Home » Obat Kimia » Obat Maag Kronis? Pakai Promag Double Action !!

Obat Maag Kronis? Pakai Promag Double Action !!

Obat Maag Kronis? Pakai Promag Double Action !!

Maag kronis memang menganggu, apalagi jika Anda sedang beraktivitas di hari-hari yang sibuk. Memang mudah ketika orang bilang lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Tapi saat Anda sedang sibuk dan stress tinggi, jam makan Anda bisa terlewatkan begitu saja. Saat itulah Anda membutuhkan obat maag kronis, karena sudah tidak ada lagi kata-kata “pencegahan”, ha..ha..ha..

Maag kronis terjadi karena adanya peningkatan produksi asam lambung dalam saluran pencernaan. Lambung merupakan organ tubuh vital dalam sistem pencernaan makanan.

Jika asam lambung ini meningkat maka proses pencernaan tidak dapat berjalan baik. Selain karena terlambat makan, maag juga dapat terjadi akibat konsumsi makanan yang kurang baik.

Makanan yang mengandung asam tinggi dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga menimbulkan maag. Penyakit ini jika dibiarkan dan terus menerus terjadi maka akan sangat berbahaya.

Dan maag kronis juga timbul akibat maag “biasa” yang “didiamkan” begitu saja. Anda juga tidak boleh menyepelekan penyakit maag “biasa” ya. Dan lagi, sekalipun maag kronis tidak terlihat sebagai penyakit yang berbahaya, “ia” bisa mengakibatkan kematian lho… Ngeri !!

Eniwei, perlu Anda ketahui bahwa proses pemulihan penyakit maag kronis harus melalui pengawasan dari dokter. Obat sakit maag kronis yang Anda konsumsi sebaiknya dibawah pengawasan dokter agar penyakit Anda dapat sembuh tanpa efek samping yang berlebihan.


Pada beberapa kasus saat maag, rasa nyeri yang dirasakan ketika kambuh tidak hanya dirasakan di ulu hati. Ada pula yang sampai muntah-muntah dan mencret. Hal ini mengindikasikan sakit maag yang Anda derita sudah termasuk dalam maag kronis.

Ketika keadaan makin memburuk, feses penerita sakit maag kronis akan berwarna hitam seperti aspal. Penderita yang sudah pada tahap ini harus melakukan treatment yang lebih spesial lagi. Penderita akan dianjurkan untuk makan makanan yang telah dihaluskan dan memperbanyak minum jus buah.

Hal ini bertujuan agar makanan yang masuk ke dalam lambung sudah mencapai kehalusan yang cukup sehingga lambung tidak perlu bekerja ekstra. Selain itu, makanan yang dihaluskan atau minuman jus buah adalah makanan yang sudah berbentuk sari makanan, jadi lebih cepat terserap oleh tubuh.

Untuk pengobatannya, Anda bisa “tengok” obat penyakit maag kronis yang macam jenisnya sudah banyak beredar di pasaran. Mau tahu apa saja obat maag kronis tersebut? Ada Mylanta, Promag dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini, obat maag kronis yang akan saya review adalah “Promag Dual Action”… obat maag yang dapat Anda gunakan untuk obat maag kronis.

Di atas saya sebutkan bahwa obat untuk maag kronis Promag memiliki “Double Action”. Seperti apa “Double Action”-nya? Action yang pertama adalah reaksi yang cepat dari antasida untuk menetralisasi asam lambung. Action kedua yaitu Promag memiliki femotodine yang mengontrol dan menghentikan asam lambung sampai 12 jam.

Dalam setiap tablet Promag double action memiliki kandungan femotidine 10 mg, calcium carbonate 800 mg dan magnesium hydroxine 165 mg. Berdasarkan kamus farmokologi, Promag merupakan kobinasi antisida (calsium carbonate dan magnesium hydroxide) dan antagonis reseptor H2 (famatidine).

