Home » Food Combining » 5 Hal Penting Dalam Menyusun Menu Diet Food Combining

5 Hal Penting Dalam Menyusun Menu Diet Food Combining

5 Hal Penting Dalam Menyusun Menu Diet Food Combining

Diet seringkali menjadi dilema. “Saya ingin langsing… tapi haruskah saya nggak makan?”. Atau “Saya ingin makan tapi tetap langsing.”.

Itukah suara hati Anda? Paling tidak, itu menjadi suara hati saya, ha..ha..ha…

Nah, saya punya jawabannya. Beberapa waktu yang lalu saya sudah memberikan artike tentang food combining kan? Nah, kali ini saya ingin sharing tentang menu diet food combining.

Sebelum saya membahas menu diet food combining -nya, saya ulangi sedikit hal-hal yang berhubungan dengan diet food combining ya…

Andang Gunawan, pelopor menu diet food combining lebih menitik beratkan untuk menjadi sehat namun tetap sehat. Ida Farida dan Nila Amalia juga demikian saat mereka meluncurkan buku dengan judul “Diet Sehat dan Efektif Dengan Motode Food Combining”.

Sebenarnya awal pencetus ide diet food combining adalah Dr. William Howard Hay, seorang ahli bedah di Amerika Serikat. Berawal dari berat badan Dr. Hay yang mengalami obesitas, yaitu sampai dengan 100 kg dan menderita berbagai penyakit antara lain radang ginjal, hipertensi, dan pembengkakan jantung.

Akhirnya Dr. Hay berhasil menurunkan berat badannya melalui pola makan food combining dan menginspirasi banyak orang. Karena itu, diet food combining lebih dikenal sebagai diet Dr. Hay.


Menu diet food combining sebenarnya tidak terlalu banyak berbeda, namun lebih ketat. Menjalankan diet dengan pola makan yang sehat dapat membuat tubuh langsing sekaligus bugar.

Food combining merupakan pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan yang serasi dan menyelaraskan dengan jam biologis tubuh. Makanan mengandung zat tertentu yang dapat berguna dalam tubuh kita. Atau sebaliknya, karena kelebihan dari zat yang masuk dalam tubuh justru akan merusakan fungsi organ manusia.

Dalam tubuh dikenal asam – basa, dimana harus terdapat keseimbang asam basa dalam tubuh. Karena itu kita perlu mengatur pola tubuh agar tercipta keseimbangan itu. Dalam menu diet food combining zat yang diperlukan dalam tubuh terbagi menjadi 4, yaitu : zat pati, zat protein, sayuran dan buah-buahan.

Keempat jenis makanan itu akan membentuk asam dan basa dalam tubuh kita. Anda bingung ya? Okay, dari pada Anda saya “bawa” berputar-putar ke asam basa, langsung saja ke konsep menu diet food combining

Konsepnya adalah :

Makan pagi : buah | Makan siang : protein + sayur | Makan malam : pati + sayur

 Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menu diet food combining :

  1. Menu untuk sarapan sebaiknya hanya berupa buah saja, tanpa ditambahi bahan dari pati atau sayuran. Pada resep food combining ini, buah yang Anda santap pada pagi hari sebaiknya tidak dikombinasikan dengan buah yang lain. Buah itu bisa di jus atau di potong-potong saja lalu dimakan langsung.
  2. Sebaiknya buah tidak boleh dimakan bersama-sama dengan makanan yang lain atau buah yang lain. Jika Anda ingin memakan buah sebagai hidangan penutup, maka tunggulah sampai setengah jam. Buah bisa dimakan langsung berupa potongan, tapi bisa juga membuat jus segar sebagai pilihan.
  3. Untuk zat pati dan protein bisa dimakan, tapi tidak boleh secara bersamaan. Jika siang Anda sudah makan protein, malam jangan makan protein lagi. Namun Anda masih bisa dengan kombinasi makan siang dengan zat pati dan sayuran dan malamnya juga menggunakan menu yang sama.

Perhatian… dalam tubuh kita tetap memerlukan protein. Karena itu jangan karena Anda ingin mengejar langsing, tubuh Anda tidak memperoleh asupan zat protein yang berguna. Aturannya seperti ini :

  1. Jika sedang mengkonsumsi protein, sebaiknya satu protein saja, misalnya makan ayam saja, atau daging saja. Tapi untuk zat pati, Anda bisa mengkombinasikan menu diet food combining ini menjadi dua jenis. Contohnya ketika Anda makan nasi dengan kentang, atau nasi dengan mie masih diperbolehkan.
  2. Sayuran wajib ada di setiap makan siang atau makan malam. Sayuran diperlukan untuk menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh.

Dari konsep menu diet food combining diatas dan hal-hal yang perlu diperhatikan, saya akan memberi contoh menu food combining diet yang dapat Anda gunakan dalam satu minggu :

Hari Makan Pagi Makan Siang Makan Malam
1 Buah/ Jus Segar Apel Fillet dada ayam + salas sayuran Nasi, soto tanpa ayam, bakwan jagung
2 Buah/ Jus Segar Jeruk Gado-gado, lontong, kerupuk Nasi, tumis bokcoy dan paprika, tahu goreng
3 Buah/ Jus Segar Jambu Ayam goreng, sayur bening daun katuk, sapo tahu Bubur manado, lengkap dengan tabur kerupuk
4 Buah/ Jus Segar Bengkoang Urap aneka sayuran, pepes ikan Nasi, sayur, botok tempe tahu
5 Buah/ Jus Segar Anggur Fuyunghay, capjay sayuran Nasi goreng campur sayuran
6 Buah/ Jus Segar Strawbery Siomay, kentang, tahu, sup pedas sayuran, pangsit goreng Burger tahu cina, selada bangka sayuran
7 Buah/ Jus Segar Melon Gelatin daging, dengan set up sayur, asinan jakarta Spagety tumis dengan brokoli, salad sayuran

Nggak rumit kan resep makanan food combining? Harusnya jawaban Anda “IYA”. Karena memang menu diet food combining ini sangat mudah… bahkan untuk orang awam sekalipun. Tetapi jika Anda masih bingung dengan ketentuan asam dan basa, cukup mengikuti ketentuan menu diet combining diatas.

Well, jika Anda ingin menjadi langsing, Anda jangan hanya berpatokan dengan cara food combining. Yang paling utama adalah motivasi diet dalam diri Anda… sebesar apa niat dan disiplin Anda saat menjalankan menu diet food combining tersebut. Anda harus bisa selalu berpikiran positif. Hidup lebih mudah jika dilihat dengan cara yang mudah. Happy day all…

(sumber gambar artikel menu food combining : www.dreamstime.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Yuk, Mari Kita Praktekkan Resep Food Combining

Yuk, Mari Kita Praktekkan Resep Food Combining

Apakah beberapa diantara Anda ada yang pernah mengeluh karena tidak bisa menikmati makanan yang disediakan …

Satu komentar

  1. hai mba salam kenal, saya pipit. bolehkah bertanya ?
    saya baru mau ikutan food combining, dan kayaknya resepnya mba ismi gak ribet.

    tapi ada 1 hal yang masih ganjel neh. punten yaa..
    1. kalau saya kan suka laper lagi ya jam 9 – 10 an. nah bisa kah nyemilnya oat atau oat fruit parfait gitu ?
    2. sarapan itu bolehkah pake oat ? atau roti gandum topping pisang
    3. pemakaian gula itu di perbolehkan gak di FC ? mengingat semua makanan indonesia semuaya pake gula untuk afdolin rasa.
    4. nah menu2nya mba ismiy kan gmpang2 banget tuh, dan selalu saya temuin di kantor kantin. emang gak apa ya kalo di FC makan ayam goreng atau ayam pop (MInyak Goreng dan Santan)

    please advice mba,,

    maaf yaa merepotkan.

5 Hal Penting Dalam Menyusun Menu Diet Food Combining


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Hal Penting Dalam Menyusun Menu Diet Food Combining