Home » Obat Kimia » Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Sebenarnya panas dalam bukan merupakan suatu penyakit. Panas dalam adalah keadaan dimana tubuh mengalami panas atau demam.

Obat panas dalam pun sebenarnya tidak ada yang ditujukan khusus untuk mengobati panas dalam.

Tapi lebih mengarahkan untuk meredakan panas dalam. Dalam dunia medis juga tidak dikenal adanya panas dalam. Dr. T Bahdar Johan, Sp.PD, dokter penyakit dalam RS. Internasional Bintaro juga menyatakan bahwa istilah panas dalam ini menjadi salah kaprah.

Tetapi karena istilah panas dalam sudah melekat dalam masyarakat, mau tidak mau produsen obat panas dalam pun bermunculan. Lalu apa itu panas dalam?

Panas dalam terjadi akibat tidak seimbangnya panas dalam tubuh terutama pada sistem pencernaan. Hal ini biasanya diakibatkan oleh asumsi makanan yang kurang sehat secara berlebihan. Makanan tersebut antara lain gorengan, daging, cabai, dan lainnya.

Kondisi yang menunjukkan gejala panas dalam adalah rasa panas dalam tubuh, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, perut tidak enak, nyeri tenggorokan yang seringkali mengakibatkan munculnya sariawan pada mukosa mulut serta bibir pecah-pecah.

Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena kekurangan vitamin C dalam tubuh, kekurangan cairan, kekurangan serat dan penderita terlalu banyak mengkonsumsi makanan panas yang berlemak seperti gorengan. Faktor cuaca yang tidak menentu juga mendorong seseorang terkena panas dalam.


Sariawan merupakan salah satu gejala yang timbul akibat panas dalam. Sariawan yang muncul seringkali menggangu aktivitas Anda. Saat sariawan Anda akan merasa kesulitan membuka mulut karena sakitnya. Anda menjadi kesulitan mengunyah makanan, kesusahan bicara dan tidak bisa bebas tertawa. Menyebalkan bukan?

Kemudian tentang obat untuk panas dalam, sebenarnya Anda dapat menemukan dimana saja. Di apotik, di warung atau di minimarket yang ada di sekitar rumah Anda kebanyakan menyediakan obat panas dalam. Tetapi sebentar… kok istilah obat panas dalam kurang tepat ya?

Apa mungkin masyarakat Indonesia mengartikan semua pereda dan penyembuh sakit seseorang dengan obat? Bisa jadi… bahkan awalnya, banyak orang yang melakukan pengobatan panas dalam dengan obat panas dalam alami, yaitu dengan kecap dan jeruk nipis yang dioleskan di sariawan. Begitu dioleskan rasa sakitnya luar biasa. Itu juga disebut obat panas dalam.

Selain itu, ada juga yang menggunakan obat biru-biru. Pernahkah Anda menggunakan obat biru-biru? Keluarga teman saya biasanya pakai obat biru-biru, Namun karena mulut jadi biru semua, mereka tidak menggunakannya lagi. Malu juga ketika bertemu dengan orang lain mungkin, ha..ha..ha.. Itu juga mereka sebut obat panas dalam.

Kecuali yang satu ini. Beberapa waktu yang lalu, ada satu obat yang mulai dijual untuk mengatasi sariawan. Obat itu adalah Albothyl Concentrate. Obat produksi PT. Pharos ini tidak membuat rasa perih ketika dioleskan. Dan juga tidak berwarna…  Dan albothyl tersebut bisa bisa menutup luka dengan cepat.

Caranya cukup mudah yaitu berkumur dengan larutan Albothyl yang sudah diencerkan. Lalu dengan menggunakan cotton bud, oleskan pada sariawan dan tekan selama 30 detik sampai benar-benar meresap. Pada tiap 1 gram Albothyl Concentrate mengandung 260 mg policresulen atau berkadar 36%. Kandungan ini dapat mengkoagulasi protein secara spesifik dalam jaringan yang terluka tanpa memberikan efek negatif pada jaringan sehat disekitarnya.

