk maag akut dan yang tidak akut adalah antasid. Obat ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Obat yang bersifat menetralkan.
    Yaitu obat sakit maag yang fungsinya untuk menetralkan asam lambung. Contohnya adalah senyawa Magnesium, Alumunium, Sukrafat, Kalsium karbonat, Natrium karbonat, Hidrotalsit.
  2. Obat pembantu sebagai penyerap.
    Yaitu obat pembantu yang berguna untuk menyerap zat-zat yang merangsang lambung (contohnya Karboadsorben, kaoilin, asam alginat, silika-gel), menghilangkan kejang-kejang yang terjadi dalam lambung (contohnya Papaverin), melindungi permukaan lambung (contohnya Succus liquiritae) dan menghilangkan gas atau kembung di perut (contohnya Dimethikon/dimetilpolisilosan, simetikon).

Rahayu Widodo, S. Si., Apt, seorang apoteker yang menulis buku “Panduan Keluarga : Memilih dan Menggunakan Obat” memberikan saran bahwa pilihan pertama obat sakit maag adalah obat yang mengandung persenyawaan Magnesium dan Alumunium.

Natrium karbonat dan Kalsium karbonat, kerjanya kuat tetapi lebih banyak efek sampingnya. Persenyawaan Bismut efektifitasnya diragukan. Kecuali Bismut Subnitrat. Jika Anda mengalami sakit maag dengan disertai gejala perut kembung, sebaiknya Anda memilih obat yang memiliki kandungan Simetikon  atau Dimetilpolisiloksan.

Efek samping dari senyawa Al adalah sembelit, sedangkan dari senyawa Mg adalah diare. Untuk mengatasi efek samping tersebut, seringkali kedua senyawa tersebut di kombinasikan bersama-sama.

Kemudian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengkonsumsi obat maag mujarab :

  • Obat sakit maag akan lebih efektif jika di konsumsi dalam bentuk cair.
    Oleh karena itu ada baiknya jika Anda lebih memilih obat sakit maag yang cair dari pada tablet. Ketika memang obat tablet menjadi pilihan Anda, kunyahlah dulu sebelum ditelan.  Hal ini dimaksudkan supaya reaksi obat yang didapatkan akan lebih cepat.
  • Penggunaan obat sakit maag ini sebaiknya tidak diminum bersama-sama dengan obat-obatan yang lainnya.
    Berilah jarak kurang lebih satu jam agar tidak mengganggu penyerapan obat tersebut.
  • Minumlah obat sakit maag saat perut sudah atau sedang kosong.
    Jadi kira-kira dua jam setelah atau satu jam sebelum makan baru minum obatnya. Anda bisa juga meminumnya saat akan beristirahat pada malam hari saat menjelang akan tidur.
  • Anda tidak dianjurkan untuk meminum obat sakit maag selama dua minggu berturut turut.
    Jika memang tidak sembuh, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.
  • Anak dibawah 6 tahun sebaiknya tidak minum obat sakit maag.
    Begitu pula dengan penderita ginjal, konsultasikanlah dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat sakit maag pada anak dan penderita sakit ginjal.

Nah, sekarang saatnya saya memberikan beberapa contoh penyakit maag dan obatnya lengkap dengan kandungannya :

  1. Obat sakit maag dengan komposisi Senyawa Mg dan Al.
    Yaitu : Erphamaag, Maalox, Hudamag, Decacid, Gelusil, Maagtab.
  2. Obat sakit maag dengan komposisi Mg Hidroksida, Al Hidroksida, Simetikon/dimetilpolisiloksan.
    Yaitu : Mylanta, Promag, Magasida, Polysilane, Gestamaag, Carsida, Digel, Madrox, Biogastron, Ticomag, Adimag, Lexacrol, Altidin.

Eniwei, sama halnya dengan obat lain, obat untuk sakit maag pun memiliki jenis obat generik. Di Apotek obat ini tersedia dengan jenis nama Antasida DOEN (daftar Obat Esensial Nasional).

Dengan penjelasan di atas, Anda sudah jelas kan seperti apa obat untuk maag tersebut? Pada dasarnya, pola makan yang benar dan teratur merupakan jawaban dari obat sakit maag yang paling ampuh. Tanpa harus meminum berbagai macam obat.

Anda tidak ingin ketergantungan pada obat kan? Hati-hati lho….terlalu banyak minum obat justru akan merusak ginjal Anda. Oh iya… bagi yang belum bisa menjawab pertanyaan di atas, sudah ketemu belum jawabannya? Apa nama obat sakit maag yang di-endoser sama om Dedy Mizwar? Kalau sudah, tulis di kotak komentar ya, he..he..he..

 (sumber gambar artikel cara mengatasi sakit maag : kesehatan.kompasiana.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Sebenarnya panas dalam bukan merupakan suatu penyakit. Panas dalam adalah keadaan dimana tubuh mengalami panas …

Ini Dia Penjelasan Lengkap Tentang Obat Sakit Maag


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia Penjelasan Lengkap Tentang Obat Sakit Maag