Home » Obat Kimia » Obat Cacar Air Asiklovir… Double Fungsinya !!

Obat Cacar Air Asiklovir… Double Fungsinya !!

Obat Cacar Air Asiklovir... Double Fungsinya !!

Jaman dulu, penyakit cacar air merupakan penyakit yang sangat ditakuti.

Karena belum ditemukan obat cacar air, orang yang terkena cacar air langsung diasingkan agar tidak menular.

Lebih parahnya lagi, tidak sedikit orang yang meninggal karena penyakit cacar air ini. Maklum, pengetahuan terhadap penyakit cacar air waktu itu sangat minim.

Berbeda dengan sekarang yang mana penyakit cacar air tidak lagi ditakuti karena obat cacar air sudah beredar dimana-mana.

Anda tahu apa penyebab cacar air? Penyakit cacar berasal dari virus varisela zoster yang berkembang dalam tubuh. Gejala awal cacar air adalah penderita akan merasa demam, pilek dan cepat merasa lemah.

Dan gejala seperti ini adalah gejala umum “khas” infeksi virus. Setelah beberapa hari kemudian, penderitaakan mengalami ruam kemerahan pada kulit.

Pertama kali, virus cacar air akan menyerang sekitar dada, perut atau punggung. Setelah “serangan” ini terjadi, “ia” akan merambah ke bagian tubuh yang lain yaitu anggota gerak dan wajah. Kulit yang memerah ini nantinya akan berubah menjadi lenting yang berisi cairan.


Bagi penderitanya lenting merupakan ujian. Mengapa? Karena rasanya gatal sekali dan pasti si penderita ingin sekali menggaruknya. Padahal lentingan tersebut dilarang keras digaruk !! Ketika lentingan ini pecah, bekasnya akan susah hilang dan meninggalkan bekas seperti lengkungan.

Bagi penderita cacar air yang masih anak-anak, regenerasi kulit lebih cepat sehingga ada kemungkinan tidak meninggalkan bekas. Tetapi bagi orang dewasa, tidak demikian. So, jika terkena cacar air dan Anda sudah menggunakan obat penyakit cacar air tetapi masih terasa gatal, dilarang keras untuk digaruk ya…

Gejala cacar air ini biasanya timbul selama 5 hari. Nah, dalam 5 hari ini, sebaiknya Anda tetap mandi untuk menghindari berkembangnya bakteri yang akan memperparah kondisi. Tapi yang perlu Anda perhatikan, Anda tidak boleh menggosok kulit keras-keras agar lenting air tersebut tidak pecah. Gunakanlah bedak Salicil untuk mengurangi rasa gatal.

Nah, Anda sudah tahu kan seperti apa penyakit cacar air itu? Sekarang mari kita beralih ke topik inti artikel kali ini… obat cacar air. Well, obat penyakit cacar air yang sering digunakan dan manjur adalah Asiklovir. Obat sakit cacar air Asiklovir ini berbentuk tablet dan salep. Untuk penggunaannya, Asiklovir harus berdasarkan resep dari dokter.

Obat cacar air Asiklovir termasuk ke dalam golongan obat antivirus. Obat ini untuk melawan infeksi pada kulit yang disebabkan virus. Sistem kerjanya adalah memperlambat pertumbuhan dan menghentikan penyebaran virus. Asiklovir berfungsi pada virus herpes seperti cacar air, herpes genital, heper bibis dan cacar ular. Asiklovir juga bekerja dalam tubuh untuk melawan virus seperti herpes tipe I dan II serta virus varisela zoster.

Untuk detail cara kerja obat cacar air Asiklovir ini bisa Anda lihat sebagai berikut… senyawa yang ada dalam kandungan Asiklovir masuk dalam tubuh. Setelah masuk ke dalam sel yang terinfeksi, obat cacar air ini ter-fossorilasi dan membentuk senyawa aktif asiklovir trifosfate. Saat inilah virus varisela zoster terinvasi dan melemah.