Nah… ini baru disebut obat. Namun, albothyl ini hanya mengobati sariawan saja. Sementara pada panas dalam, gejalanya tidak hanya sariawan saja. Karena itu PBF pun memberikan semacam suplemen untuk meredakan panas dalam. Yup, inilah yang saya maksud. Suplemen… bukan obat ya. Karena dalam setiap kemasannya, tidak ada petunjuk bahwa itu adalah obat. Coba Anda cek sendiri kalau tidak percaya.

Nah, cara mengatasi panas dalam dengan suplemen apa saja yang harus Anda minum? Saya rasa Anda bisa menebaknya… Larutan penyegar cap kaki tiga, larutan penyegar cap badak, adem sari, segar dingin adalah sederetan larutan pereda panas dalam yang cukup populer di masyarakat. Apa kandungannya? Semuanya hampir sama. So, saya ambil contoh satu suplemen saja ya… Adem Sari.

Dalam kemasannya, obat alami untuk panas dalam Adem Sari memaparkan bahwa Adem Sari merupakan suplemen makanan yang mengandung vitamin C dengan komposisi ekstrak citrus aurantifolia, alyxia stellata ret cortex, cinamommum burmanni BI cortex, vitamin C,  aspartam, sukrosa dan bahan-bahan lainnya.

Aturan pemakaian Adem Sari ini yaitu orang dewasa 1 bungkus yang dikonsumsi 2-3 kali sehari dan anak-anak ½ bungkus yang dikonsumsi 2-3 kali sehari. Cara membuat minuman ini jug asederhana. Anda tinggal menyiapkan air putih sebanyak 200 ml lalu sedikit demi sedikit masukan Adem Sari. Aduklah kurang lebih 18 kali dan minum segera sampai habis. Lebih enak rasanya kalau larutan ini Anda campur dengan air dingin.

Oh iya… suplemen ini mengandung fenilalanin yang tinggi. Karena itu bagi penderita phenylketonuria dan wanita hamil dengan kadar fenilalanin tinggi dilarang mengkonsumsi Adem Sari. Satu lagi… pada umumnya, panas dalam seringkali disertai dengan demam, walaupun terkadang hanya berupa sakit tenggorokan dan sariawan saja. Jika Anda mengalami panas dalam sekaligus demam, tentu Anda harus mengkonsumsi obat yang berbeda.

Obat penurun demam ada banyak dan biasanya di jual di Apotik. Dengan harga yang bervariasi, obat ini tersedia dalam bentuk sirup maupun tablet. Untuk anak-anak biasanya dalam bentuk sirup dengan rasa yang disukai anak-anak seperti jeruk atau strawberry. Saya kasih contoh macam-macam obat penurun panas ini ya… Ada parasetamol, ibuprofen, aspirin dan lain sebagainya.

Di antara ketiganya, mungkin parasetamol yang cukup Anda kenal. Obat analgesik (penahan rasa sakit) dan atipiretik (menurunkan demam) ini populer untuk meredakan sakit kepala dan demam. Obat ini paling diresepkan oleh dokter ketika Anda sakit demam ataupun flu.

Berbeda dengan obat analgesik lainnya seperti aspirin dan ibuprofen, parasetamol tidak memiliki sifat antiradang. Jadi parasetamol tidak termasuk dalam golongan obat Non Steroidal Anti-inflammatory Drugs. Dalam dosis normal obat ini tidak melukai lapisan perut atau memberi efek buruk pada ginjal, darah serta janin.

Hmmm… saya rasa cukup penjelasan saya mengenai obat panas dalam. Jadi sekali lagi ingat… panas dalam bukan penyakit. Dan obat panas dalam sebenarnya tidak ada. Yang ada adalah suplemen, okay? Monggo, silahkan Anda pilih mana suplemen untuk mengatasi panas dalam yang paling cocok untuk Anda.

(sumber gambar artikel cara mengobati panas dalam dan obat alami panas dalam : klinikpengobatanalami.wordpress.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

5 Jenis Obat Asam Lambung yang Patut Anda Ketahui

5 Jenis Obat Asam Lambung yang Patut Anda Ketahui

Akhir-akhir ini tidak sedikit orang yang sering terkena penyakit lambung. Mungkin Anda salah satunya? Jika …

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam