Home » Ibu dan Anak » 9 Makanan Sehat Ibu Menyusui yang Harus Anda Konsumsi

9 Makanan Sehat Ibu Menyusui yang Harus Anda Konsumsi

9 Makanan Sehat Ibu Menyusui yang Harus Anda Konsumsi

Pasca melahirkan, seorang ibu butuh asupan gizi yang cukup untuk membantu proses pemulihan tubuhnya.

Selain itu, sang ibu juga perlu untuk mengonsumsi makanan sehat ibu menyusui yang nantinya akan membantu memperlancar ASI untuk si bayi mungil.

Asupan makanan ibu menyusui ibarat diperuntukkan untuk dua manusia. Tentunya makanan yang kaya akan gizi sangat diperlukan pada masa ini.

Eniwei, aktivitas menyusui adalah bagian dari proses alami seorang wanita setelah melahirkan.

Aktivitas ini selain untuk mencukupi kebutuhan gizi sang bayi, juga untuk menjaga kesehatan tubuh si ibu.

Air susu yang tertahan dapat menyebabkan penyakit. Rajin menyusui si kecil juga akan membantu ibu untuk menurunkan berat badannya, selain juga dapat mempererat ikatan emosi antara ibu dan bayi.

Ada beberapa makanan sehat ibu menyusui yang bisa Anda konsumsi. Di antaranya adalah :


  1. Ikan salmon.
    Ikan salmon adalah sumber DHA yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Selain itu, ikan salom juga dapat menjadi sumber energi bagi sang ibu pasca kelahiran. Kandungan DHA padanya juga bermanfaat untuk membantu perbaikan suasana hati sang ibu agar terhindari dari depresi dan stres pasca melahirkan.
  2. Susu rendah lemak.
    Susu untuk ibu menyusui memiliki kandungan vitamin D untuk menguatkan tulang. Selain itu, susu juga sumber protein, vitamin B dan kalsium terbaik. Susu yang mengandung banyak kalsium dapat membantu perkembangan tulang bayi dan juga untuk menjaga kondisi tulang Anda agar tidak keropos. Anda dapat mengonsumsi nutrisi ibu menyusui ini sebanyak 3 gelas per hari.
  3. Daging sapi tanpa lemak.
    Daging sapi kaya dengan kandungan zat besi. Kekurangan zat besi bagi ibu dapat menyebabnya mudah letih. Daging ini pun merupakan salah satu sumber terbaik bagi protein dan vitamin B-12 yang sangat diperlukan oleh sang ibu.
  4. Telur.
    Telur adalah makanan ibu menyusui yang berfungsi sebagai sumber protein yang paling mudah Anda peroleh. Telur ternyata juga memiliki kandungan DHA yang dapat membantu meningkatkan asam lemak esensial pada ASI Anda.
  5. Roti gandum.
    Roti gandum adalah sumber asam folat, serat dan zat besi bagi Anda. Asam folat adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan bayi Anda untuk menjaga kesehatannya dan juga untuk kesehatan Anda sendiri.
  6. Air.
    Yups, air mineral berguna untuk menambah supplai ASI Anda. Selain itu, mengkonsumsi air sampai 8 gelas per harinya dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi.
  7. Buah jeruk.
    Kandungan vitamin C pada jeruk sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui dibandingkan ibu hamil. Jadi penuhi lemari es Anda dengan jeruk secukupnya, he..he..he..
  8. Sayuran berdaun hijau.
    Sayuran berdaun hijau cukup beragam. Beberapa diantaranya adalah daun bayam dan brokoli. Keduanya kaya dengan vitamin A yang baik bagi Anda dan sang bayi. Selain itu, keduanya mengandungan vitamin C dan zat besi. Sayuran berdaun hijau juga baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda karena “mereka” kaya akan anti oksidan dan rendah kalori.
  9. Sereal Oatmel.
    Makanan ibu menyusui agar bayi gemuk yang terakhir adalah sereal oatmeal. Sereal otmeal adalah salah satu sumber energi terbaik untuk ibu di pagi hari. Sereal kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat kompleks, serat dan mineral lainnya. Anda dapat mencampurkan sereal Anda dengan susu rendah lemak atau potongan buah segar di atasnya.

Cukup lengkap kan penjelasan makanan sehat ibu menyusui di atas? Tapi jangan Anda pelototin saja 9 makanan sehat ibu menyusui di atas. Rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan sehat ibu menyusui di atas agar Anda dan bayi Anda sehat selalu.

(sumber gambar artikel makanan untuk ibu menyusui agar bayi gemuk : pintuhebat.blogspot.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Anjuran Bagi Anda yang Mengalami Obesitas : "Diet dengan Oatmeal"

Anjuran Bagi Anda yang Mengalami Obesitas : “Diet dengan Oatmeal”

  Sudah baca artikel saya tentang diet dengan oatmeal yang pertama? Gara-gara tulisan cara diet …

9 Makanan Sehat Ibu Menyusui yang Harus Anda Konsumsi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 Makanan Sehat Ibu Menyusui yang Harus Anda Konsumsi