Home » Ibu dan Anak » 10 Makanan Sehat Ibu Hamil Muda Terpopuler

10 Makanan Sehat Ibu Hamil Muda Terpopuler

10 Makanan Sehat Ibu Hamil Muda Terpopuler

Masa-masa awal kehamilan adalah masa-masa penting. Karena di masa-masa ini janin, sedang berkembang.

Dan masa ini terkenal dengan sebutan masa “hamil muda”. Di masa ini jelas, Anda butuh makanan sehat ibu hamil muda selama masa itu.

Mengapa? Karena kekurangan nutrisi penting selama masa hamil muda dapat membahayakan kesehatan bayi.

Kekurangan beberapa nutrisi tertentu selama masa hamil muda dapat mengakibatkan masalah seperti bayi lahir cacat hingga bayi mengalami kematian.

Karena itu, sekalipun Anda di masa-masa awal kehamilan mengalami mual dan kehilangan selera makan, Anda harus berusaha untuk tetap makan setiap ada kesempatan.

Terutama makanan sehat untuk ibu hamil muda yang sangat penting bagi perkembangan janin Anda.

Apa saja sih menu makanan ibu hamil muda tersebut? Ada banyak… tapi setidaknya ada 10 makanan yg baik untuk ibu hamil muda yang populer di kalangan ibu-ibu muda :


  1. Makanan sehat ibu hamil muda #1 : daun bayam.
    Daun bayam terkenal dengan kandungan asam folatnya yang tinggi. Asam folat berguna untuk mengurangi resiko bayi terlahir cacat. Selain bayam, makanan lain yang juga memiliki kandungan asam folat adalah kacang panjang, taoge, brokoli, asparagus, daun kol, alpukat, daging ayam, kacang hijau, kacang merah, sawi hijau dan tempe.
  2. Makanan sehat ibu hamil muda #2 : keju cottage.
    Keju ini memiliki kandungan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan otot janin.
  3. Makanan sehat ibu hamil muda #3 : telur.
    Telur kaya akan kandungan protein, kalsium dan vitamin D. Semuanya baik untuk mendukung pertumbuhan tulang janin.
  4. Makanan sehat ibu hamil muda #4 : brokoli.
    Selain brokoli mengandung asam folat, brokoli juga merupakan sumber zat besi. Zat besi sendiri berguna untuk membentuk sel darah merah pada janin. Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan.
  5. Makanan sehat ibu hamil muda #5 : kacang merah.
    Kacang merah adalah sumber protein nabati yang cukup kaya. Selain itu, kacang merah berguna untuk pembentukan tulang dan energi bagi ibu hamil.
  6. Makanan sehat ibu hamil muda #6 : yoghurt.
    Yoghurt adalah salah satu sumber kalsium dan vitamin D. Keduanya berguna untuk memenuhi kebutuhan janin akal kalsium sehingga janin tidak mengambil kalsium dari tulang Anda. Catatan untuk makanan sehat buat ibu hamil muda yang satu ini, pada kehamilan kedua, ketiga, dan seterusnya, mungkin Anda mengalami banyak “penurunan”, terutama dalam masalah tulang. Ini terjadi karena selama terjadi kehamilan, Anda tidak mengkonsumsi makanan yang cukup kalsium. Padahal ketika Anda tidak makan makanan sumber kalsium, janin yang sedang butuh kalsium akan mengambilnya dari tulang Anda. Akhirnya jika hal ini terjadi terus-menerus, Anda akan mengalami pengeroposan tulang bahkan di usia muda. Karena itu, pastikan Anda mengkonsumsi makanan kaya kalsium untuk mencukupi kebutuhan janin Anda dan juga untuk menjaga tulang Anda dari pengeroposan. Tentunya Anda ingin hamil sehat bukan?
  7. Makanan sehat ibu hamil muda #7 : daging ayam.
    Daging ayam yang harus Anda pilih adalah ayam kampung. Hindari konsumsi daging ayam potong yang mengandung banyak suntikan hormonal. Daging ayam kampung kaya akan kandungan zat besi yang berguna untuk membantu pengangkutan oksigen.
  8. Makanan sehat ibu hamil muda #8 : daging sapi.
    Daging sapi juga kaya akan zat besi. Untuk konsumsi ibu hamil, sebaiknya pilih yang organik alias yang makan rumput.
  9. Makanan sehat ibu hamil muda #9 : olahan gandum.
    Gandum terkenal sebagai salah satu sumber serat yang baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Dan selama mengalami kehamilan, Anda akan sering mengalami sembelit. Ini terjadi karena makanan yang Anda konsumsi mengalami proses penyerapan makanan yang tidak maksimal. Dan ini justru baik bagi janin Anda !! Untuk mengakali terjadinya sembelit yang tidak nyaman ini, konsumsilah makanan yang baik untuk ibu hamil muda dari olahan gandum.
  10. Makanan sehat ibu hamil muda #10: buah buahan.
    Konsumsi buah-buahan yang segar dan baik. Hindari buah yang diawetkan (kalengan) karena memiliki banyak campuran zat kimia. Untuk mendapatkan informasi yang lebih baik lagi, konsultasikan dengan dokter atau bidan Anda tentang buah apa saja yang bisa Anda makan selama hamil muda. Tetapi ingat, walaupun buah adalah makanan yang sehat untuk ibu hamil muda, jangan sembarangan memilih. Sekali lagi, konsultasikan dengan dokter atau bidan Anda, okay?

Itu tadi 10 makanan sehat ibu hamil muda yang bisa Anda konsumsi. Selamat berbahagia dengan kehamilan Anda, bunda… semoga bayi Anda nantinya lahir sehat dan normal. Amiin…

(sumber gambar artikel makanan untuk ibu hamil muda : hungrynative.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Anjuran Bagi Anda yang Mengalami Obesitas : "Diet dengan Oatmeal"

Anjuran Bagi Anda yang Mengalami Obesitas : “Diet dengan Oatmeal”

  Sudah baca artikel saya tentang diet dengan oatmeal yang pertama? Gara-gara tulisan cara diet …

Satu komentar

  1. wah artikelnya bermanfaat gan.thanks sharing

10 Makanan Sehat Ibu Hamil Muda Terpopuler


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 Makanan Sehat Ibu Hamil Muda Terpopuler