Home » Obat Kimia » 5 Jenis Obat Asam Lambung yang Patut Anda Ketahui

5 Jenis Obat Asam Lambung yang Patut Anda Ketahui

5 Jenis Obat Asam Lambung yang Patut Anda Ketahui

Akhir-akhir ini tidak sedikit orang yang sering terkena penyakit lambung. Mungkin Anda salah satunya? Jika ya, apakah Anda sudah menemukan obat asam lambung yang tepat?

Kalau belum, simak ulasan tentang asam lambung tinggi dan pengobatannya berikut ini. Lambung yang fungsinya sebagai tempat dimana sistem pencernaan bekerja rentan terkena berbagai macam jenis penyakit.

Bagaimana tidak? Manusia termasuk golongan omnivora. Makanan apa saja yang terlihat enak seringkali langsung dimakan tanpa pikir dua kali.

Bahkan ada beberapa orang yang makan benar-benar sekehendak hati mereka. Contohnya nih, makan pagi sudah berat, masih ditambah cemilan berat plus kopi sebagai coffee break. Begitu siang datang, makan berat dengan porsi jumbo jadi kebiasaan sehari-hari. Lelah karena disibukan dengan pekerjaan akhirnya “dilimpahkan” ke makan siang tersebut.

Malam? Hang out bersama dengan teman-teman dan akhirnya mampir ke restoran cepat saji. Menurut Anda bagaimana keadaan perut Anda setelah itu? Well, setiap manusia memiliki sistem pencernaan yang sangat rentan dengan gangguan jika asupan makanannya tidak benar.

Satu organ yang tidak bekerja dengan baik akan mempengaruhi fungsi organ lainnya. Jika Anda memiliki organ yang sehat dan baik tentu, akan menunjang daya tahan tubuh Anda sehingga Anda tidak rentan terserang penyakit, terutama penyakit asam lambung.

Seperti ilustrasi yang saya berikan diatas, asam lambung terjadi karena bertambahnya produksi asam lambung di saluran pencernaan. Penyakit ini terjadi selain akibat dari asupan makan yang kurang baik, juga pola makan yang tidak teratur.


Nah, jika Anda sudah terlanjur terkena penyaki asam lambung yang sudah tak tertahankan lagi, Anda bisa melakukan pengobatan dengan obat medis. Dan sebagai informasi tambahan, di setiap obat asam lambung tinggi terdapat label pada kemasan obat yang dapat menunjukan keras atau tidaknya obat tersebut.

Misalnya ada salah satu obat yang memiliki label hijau. Obat semacam ini bukan obat yang keras. Minumlah obat asam lambung tersebut saat rasa sakit menyerang lalu makan setelah satu jam mengkonsumsi obat asam lambung tersebut.

Obat asam lambung untuk penyakit asam lambung ada berbagai macam. Dalam artikel ini akan saya ulas 5 jenis obat penyakit asam lambung dengan tujuan agar Anda bisa memilih obat yang tepat untuk Anda.

  1. Antasida
    Obat ini adalah obat penurun asam lambung yang paling populer diantara obat asam lambung yang ada. Pasti Anda sering mendengarnya bukan? Anda dapat menemukan obat ini dengan mudah di apotik-apotik di sekitar tempat tinggal Anda. Pada umumnya, obat ini terdiri atas campuran magnesium trisilicate, alumunium hidroxide atau calcium carbonate. Kandungan ini berfungsi sebagai penetralisir asam lambung sehingga asam lambung dapat normal kembali. Saat mengkonsumsi obat ini, sebaiknya Anda tidak minum bersama-sama dengan obat yang lain. Hal ini bertujuan agar penyerapan obat asam lambung tidak terganggu. Oh iya… obat asam lambung antisida ini juga dapat meredakan sakit akibat tungkak juga lho…
  2. Alginat
    Obat yang satu ini dapat Anda beli di apotik dengan berbagai macam merk. Kandungan yang terdapat didalamnya biasanya sama, jadi Anda tidak perlu bingung merk mana yang akan Anda beli. Lain halnya dengan Antisida, obat asam lambung Alginat ini dikonsumsi justru setelah makan. Obat ini berfungsi untuk melapisi mulkosa serta meningkatkan pH juga menurunkan refluks. Dalam suatu penelitian meta-analis yang terkontrol secara acak, asam alginat ini terbukti yang paling efektif untuk mengobati asam lambung non-resep.
  3. Prokinetik
    Obat asam lambung jenis prokinetik ini lebih berperan untuk mempercepat proses pengosongan dalam perut. Logikanya, jika prosesnya dapat dipercepat, maka makanan dan asam lambung akan lebih cepat pula masuk ke usus halus. Hal ini akan mengurangi kesempatan asam lambung untuk naik ke atas esofagus. Tetap ada efek samping yang mungkin timbul. Jika Anda masih berusia dibawah 20 tahun, Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat ini. Walaupun obat asam lambung ini dapat dibeli secara bebas, tetapi sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk meminta resep terlebih dahulu. Contoh obat prokinetik antara lain Bethanecol dan Domperidone.
  4. Penghambat Reseptor H2
    Dikenal juga sebagai H2-resceptor antagonist (H2RA). Obat asam lambung ini mengurangi asam lambung dengan cara menghambat efek histamin. Dalam tubuh, histamin diperlukan untuk menghasilkan asam lambung. Contoh obat yang mengandung H2RA adalah Ranitidine, Famotidine, Cimetidine dan Nizatidine. Karena obat ini cukup keras, pembelian obat ini harus dengan resep dokter.
  5. Proton-pump inhibitor (PPI)
    Obat penghambat pompa proton ini berfungsi untuk mengurangi produksi asam dalam lambung Anda. Efek samping yang dapat timbul dari obat ini antara lain berupa konstipasi, pusing dan diare. Karena itu, obat ini dijual atas dasar resep dokter. Contoh obat PPI yang beredar dipasaran yaitu Esomeprazole, Omeprazole, dan Lansoprazole.

Perlu Anda ketahui, selain menggunakan obat untuk asam lambung di atas, pengobatan penyakit asam lambung atau sering dikenal dengan istilah GERD ini ada berbagai macam. Mulai dari penanganan melalui pencegahan, penggunaan obat asam lambung, hingga prosedur operasi sebagai langkah terakhir.

Dan jika obat sakit asam lambung diatas tidak berfungsi, maka jalan terakhir adalah operasi. Umumnya dilakukan fundoplication. So, daripada Anda terlanjut melakukan operasi atau terkena kanker lambung, sebagai bentuk pencegahan, lebih baik Anda harus memperhatikan asupan dan pola makan Anda.

Makanlah makanan yang bergizi secara teratur. Sebisa mungkin hidup dengan santai. Pikiran yang kacau akibat stres juga dapat menganggu hormonal Anda. Ingat… makanan enak itu hanya sekali dan cepat hilang rasanya. Tapi hidup sehat itu lebih panjang dan lebih nikmat. Jaga kesehatan lambung Anda !!

(sumber gambar artikel obat asam lambung naik, penyakit asam lambung dan obatnya : automotionstudios.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Ini Dia Penjelasan Lengkap Seputar Obat Panas Dalam

Sebenarnya panas dalam bukan merupakan suatu penyakit. Panas dalam adalah keadaan dimana tubuh mengalami panas …

5 Jenis Obat Asam Lambung yang Patut Anda Ketahui


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Jenis Obat Asam Lambung yang Patut Anda Ketahui