Home » Obat Herbal » 5 Tanaman Obat Herbal Asma Andalan

5 Tanaman Obat Herbal Asma Andalan

5 Tanaman Obat Herbal Asma AndalanDi antara sekian banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan pernafasan adalah asma. Asma sendiri biasanya muncul karena suatu atau beberapa sebab/ kondisi.

Tak jarang dia menjadi penyakit kambuhan yang cukup mengganggu bahkan bisa berbahaya jika tidak segera mendapat pertolongan.

Di antara cara untuk mengobati asma adalah dengan konsumsi obat herbal asma yang biasanya secara menyeluruh turut membantu menjaga kesehatan saluran pernafasan.

Cara pengobatan dengan menggunakan herbal bisa dikatakan sebagai alternative pilihan bagi Anda yang memiliki asma, meskipun sudah ada obat-obatan (yang diresepkan oleh dokter) untuk para penderita asma agar mereka bisa mengontrol asma yang mereka miliki.

Asma pun hanya terjadi sesekali saja dan tentu seseorang yang menderita asma perlu mencermati faktor-faktor pendorong yang menyebabkan asma tersebut bisa kambuh.

Berikut 5 tanaman obat herbal yang dapat membantu mengatasi masalah asma yang insyaa Allah bermanfaat bagi Anda.

Tanaman Obat Herbal Asma #1 : Daun Legundi

Daun yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Tumbuhan dengan ciri panjang batang mencapai 5 meter, adanya rambut halus yang menutupi permukaan batangnya, dan memiliki bunga berwarna ungu violet ini, ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Meskipun termasuk dalam kategori tumbuhan semak, daun legundi sudah diproduksi menjadi produk herbal.


Tanaman semak ini selain berguna untuk mengobati penyakit asma (baik yang masih dalam taraf “biasa” maupun sudah kronis), juga bersifat sebagai anti alergi, anti kanker, anti jamur, anti jamur, obat batuk, dan manfaat kesehatan lainnya.

Tanaman Obat Herbal Asma #2 : Bunga Matahari

Bunga dengan mahkota berwarna terang cantik ini memiliki kandungan quercimeritrin yang berfungsi sebagai anti alergi dan anti peradangan. Pada penderita asma, alergi terhadap sesuatu bisa memicu timbulnya peradangan atau penyempitan pada sistem saluran pernafasan pada paru parunya, sehingga suplai oksigen ke paru paru menjadi berkurang.

Lalu, pada bijinya pun juga memiliki kandungan senyawa yang dapat membantu mengencerkan dahak sehingga membantu proses penyembuhan asma dan masalah kesehatan pernafasan lainnya.

Tanaman Obat Herbal Asma #3 : Buah Ceremai

Buah yang satu ini pasti sudah sering Anda dengar. Buah yang di swalayan yang biasanya dijual dalam bentuk manisan ini, ternyata memiliki manfaat kesehatan yang tidak bisa diremehkan. Pada asalnya, buah ceremai memiliki rasa asam yang mirip dengan buah belimbing wuluh yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan.

Tingginya kandungan vitamin C pada buah ceremai dipercaya dapat membantu penyembuhan penyakit asma dengan cara meningkatkan sistem imunitas tubuh, di mana sistem imunitas tubuh berguna untuk menangkal radikal bebas yang membuat penderita asma menjadi mudah kambuh.

Tanaman Obat Herbal Asma #4 : Kemukus

Ini bukan nama gunung tapi nama tanaman obat herbal asma yang berasal dari tanah Jawa dan juga hidup di India Timur. Tanaman ini biasanya tumbuh di sekitar lingkungan rumah Anda. Buah kemukus sendiri ternyata memiliki kandungan yang tak biasa dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya untuk asma. Sejak dulu bahkan, tanaman obat ini sudah menjadi resep nenek moyang untuk mengobati masalah pernafasan.

Pada tanaman ini, terdapat senyawa yang bersifat anti peradangan yang berasal dari ekstrak buahnya. Selain itu, Air rebusan dari daunnya pun juga dapat membantu mengobati asma. Bahkan tidak hanya itu manfaatnya bagi kesehatan, tumbuhan ini juga dapat membantu memperbaiki nafsu makan, meningkatkan stamina, dan menurunkan berat badan.

Tanaman Obat Herbal Asma #5 : Daun Pegagan

Tumbuhan yang satu ini terkenal memiliki banyak manfaat. Ekstraknya pun sudah dikemas dalam bentuk kapsul maupun dijadikan teh celup. Manfaatnya tetap sama seperti ketika diracik sendiri. Tanaman ini selain dapat mengobati luka (dengan cara menghentikan pendarahan dan melindungi luka dari infeksi), ternyata juga dapat mengobati penyakit saluran pernafasan, seperti asma dan bronchitis.

Bahkan, daun pegagan selain dapat untuk meningkatkan kinerja otak, juga dapat membantu mengobati campak, tekanan darah tinggi, melancarkan sirkulasi darah, menambah nafsu makan, dan banyak manfaat lainnya.

Bagi Anda yang menderita asma, selain dengan mengonsumsi salah satu jenis tanaman obat herbal asma di atas, sebaiknya juga tekun mencermati dan menghindari faktor-faktor penyebab asma Anda dapat kambuh kembali.

(sumber gambar artikel obat herbal asma : www.ariantechsolutions.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

2 Obat Herbal Jantung Koroner Berijin BPOM

2 Obat Herbal Jantung Koroner Berijin BPOM

Jangan abaikan rasa nyeri di dada tengah, sesak nafas, dan rasa sakit pada dada kiri …

5 Tanaman Obat Herbal Asma Andalan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Tanaman Obat Herbal Asma Andalan