Kemudian yang harus Anda ketahui juga, pengobatan dengan obat cacar air ini dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan oleh penderitanya serta mempercepat proses pemulihan lentingan air di kulit. Asiklovir ini harus diberikan segera setelah gejala muncul untuk mempercepat proses pemulihannya.

Ingat !! Cacar air merupakan penyakit menular sehingga meskipun Anda sudah meminum obat cacar air ini, Anda harus tetap menjaga jarak dengan orang lain. Rajinlah mencuci tangan agar Anda tidak menularkan virus ini kepada orang lain. Selain itu, dengan rajin mencuci tangan akan membuat badan terhindar dari bakteri.

Untuk cara penggunaannya, mandilah seperti biasanya dan gunakan larutan “PK” ke dalam air yang Anda gunakan untuk mandi. Setelah itu, oleskan salep Asiklovir pada lenting-lenting cair 6 kali setiap hari. Dengan melakukan dua hal ini, diharapkan lenting yang ada akan lebih cepat sembuh dan mengering serta proses pemulihan regenerasi kulit juga dapat segera berjalan.

Oh iya… saat Anda membeli obat cacar air ini, Anda harus tahu bahwa Asiklovir mempunyai 3 pilihan tablet, yaitu 100 mg, 200 mg dan 400 mg. Dan sekali lagi, penggunaan Asiklovir ini harus berdasarkan petunjuk dokter. Jangan asal ya… Agar mempercepat proses pemulihan, obat cacar air ini dapat Anda kombinasikan dengan salep.

Pemberian obat cacar air pada orang dewasa bisa dari dosis terkecil hingga dosis tertinggi setiap 4 jam sekali atau diberikan 5 kali dalam satu hari. Sama halnya dengan antibiotik lainnya, Asiklovir ini harus Anda konsumsi sampai habis agar virus benar-benar mati dan tidak kambuh kembali.

Efek samping yang dihasil obat Asiklovir ini berupa reaksi akibat alergi pada orang tertentu. Untuk orang yang memiliki gangguan fungsi ginjal, efek samping yang dapat muncul adalah diare, mual, pembengkakan kedua tangan-kaki, nyeri kepala, mudah berdarah dan susah buang air kecil.

Wanita hamil dan menyusui sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum memakai obat cacar air. Menurut sebuah penelitian, sebenarnya tidak ada efek samping yang ditimbulkan pada ibu yang menyusui ketika mengkonsumsi Asiklovir. Tapi tetaplah waspada, karena belum tentu semua ibu yang hamil bisa tahan dengan obat cacar air ini.

Satu lagi… jika Anda mengkonsumsi Asiklovir ini, jangan Anda campur dengan obat-obatan yang mengandung anti inflamasi nonsteroid. Anda bisa tanyakan ke dokter untuk keterangan lebih lengkapnya. Dan obat cacar air ini akan lebih efektif jika Anda mengkonsumsinya minimal 24 -48 jam setelah terjadi ruam kemerahan pada kulit.

Eniwei, penyakit cacar air ini terjadi sekali dalam seumur hidup. Jadi jika Anda sudah menderita sakit cacar air, maka tubuh Anda akan membentuk kekebalan tersendiri sehingga Anda tidak akan terkena cacar air lagi. Walaupun demikian, virus ini dapat muncul kembali dalam bentuk herpes. Cirinya, ruam tersebut berkumpul pada satu tempat saja. Jika tumbul pada tempat-tempat yang berbeda, maka itu bukan herpes.

Well, saya rasa lengkap sudah penjelasan saya tentang obat penyakit cacar air beserta penyakitnya ini. Pesan saya, saat Anda melakukan pemeriksaan dengan dokter, Anda harus proaktif menjelaskan gejala yang dirasakan berikut riwayat kesehatan Anda. Karena dengan informasi yang akuratlah dokter dapat memberikan resep obat cacar air yang benar dan tepat.

(sumber gambar : keperawatansite.blogspot.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Sebenarnya panas dalam bukan merupakan suatu penyakit. Panas dalam adalah keadaan dimana tubuh mengalami panas …

Obat Cacar Air Asiklovir... Double Fungsinya !!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Cacar Air Asiklovir... Double Fungsinya !!