Promag adalah obat asam lambung (yang juga bisa Anda pakai sebagai obat maag kornis tentunya) yang mengatasi gejala-gejala kelebihan asam lambung melalui dua mekanisme kerja. Mekanisme pertama dipicu oleh kandungan antisidanya.

Magnesium hidroksida efektif dalam menetralisir dengan masa kerja yang lebih lama dibandingkan dengan kalsium karbonat. Karena itu, Promag lebih menggunakan kalsium karbonat, karena lebih cepat kerjanya dan paling potensial untuk menetralisir asam lambung.

Selain itu, obat sakit maag akut Promag juga memiliki famotidine di mana antagonis reseptor H2 yang bekerja dengan cara menghambat produksi asam lambung. Dan Promag “mulai bekerja” 2-3 jam setelah Anda konsumsi. Efektifitas akan bertahan sampai dengan 12 jam.

Setiap obat memiliki efek samping, begitu pula dengan Promag. Karena itu, obat asam lambung ini tidak boleh Anda berikan atau Anda konsumsi jika Anda atua penderita lainnya yang memiliki alergi terhadap famotidine atau penghambat reseptor H2 lainnya.

Efek samping yang bisa ditimbulkan antara lain timbulnya konsyipasi, diare, muntah, ruam kulit, dan sakit kepala. Dalam beberapa kasus, terdapat “kejadian” dimana penderita mengalami penurunan jumlah sel darah putih dan sel beku.

Obat maag kronis ini sebaiknya tidak Anda minum bersamaan dengan obat seperti Clarithomycin, Tetracycline, Ketoconazole, Propatheline, Bromide, Antikoagulan Coumarin, Theophyline, Benzodiazepines, penghambat adrenergic, Nifedipine, Acetaminopnehe, phenytoin dan Aspirin.

Berhati-hatilah bagi Anda penderita gangguan fungsi ginjal, gangguan fungsi hati serta ibu hamil dan menyusui. Bagi Anda yang termasuk dalam golongan kelompok ini, Anda diharuskan minum Promag berdasarkan petunjuk dari dokter. Obat ini juga dianjurkan untuk digunakan terus menerus selama dua minggu berturut-turut.

Satu lagi… sebaiknya Anda minum obat maag kronis ini pada saat Anda merasakan gejala maag akut. Promag harus diminum satu jam sebelum makan dan satu jam sebelum tidur. Dalam waktu 24 jam, Anda hanya diperbolehkan minum 2 tablet saja. Jangan menggunakan makanan untuk menelan obat ini. Kunyahlah dulu sebelum Anda menelannya.

Aturan pemakaian obat promag ini adalah dewasa dan anak lebih dari 12 tahun 1 tablet kunyah setiap hari. Untuk anak-anak yang berusia kurang dari 12 tahun sebaiknya meminta petunjuk dari dokter untuk penggunaannya. Jika penyakit maag kronis Anda kambuh lagi, sebaiknya Anda mengkonsumsi dahulu obat nyeri lambung, satu jam kemudian baru Anda makan.

Well, apapun obat yang Anda konsumsi, pastikan bahwa Anda membaca secara jelas aturan pakai maupun efek samping dari obat maag akut. Dengan demikian, Anda tahu seperti apa obat maag kronis tersebut dan bagaimana obat maag kronis yang Anda konsumsi bisa “bekerja” dengan maksimal. Jangan lupa, hubungi dokter bila sakit tersebut berlanjut. See you…

(sumber gambar artikel penyakit maag dan pengobatannya : ahlinyalambung.info)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

5 Jenis Obat Asam Lambung yang Patut Anda Ketahui

5 Jenis Obat Asam Lambung yang Patut Anda Ketahui

Akhir-akhir ini tidak sedikit orang yang sering terkena penyakit lambung. Mungkin Anda salah satunya? Jika …

Obat Maag Kronis? Pakai Promag Double Action !!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Maag Kronis? Pakai Promag Double Action !!