Home » Ibu dan Anak » Makanan Sehat Untuk Bayi 9 Bulan

Makanan Sehat Untuk Bayi 9 Bulan

Makanan Sehat Untuk Bayi 9 Bulan

Bayi usia 9 bulan biasanya sedang belajar untuk merangkak. Dia juga sedang belajar untuk bermain sendiri dan mulai sedikit demi sedikit belajar berkomunikasi.

Maka Anda sudah butuh makanan sehat untuk bayi 9 bulan. Mengapa demikian? Karena makanan sehat untuk bayi 9 bulan akan memberikan nutrisi yang baik yang bisa membuat membuat otak dan tubuh balita tersebut sehat.

Dengan demikian, ia bisa melakukan banyak “keterampilan baru” yang bisa membuat Anda selalu tersenyum penuh makna. Salah satu “ketrampilan baru” bayi di usia ini adalah memegang makanannya sendiri.

Saat itulah ia belajar mengkoordinasikan tangan dan matanya. Dan “prosesi” pegang makanannya sendiri tersebut akan membantu pengembangan saraf motorik halusnya. Sekarang sudah kebayang kan betapa pentingnya makanan sehat untuk bayi 9 bulan?

Nah, ada beberapa kriteria makanan sehat untuk bayi 9 bulan yang harus Anda ketahui. Karena bayi pada usia ini rawan mengalami tersedak saat makan. Jadi sebaiknya Anda harus memastikan bahwa makanan yang dia makan sudah dalam tekstur yang lembut dan halus sehingga mudah untuk dia telan.

Selain itu, Anda juga perlu mencari makanan-makanan yang dapat lumer di mulutnya tanpa dia harus mengunyahnya sendiri. Eniwei, pada usia ini, kebutuhan ASI dan susu formula sudah tidak sebanyak sebelumnya karena kebutuhan akan nutrisi lainnya sudah dicukupi oleh makanan padat yang Anda berikan padanya.

Namun demikian, bayi Anda tetap butuh susu, setidaknya antara 4 sampai 6 ons per harinya untuk 4 kali susuan. Waktu yang tepat untuk menyusui adalah pada waktu makan dan sebelum dia tidur. Kemudian makanan sehat untuk bayi 9 bulan yang lainnya adalah buah dan sayuran. Ini semua untuk membuat bayi Anda tumbuh gemuk sehat.


Untuk langkah pertama, sebaiknya ada mengenalkan satu varian dulu. Hal ini harus Anda lakukan untuk agar Anda bisa mengetahui apakah dia mengalami alergi dengan jenis makanan tertentu ataukah tidak.

Anda pun nantinya juga harus melihat bagaimana respon bayi Anda terhadap makan tertentu, baik karena rasa maupun teksturnya. Bisa jadi ia akan menolak beberapa makanan. Bersabarlah karenanya.

Saat Anda menyuapkannya, pastikan bahwa makanan tersebut sudah lunak sehingga mudah untuk dia telan. Ketika Anda sudah mengetahui bahwa dia tidak alergi dengan makanan tertentu, barulah Anda dapat mencampurkannya satu sama lain.

Bagaimana dengan jus? Bayi tidak membutuhkan jus, apalagi jika sudah Anda tambahkan dengan gula. Namun jika Anda ingin memberinya, berilah sedikit saja dan tuangkan pada cangkir karena ini akan membantu proses penyapihannya kelak.

Kemudian bagaimana dengan takaran makanan untuk bayi 9 bulan tersebut? Anda dapat memberikan sampai 5 porsi buah dan sayuran di setiap harinya. Namun Anda perlu untuk membatasi porsinya. Bayi memiliki ukuran perut yang kecil.

Dan Anda harus paham bahwa bayi Anda belum bisa mengatakan kepada Anda bahwa ia sudah kenyang. Karena itu Anda, perlu jeli dalam menyiapkan porsi makan untuknya. Karena kebiasaan makan banyak pada waktu bayi ternyata dapat mempengaruhi porsi makannya kelak ketika dia sudah dewasa.

Untuk memudahkan Anda membuat varian menu makanan untuk si kecil, Anda dapat mencoba resep makanan bayi 9 bulan dengan menggunakan “metode pelangi”. Bagaimana itu? Anda dapat mengelompokkan makanan berdasarkan warnanya. Seperti untuk warna hijau untuk daun bayam dan brokoli, warna merah untuk tomat, warna kuning untuk pisang dan wortel dan seterusnya.

Bayi Anda juga butuh protein yang berasal dari daging, unggas, kacang, telur dan olahan susu. Pilih yang memiliki kandungan protein tinggi, kalsium, zat besi dan vitamin B untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam sehari, bayi Anda membutuhkan protein sampai 11 gram.

Makanan bayi 9 bulan selanjutnya adalah Anda juga dapat memberinya makanan yang menjadi sumber karbohidrat, seperti beras, roti dan sereal. Pilihkan yang mudah dicerna atau yang sudah Anda masak sedemikian rupa agar mudah dia telan.

Bayi pun juga butuh lemak lho… Namun jangan salah sangka dulu !! Lemak di sini adalah lemak sehat yang biasanya sudah terdapat pada ASI dan susu formula. Lemak sehat lainnya juga dapat Anda peroleh dari ikan, keju, yoghurt, unggas dan daging.

Itulah beberapa makanan sehat untuk bayi 9 bulan. Saran saya, bermainlah variasi menu agar bayi Anda jadi tidak cepat bosan dan sekali lagi, pastikan teksturnya lembut dan halus. Ingatlah selalu bahwa ia tidak tahu apa yang harus ia perbuat ketika makanannya sulit untuk ditelan.

(sumber gambar artikel resep makanan bayi sehat : baronandcrow.blogspot.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Anjuran Bagi Anda yang Mengalami Obesitas : "Diet dengan Oatmeal"

Anjuran Bagi Anda yang Mengalami Obesitas : “Diet dengan Oatmeal”

  Sudah baca artikel saya tentang diet dengan oatmeal yang pertama? Gara-gara tulisan cara diet …

Makanan Sehat Untuk Bayi 9 Bulan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makanan Sehat Untuk Bayi 9 Bulan