Home » Cantik dan Bugar » 6 Obat Rambut Rontok Alami yang Terbukti Khasiatnya

6 Obat Rambut Rontok Alami yang Terbukti Khasiatnya

6 Obat Rambut Rontok Alami yang Terbukti Khasiatnya

Galau nggak sih kalau rambut kita rontok? Bayangkan saja, pas lagi mau benahin rambut di muka umum tiba-tiba saja ada rambut yang melayang jatuh atau nempel disela-sela jari. Malu kan?

Nah, saya ingin sharing kepada Anda tentang obat rambut rontok dalm artikel kali ini. Jadi, simak terus artikel cara mengatasi rambut rontok ini dan jangan “pindah haluan atau channel”, okay?

Rambut adalah mahkota wanita. Kalau laki-laki? Sama saja. Hanya saja antara laki-laki dan wanita yang paling “bermasalah” dengan rambut adalah wanita. Benar kan?

Penyebab rambut rontok adalah tidak kuatnya akar rambut atau batang rambut, sehingga mudah rontok jika disentuh dengan kasar atau ketika disisir.

Lalu kenapa akar tidak kuat? Kenapa batang rambut juga tidak kuat? Well, rambut ada yang rontok tiap hari itu wajar. Tetapi  jika rambut rontok Anda lebih dari 100 helai sehari, itu perlu dipertanyakan.

Ramput yang rapuh biasanya disebabkan oleh nutrisi rambut yang kurang. Selain itu, adanya ketombe juga dapat mengikis kesehatan rambut. Hmmm… parah juga yah.

Karena itu Anda perlu mencari obat rambut rontok yang tepat. Tidak cukup hanya gunakan shampo bagus dengan harga mahal. Anda bisa mencari cara mengatasi rambut rontok parah yang alami.


Indonesia adalah negara agraris yang penuh dengan tanaman unik dan berguna untuk dimanfaatkan. Kita punya berbagai macam bahan alami yang bagus untuk kecantikan Anda, terutama rambut. Bahan alami ini dapat kita temukan di toko atau pasar tradisional. Atau mungkin ada diantara Anda yang telah memiliki tanaman tersebut di kebun milik Anda.

Apa saja obat rambut rontok yang bisa dihasilkan dari tanaman-tanaman tersebut? Ada beberapa obat rambut rontok alami yang bisa mengatasi rambut rontok. Obat rambut rontok tersebut saya ambil dari tulisan Bapak J. Soegiri, seorang peneliti lulusan Fakultas Kedokteran UI Cabang Bogor.

  1. Minyak Kemiri
    Kuantitas rambut rontok perlu dijadikan pertimbangan dalam mencari obat rambut rontok. Misalnya rambut Anda rontok tapi tidak terlalu banyak. Untuk kasus seperti itu, cukup simple aja lho. Biji kemiri dihancurkan, lalu ambil isinya dan tumbuk halus. Ambil air dan rebus sampai minyak keluar. Nah, gunakan minyak kemiri sebagai obat tradisional rambut rontok setiap dua atau tiga kali seminggu. Gosok minyak itu dipangkal rambut dan kulit kepala. Usahakan agar minyak itu benar-benar bisa masuk ke dalam pori-pori kepala.
  2. Minyak Kelapa
    Selain menggunakan minyak kemiri, Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa. Tapi khasiat kemiri lebih besar dari pada minyak kelapa. Jadi, saya lebih menyarankan anda untuk menggunakan minyak kemiri saja.
  3. Bonggol Pisang Selain Pisang Susu
    Bagi Anda yang mengalami rambut rontok karena sakit kepala misalnya, atau juga pada wanita yang menyusui seharian dapat menggunakan bonggol pisang. Semua bonggol pisang dapat digunakan kecuali jenis pisang susu. Cara membuat obat rambut rontok dari bonggol pisang seperti ini… bonggol pisang tersebut diparut atau dirajang cincang hingga lembut. Cairan yang terdapat dalam bonggol pisang itu diperas dengan menggunakan kain. Embunkanlah semalaman.
  4. Dua Ons Akar Rami
    Terdapat ramuan alami lainnya juga, yaitu dengan 2 ons akar rami yang ditumbuk halus. Usahakan jangan sampai cairan yang terkandung dalam akar rami terbuang. Masukan dalam botol hasil tumbukan itu. Kemudian tambahkanlah setengah liter brandewijn Barcelona dan biarkan cairan ini dibawah sianar matahari selama 14 hari. Ramuan ini dapat digosokan kulit kepala Anda untuk mencegah kerontokan.
  5. Daun Mangko
    Tanaman alami yang dapat Anda jadikan obat rambut rontok lainnya adalah daun mangko. Remaslah daun mangko dan gosok langsung ke kulit kepala. Obat rambut rontok alami ini baunya tidak enak.
  6. Daun Seledri
    Tanaman terakhir yang mungkin banyak orang tahu adalah dengan menggunakan daun seledri. Caranya adalah daun seledri dihaluskan, bisa menggunakan blender. Setelah halus bisa diusapkan ke rambut selama 15-20 menit secara merata. Diamkan rambut selama satu jam lalu bilaslah.

Eniwei, semua pengobatan bertujuan untuk menyembuhkan atau mengurangi sakit yang diderita. Tidak selalu obat yang disediakan di apotek atau klinik estetika yang saat ini sedang menjamur. Mungkin di antara Anda banyak yang sering mendapatangi klinik estetika untuk perawatan wajah dan rambut. Cobalah beralih ke cara cara alami mengatasi rambut rontok.

Pengobatan seperti terapi bekam dan yang lain-lain juga merupakan salah satu bentuk dari pengobatan. Khusus untuk cara mengatasi rambut rontok secara alami seperti yang telah saya jelaskan di atas, pengobatan tersebut merupakan pengobatan yang telah diwariskan sejak jaman dulu.

Karena itu mungkin ada di antara Anda yang agak asing dengan tanaman diatas. Walau rambut rontok bukan penyakit yang mematikan secara fisik seperti halnya penyakit kanker, ia lebih secara psikis memberi dampak yang dapat mempengaruhi performa seseorang.

Rasa gelisah, galau dan terkadang sampai tidak bisa tidur dan menjadi mimpi buruk jelas dapat mengganggu aktivitas Anda. Well, Anda harus coba obat untuk rambut rontok alami di atas segera. Obat rambut rontok alami yang saya sharing ini merupakan pengobatan alami yang sudah ada sejak lama.

Pastikan bahwa kulit Anda tidak sensitif dan alergi terhadap salah satu bahan di atas sehingga obat rambut rontok alami tersebut dapat bekerja dengan efektif.

(sumber gambar artikel tips mengatasi rambut rontok & cara mengobati rambut rontok : www.crafthubs.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

5 Pilihan Obat Herbal Kolesterol

5 Pilihan Obat Herbal Kolesterol

Sudah pernah cek kadar kolesterol Anda? Belum pernah karena bobot tubuh Anda ringan? Jangan tertipu! …

6 Obat Rambut Rontok Alami yang Terbukti Khasiatnya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Obat Rambut Rontok Alami yang Terbukti Khasiatnya