Home » Makanan Sehat » Makanan Sehat Untuk Jantung Sehat Anda

Makanan Sehat Untuk Jantung Sehat Anda

Makanan Sehat Untuk Jantung Sehat Anda

Penyakit jantung sampai sekarang masih menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Hal ini terjadi karena kebiasaan hidup yang tak sehat. Dan peran terbesarnya adalah konsumsi makanan yang tidak sehat.

Kebiasaan hidup di daerah perkotaan yang dituntut serba cepat dan praktis membuat banyak orang pada akhirnya dengan “terpaksa” mengikuti trek hidup yang tidak sehat. Polusi udara di ada mana-mana.

Bahkan air tanah mungkin pada beberapa titik di Indonesia sudah mulai tercemar oleh bakteri yang jika Anda konsumsi terus menerus dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan.

Belum lagi seperti yang saya katakan di depan, masalah makanan yang tidak sehat bagi jantung. Dan yang satu ini, paling sulit untuk mereka “lepaskan” dari kehidupan sehari-hari.

Lalu bagaimana cara mencegah penyakit jantung tersebut? Pertama, Anda harus mengetahui apa saja makanan sehat untuk jantung. Kedua, Anda harus mempraktekkanya. Percuma Anda tahu makanan sehat untuk jantung tetapi kemudian Anda makan makanan yang buruk, benar kan?

Nah, sebelum saya jelaskan apa itu makanan untuk jantung sehat, saya akan terangkan dulu permasalahan seputar penyakit jantung.


Masalah makanan memang menjadi salah satu faktor penentu terbesar penyakit jantung setelah faktor genetic atau keturunan. Makanan yang tidak sehat adalah makanan yang terlalu banyak mengandung garam (sodium), kolesterol, lemak, kalori dan gula.

Makanan-makanan tersebut dapat membuat pembuluh darah mengalami penyempitan, terutama pembuluh darah arteri. Apalagi makanan tadi adalah makanan yang menyumbang bagian terbesar dalam membuat bobot seseorang naik. Dan kelebihan berat badan adalah salah satu faktor yang menyebabkan penyakit jantung.

Nah, cara mencegah penyakit jantung sangat sederhana. Anda hanya “diminta” untuk mengurangi makanan cepat saji yang rata-rata mengandung kolesterol, sodium, gula dan lemak. Ada banyak makanan untuk jantung sehat yang dapat menjadi pilihan untuk Anda.

Tenang saja, semuanya enak kok !! Anda pasti berpikiran kalau makanan sehat untuk jantung itu bisa membuat selera makan Anda berkurang drastis kan? Ini hanya masalah kebiasaan saja. Begitu Anda terbiasa makan makanan sehat untuk jantung, Anda akan “alergi” dengan makanan-makanan yang tidak sehat.

  • Makanan Sehat Untuk Jantung #1 : Kacang-kacangan
    Kacang adalah salah satu sumber terbaik penghasil protein dan tentu aman untuk jantung. Kacang mengandung lemak tak jenuh yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat yang mengganggu fungsi jantung dan meningkatkan kolesterol baik yang baik untuk kesehatan jantung. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin setiap harinya, dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung sampai 22% dibandingkan dengan orang orang yang jarang mengonsumsinya. Cara mengonsumsinya pun mudah. Anda dapat menjadikan makanan sehat jantung yang satu ini sebagai cemilan, mencampurkannya dalam salad, cookies, kue, cokelat maupun Anda masak.
  • Makanan Sehat Untuk Jantung #2 : Dark Chocolate
    Kakao sebagai penghasil utama cokelat hitam ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Sebut saja flavonoid yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Polifenol juga berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi peradangan dan resiko aterosklerosis. Magnesium juga merupakan mineral yang penting untuk menjaga fungsi jantung agar tetap normal dan sehat. Saat memilih cokelat yang dapat membantu Anda mengurangi resiko terkena penyakit jantung, Anda harus memilih coklat yang mengandung kakao paling tidak sebanyak 70%. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung ini saat makan pagi dan makan malam.
  • Makanan Sehat Untuk Jantung #3 : Oatmeal
    Oatmeal adalah salah satu makanan olahan dari biji gandum utuh. Selain kaya serat (yang baik untuk teman diet Anda), oatmeal ternyata juga baik untuk kesehatan jantung Anda. Serat oatmeal ternyata dapat menyerap kolesterol jahat dalam darah yang menjadi penyebab utama penyakit jantung. Selain itu makanan yang disebut sebut sebagai super food ini juga kaya akan asam folat, kalium dan asam lemak omega 3. Maka dari itu, jadikan oatmeal sebagai menu makanan sehat untuk jantung Anda.
  • Makanan Sehat Untuk Jantung #4 : Ikan salmon, Tuna, dan Sarden
    Ketiga jenis ikan laut tersebut ternyata baik untuk menjaga kesehatan jantung. Anda rutin mengonsumsi paling tidak 2 porsi setiap pekannya, kemungkinan resiko terkena serangan jantung akan terkurangi sampai sepertiganya. Ikan ikan tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang sangat kaya yang bekerja secara efektif dalam menurunkan tekanan darah. Kandungan karotenoid juga dapat berfungsi sebagai antioksidan. Pilihlah ikan yang bebas dengan zat kimia berbahaya untuk mendukung program jantung sehat Anda.

Itu tadi beberapa makanan sehat untuk jantung yang dapat Anda konsumsi. Nasehat saya, kurangi makanan cepat saji yang dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung. Kontrol berat badan Anda agar tidak sampai mengalami obesitas. Jaga jantung Anda !!

(sumber gambar artikel makanan untuk kesehatan jantung : www.flickr.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Tiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun tubuh yang sehat dengan penampilan menarik …

Satu komentar

  1. yang paling bagus menurut saya yaitu ikan tuna ataupun salmon, karena selain gizinya tinggi juga mudah didapatkan

Makanan Sehat Untuk Jantung Sehat Anda


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makanan Sehat Untuk Jantung Sehat Anda