Home » Obat Kimia » Kena Luka Bakar? Gunakan 1 dari 3 Obat Luka Bakar Ini

Kena Luka Bakar? Gunakan 1 dari 3 Obat Luka Bakar Ini

Kena Luka Bakar? Gunakan 1 dari 3 Obat Luka Bakar Ini

Luka bakar biasanya terjadi karena kecelakan yang tidak terduga.

Dan berdasarkan tingkat keparahannya, luka bakar bisa Anda kategorikan sebagai luka bakar ringan hingga berat.

Obat luka bakar yang diberikan pun berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahannya. Pada kasus luka bakar dari bahan kimia misalnya, luka sebaiknya Anda cuci dengan air sebanyak-banyaknya.

Air yang Anda gunakan untuk mencuci mengandung larutan dari obat bakar antiseptik seperti Dettol atau Albothyl. Jika sudah bersih, baru Anda olesi dengan krim antiobiotik.

Untuk luka bakar yang serius, Anda juga perlu memberikan obat luka bakar secara oral. Namun jika Anda mengalami luka bakar ringan seperti terkena cipratan minyak, bersentuhan dengan knalpot atau tersiram air panas, cukup Anda olesi dengan krim oles.

So, jika memang diperlukan obat luka bakar secara oral, maka Anda dapat memberikan beberapa obat antibiotik seperti emoxilin (kalmoxilin, amoxsan), co-amoxyclay (clavamos, claneksi, clabat) ataupun ciprofloxacin (baquinor, quinox, interflox).

Jika luka bakar yang Anda terlalu parah misalnya akibat kebakaran yang sampai membakar kulit epidermis Anda, Anda harus segera pergi ke rumah sakit. Penanganan secara intensif dengan pengobatan yang lebih terjamin akan Anda dapatkan dari dokter secara langsung.


Mengapa demikian? Karena rumah sakit memiliki peralatan yang lengkap. Pada kasus kebakaran, seringkali korban sudah menghirup karbon dioksida sehingga memerlukan oksigen. Obat oles yang diberikan pun berbeda karena luka bakar yang Anda derita tidak hanya permukaan saja, tetapi bisa sampai merusak jaringan kulit.

Nah, pada artikel kali ini, saya ingin membagikan kepada Anda beberapa obat-obat krim untuk obat luka bakar. Obat ini mungkin sering Anda temukan atau bahkan ada beberapa dari Anda yang sering menggunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Obat Luka Bakar Madecassol Salep 10 G

Madecassol merupakan obat luka bakar yang berbentuk salep yang dan diproduksi oleh Corsa/Roche Nicholas/Serdex. Didalamnya terdapat kandungan titrated extr of centella asiatica (asiaticoside 40%, asiatic acid 30%, madecassic acid 30%).

Obat ini berfungsi sebagai pencegahan luka terhadap tendensi keloid pada luka bakar, luka trauma dan luka bedah. Jaringan parut yang abnormal, retraktil, dekubitus, luka mukosa dan kulit pada telinga, hidung dan tenggorokan, lesi ulkus pada lepra, sindroma prevarikosis, ulkus varikosis serta varices.

Aturan pemakaiannya, cukup Anda oleskan obat kimia ini pada luka dengan ketentuan sehari satu sampai dua kali saja. Gunakan obat luka bakar ini sampai luka sembuh. Jika timbul irirtasi pada kulit, Anda harus segera hentikan pemakaian obat ini.

Obat Luka Bakar Bioplacenton

Ada yang sudah sering dengar dengan nama obat untuk luka bakar yang satu ini? Pastinya sering ya? Obat luka bakar bioplacenton ini selain berfungsi sebagai obat luka bakar, bisa menyembuhkan ulkus kronis, luka yang lama sembuh (biasanya akibat diabetes) dan terdapat granulasi, ulkus dekubistus, eksim pioderma, impetigo, furunkolosis dan infeksi kulit lainnya.

Dalam kemasan tube berisi 15 gram jelly, obat salep luka bakar ini berisi komposisi ekstrak placenta (10%), neomycin sulfat (0,5%), dan jelly base (q.s). Extrak placenta berfungsi sebagai obat untuk regenerasi kulit. Sedangkan neomycin sulfat berperan sebagai anti biotik yang mencegah bakteri menyerang luka.

Bioplacenton merupakan produk obat luka bakar dari Kalbe Farma. Cara penggunaannya cukup mudah. Oleskan saja salep ini pada luka Anda sebanyak 4-6 kali sehari. Tidak usah tebal, cukup olesi tipis saja. Saat Anda oleskan, kulit Anda akan terasa dingin dan sejuk sehingga rasa panas dan nyeri pada luka menjadi berkurang.

Obat luka bakar melepuh ini memiliki efek samping jika penderita mengalami hipersensitif teradap neomycin sulfat dan ekstrak placenta. 

Obat Luka Bakar Minol

Berbeda dengan dua obat di atas, obat luka bakar minol berbentuk minyak. Minol di brand sebagai obat luka bakar yang berasal dari bahan-bahan tumbuhan alami. Komposisi alami ini terdiri atas curcumae domesticae rhizoma (20%), kaempferiae rhizoma (20%), oleum eucalypti (10%), benzoe sumatra (15%), persicae semen (15%) dan draconis resina (15%).

Kaempferiae rhizoma mengadung minyak atsiri dan zat pati yang berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang tegang. Oleum eucalypti juga termasuk dalam minyak atsiri (volatile oil) yang mengobati luka dikulit. Benzoe sumatra mengobati luka bakar dan luka lecet. Sedangkan persicae semen (biji buah prunus persica) dan draconis resina (daemonorop draco BI) bermanfaat sebagai anti infeksi dan mengurangi rasa sakit.

Kandungan yang alami ini menimbulkan aroma tradisional yang khas. Bagi Anda yang tidak suka bau rempah, mungkin akan tidak menyenangi obat ini. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, bau ini tidak terlalu tajam dan akan menghilang setelah beberapa menit Anda oleskan.

Dengan komposisi yang terkandung dalam minol tersebut, obat minol sangat bermanfaat untuk mengobati luka bakar, lecet, tersiram air panas, bengkak, memar dan melemaskan otot-otot kejang. Untuk penggunaannya cukup Anda oleskan pada luka bakar saja.

Oh iya… khusus bagi Anda yang luka bakarnya meninggalkan bekas, Anda dapat menggunakan obat penghilang noda bekas luka bakar seperti obat penghilang bekas luka bakar Dermatix atau Mederma. Dua obat luka bekas sakit bakar ini dapat menyamarkan bekas luka bakar, meski tidak menghilangkan sama sekali.

So, berdasarkan ulasan di atas apakah Anda sudah menetapkan mana obat luka bakar favorit Anda? Kalau sudah pesan saya, letakkan obat luka bakar ini dalam lemari obat Anda agar Anda siap siaga terhadap kemungkinan kecelakaan yang tidak terduga ya. Jangan lupa, jauhkan dari jangkauan anak-anak, khususnya balita…

(sumber gambar artikel cara mengatasi luka bakar knalpot & obat penghilang luka bakar : www.coloribus.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Sebenarnya panas dalam bukan merupakan suatu penyakit. Panas dalam adalah keadaan dimana tubuh mengalami panas …

Satu komentar

  1. minol, meski merupakan obat herbal, namun efektif mengobati luka, termasuk luka bakar..

Kena Luka Bakar? Gunakan 1 dari 3 Obat Luka Bakar Ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kena Luka Bakar? Gunakan 1 dari 3 Obat Luka Bakar Ini