Home » Obat Kimia » Ini Dia Obat Darah Rendah yang Anda Cari-cari

Ini Dia Obat Darah Rendah yang Anda Cari-cari

Ini Dia Obat Darah Rendah yang Anda Cari-cari

Saati ini Anda merasakan lelah dan pusing setelah beraktivitas? Jika hal ini terjadi, kemungkinan Anda terkena hipotensi. Anda butuh obat darah rendah.

So, kalau artikel-artikel yang lainnya banyak mengulas tentang hipertensi, sekarang yang saya ulas adalah hipotensi.

Dan walaupun hipotensi tidak “seberbahaya” hipertensi, tetapi saja penyakit ini tidak boleh Anda remehkan. Karena itu saya akan membahas obat darah rendah pada artikel kali ini. Tetapi seperti biasa, saya jelaskan terlebih dahulu tentang “seluk beluk” penyakit darah rendah. Anda siap? Saya mulai…

Penyakit darah rendah atau yang dalam dunia medis lebih dikenal dengan hipotensi sering dianggap remeh. Kebalikan dari hipertensi yang lebih banyak disorot banyak orang, hipotensi bisa mengakibatkan pusing dan juga jatuh pingsan secara tiba-tiba.

Hipotensi atau tekanan darah rendah merupakan penyakit dimana seseorang memiliki tekanan darah yang lebih rendah dari pada umumnya.

Secara normal manusia memiliki tekanan darah bekisar antara 120 dan 80 mmHG. Penderita tekanan darah rendah biasanya memiliki tekanan darah 90/60. Pada beberapa kasus hipotensi akut, tekanan darah bisa terjadi lebih rendah dari 90/60.

Tekanan darah dalam tubuh ini merupakan hasil kerja jantung yang memompa darah yang berisi nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Jika tekanan itu rendah, maka pompa jantung melemah dan mengakibatkan terganggunya proses peredaran nutrisi dan oksigen dalam tubuh.


Hal ini mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Selain lemas, gejala yang sering timbul adalah migrain. Bumi terasa berputar dan penglihatan terganggu serta berkunang-kunang. Sedangkan gejalanya, mata merasa mengantuk dan sering menguap adalah salah satu gejala darah rendah. Biasanya juga terdapat gejala keluarnya keringat dingin. Bahkan pada puncaknya, setelah gejala-gejala ini timbul, penderita akan jatuh pingsan.

Kalau sudah demikian, obat untuk tekanan darah rendah harus segera Anda konsumsi. Kondisi di atas terjadi karena suplai darah yang beredar dalam tubuh tidak optimal. Bagian tubuh yang paling peka dari kondisi ini adalah otak, otot dan sel saraf. Jadi bagian tubuh inilah yang paling cepat “memperlihatkan” efeknya.

Biasanya orang awam sering mencampur adukan antara obat anemia dengan obat darah rendah. Indikasi yang di alami anemia dan tekanan darah rendah memang hampir sama. Tapi penyebab dan obatnya berbeda. Anda jangan salah beli lho… repot ntar !!

Obat-obat yang beredar di pasaran seperti Sangobion, Hemobion, Livron B plex merupakan obat-obatan untuk anemia. Obat anemia adalah obat yang berfungsi sebagai obat penambah darah dan bukan obat untuk menaikan tekanan darah.

Kurang darah adalah kondisi ketika Anda kekurangan komponen sel-sel darah merah (hemoglobin) yang berfungsi untuk mengedarkan nutrisi makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi ini juga dapat menyebabkan gejala lelah, letih, lesu, lunglai dan sebagainya. Berbeda kan dengan anemia yang merupakan salah satu ciri dari kanker darah?

Nah, obat darah rendah ini tidak banyak dijual secara bebas seperti halnya obat anemia. Obat darah rendah harus berdasarkan dengan resep dokter. Seseorang yang didiagnosis terkena penyakit tekanan darah rendah akan diberikan obat-obatan yang akan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, dokter juga mungkin akan memberikan obat-obatan tertentu sebagai obat anti-inflamasi.

Beberapa obat untuk darah rendah yang biasa “diresepkan” oleh dokter antara lain Atropine, Midodrine, Heptaminol, Citicoline dan sebagainya. Obat darah rendah yang diberikan biasanya tergantung pada usia, jenis kelamin dan riwayat kesehatan Anda.

Kali ini saya akan memberikan review salah satu obat darah rendah… Heptaminol. Obat ini merupakan brand dari Corsa/Sanofi-Syntelabo. Berikut ini saya berikan penjelasan singkat tentang produk ini.

  • Komposisi :
    Heptaminol HCl
  • Indikasi :
    Kondisi kelelahan, hipotensi, shock, kolaps, hipotensi mendadak, intoksikasi (sindroma neuroleptik akibat terapi neuroleptik, defisiensi seksual.
  • Dosis :
    Untuk Astenia dan hipotensi. Dewasa : 2 tablet 3 kali/hari. Anak 20mg.kg berat anak/hari dan dibagi menjadi 3 dosis.
  • Untuk Resusitasi :
    Dewasa : 2 ampul IV sekaligus, bila perlu dapat diulang(atau secara perfusi lambat), atau IM 1-2 ampul sekaligus, dapat diulang jika perlu.
  • Untuk Neonatus :
    2 ml ke dalam tali pusat.
  • Untuk Psikiatri :
    Dewasa : 2 tablet 3 kali sehari. Anak 20mg/kg berat badan terbagi menjadi 3 dosis.
  • Pemberian Obat :
    Diberikan saat makan.
  • Kontradisksi :
    Hipertensi, hipertiroidisme. Ampul : edema serebral dan epilepsi.
  • Kemasan :
    Tablet 150 mg x 20

Heptaminol adalah obat darah rendah yang termasuk dalam kategori obat untuk jantung, pembuluh darah dan darah. itu sendiri dengan sub kategori vasokonstriktor. Obat darah rendah ini biasanya diberikan dengan cara dikombinasi dengan obat-obatan yang lainnya.

Selain obat tekanan darah rendah kimia, bagi Anda penderita darah rendah, Anda juga dapat melakukan penanganan sendiri seperti minum air putih minimal 2 liter sehari, makan almond, bangun dengan perlahan-lahan, tidur dengan bantal yang cukup tinggi, makan dalam porsi kecil tapi sering dan lain sebagainya. Cara mengatasi darah rendah alami ini cukup efektif mengatasi darah rendah Anda.

Jika penurunan tekanan darah ini disebabkan oleh melemahnya kelenjar adrenal, ekstrak akar kayu manis bisa juga Anda konsumsi. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari olahraga berat. Dan seperti biasa, sebelum Anda mencoba obat darah rendah apa pun merk-nya, penting bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Mengapa? Karena obat darah rendah yang akan Anda minum memiliki variasi yang banyak. Dan pemberiannya akan disesuaikan dengan penyebabnya. Jadi Anda dilarang keras untuk asal membeli dan asal mengkonsumsi. Well, saya rasa cukup sudah pembahasan tentang obat darah rendah ini… Selamat siang, terus lakukan pola hidup sehat dan semoga Anda terhindar dari berbagai macam penyakit…

(sumber gambar artikel obat darah rendah dan pengobatan darah rendah alami : www.lookfordiagnosis.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

5 Jenis Obat Asam Lambung yang Patut Anda Ketahui

5 Jenis Obat Asam Lambung yang Patut Anda Ketahui

Akhir-akhir ini tidak sedikit orang yang sering terkena penyakit lambung. Mungkin Anda salah satunya? Jika …

Ini Dia Obat Darah Rendah yang Anda Cari-cari


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia Obat Darah Rendah yang Anda Cari-cari