Home » Food Combining » Ini Dia Cara Menyusun Menu Food Combining yang Benar

Ini Dia Cara Menyusun Menu Food Combining yang Benar

Ini Dia Cara Menyusun Menu Food Combining yang Benar

Saya sudah pernah membagikan kepada Anda tentang apa itu food combining Indonesia kan?

Kalau Anda sudah membaca, pasti Anda akan tahu manfaat yang didapat dengan mengikuti pola makan sehat ala food combining tersebut.

Nah sekarang saatnya Anda “menginjak” ke tema selanjutnya. Apa tema selanjutnya? Temanya adalah, “Bagaimana menyusun menu food combining yang baik”.

Ini pasti yang Anda nanti-nantikan kan, he..he..he.. Tidak perlu bingung, ada banyak jalan menuju ke Roma. Begitu juga jalan untuk menentukan menu ini.  Ok, sebelum kita lanjutkan ke menu food combining -nya, saya mau tanya.

Anda tentu sudah paham bukan apa-apa saja yang boleh dikombinasikan dalam menu food combining ini? Atau Anda masih bingung?

Jika Anda masih bingung dengan bahasa asam basa atau bahkan kandungan yang ada dalam makanan pun tidak mudah dimengerti, jangan khawatir.

Saya akan memberikan suatu konsep sederhana untuk menyusun menu food combining yang sederhana. Pola berikut mungkin bisa menjawab pertanyaan bagi Anda yang masih bingung :


Komposisi Menu Dasar (KMS) :

  • 1 menu protein + sayuran
  • 1 menu zat pati + sayuran
  • 1 menu buah-buahan

Dari menu dasar diatas bisa juga dibuat variasi seperti dibawah ini :

  • Variasi 1 2 menu zat pati + sayuran; 1 menu buah-buahan
  • Variasi 2 2 menu buah-buahan; 1 menu zat pati + sayuran
  • Variasi 3 1 menu protein + sayuran; 2 menu buah-buahan
  • Variasi 4 2 menu pati + sayuran; 1 menu protein + sayuran

Bagaimana… mudah bukan? Jika Anda berada sudah berkeluarga, bisa saja menu pada hari tertentu yang Anda masak dibeda-bedakan, seperti masak protein saja, pati saja, atau sayuran saja. Dengan demikian seluruh keluarga dapat menyusun menu food combining sesuai dengan seleranya sendiri.

Dan bagi yang tidak menjalani food combining pun, mereka masih dapat makan seperti biasanya. Cocok kan ide ini? Nah, sekarang ada kita coba menyusun contoh menu food combining satu hari berdasarkan menu diatas. Kita ambil menu dasar saja… menu yang cukup simple.

Sarapan Pagi untuk Menu Food Combining

Bangun pagi kita akan memasuki siklus pembuangan. Jadi jangan makan makanan yang berat. Segelas air putih hangat dapat menenangkan perut kosong Anda dipagi sesaat setelah Anda bangun tidur. Jika Anda ingin lebih berwarna, Anda bisa juga menggantinya dengan air lemon atau air jeruk.

Setelah perut Anda terasa lapar benar, mungkin Anda bisa  mulai makan buah-buahan segar. Anda dapat makan empat sampai dengan enam kombinasi buah-buahan sekaligus. Tentu saja sebaiknya porsi sesuaikan dengan pencernaan Anda.

Jangan sampai kekenyangan dengan memakan buah-buahan itu. Namun, untuk melon sebaiknya tidak dicampur dengan menu food combining yang lainnya. Ketika Anda mulai lapar lagi disiang hari sebelum jam 12, Anda bisa juga memakan buah-buahan tersebut sebagai pengganti cemilan.

Agar tidak bosan, selain dimakan langsung, buah-buahan tersebut bisa juga dibuat jus, smoothy, dan lassi. Lassi yang terbuat dari buah dan yoghurt yang di jus merupakan pilihan yang paling enak bagi pemula karena dapat mengenyangkan dan pencernaan pun masih aman.

Contoh menu food combining sarapan pagi :

  • Minum air putih hangat
  • Sarapan Smoothy Lassy Mangga-Apel

Makan Siang untuk Menu Food Combining

Nah, untuk menu makanan food combining makan siang ini lebih bebas karena setelah jam 12 siang adalah saatnya pencernaan diproses. Namun ada beberapa yang perlu diperhatikan untuk makan siang ini. Seperti yang dicontohkan diatas untuk variasi-variasi dapat menggunakan seperti diatas.

Hanya saja perlu diingat bahwa tubuh Anda memerlukan asupan gizi yang sama. Walaupun menu food combining karbohidrat + sayuran menjadi menu paling aman, tetapi perlu diingat Anda juga membutuhkan protein dalam tubuh. Jadi jangan lupa selipkan protein dalam menu food combining Anda.

Contoh menu makan siang :

  • Nasi + balado terong+kangkung balacan+lalapan, atau
  • Nasi+tahu/tempe goreng+sayur asam+lalap mentah+sambal

Selingan Sore untuk Menu Food Combining

Sepulang kerja atau saat-saat Anda sedang bersantai sambil bercengkerama bersama keluarga kadang menjadi saat yang ingin Anda manfaatkan sambil mengobrol dan mengemil. Anda diperbolehkan juga kok mengemil pada sore hari. Apa cemilan sehat untuk Anda? Jus buah, sayuran, kacang-kacangan dapat menjadi menu yang divariasikan tiap harinya.

Contoh menu selingan sore :

  • Buah pisang (tidak digoreng) atau apel yang masih segar; atau
  • Setangkup telapak tangan kacang-kacangan yang disangrai (tidak digoreng, atau diolah dengan cara lain); atau
  • Susu kedelai, susu almond, atau yoghurt.

Makan Malam untuk Menu Food Combining

Untuk food combining sample menu makan malam ini sebenarnya masih sama dengan makan siang tadi. Cukup kombinasikan sesuai selera Anda. Nah, bagi Anda yang sudah makan protein pada siang hari, usahakan jangan makan makanan yang mengandung protein untuk malam hari.

Karena dengan makan protein yang terlalu banyak dapat menyebabkan lambung kelebihan asam dan bisa menderita kembung, maag dan sebagainya.

Contoh menu makan malam :

  • Nasi+Sup Sayuran Kacang Merah+Perkedel Kentang, atau
  • Bistik Daging + Salad Caesar
  • Spageti Brokoli Tumis Bumbu Cabai Rawit+Salad Sayuran Saus Perancis/Vinegraitte

Dalam menjalani food combining ini, Anda hanya perlu melakukannya 5 hari saja dalam seminggu. Sisanya Anda bebas memakan apa saja. Namun, setelah Anda merasakan khasiatnya, maka Anda pasti akan merasakan bahwa satu hari akan berlalu sia-sia tanpa menerapkan menu food combining ini, he..he..he..

(sumber gambar artikel daftar menu makanan sehat setiap hari food combining : www.cindysrecipesandwritings.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Tiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun tubuh yang sehat dengan penampilan menarik …

2 Komentar

  1. Senang sekali membaca artikel food combining ini … Terima kasih.

Ini Dia Cara yang Benar Menyusun Menu Food Combining


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia Cara yang Benar Menyusun Menu Food Combining