Home » Diet » Makanan Diet Sehat dengan Gizi Seimbang – Cekidot !!

Makanan Diet Sehat dengan Gizi Seimbang – Cekidot !!

Makanan Diet Sehat dengan Gizi Seimbang - Cekidot !!

Sukses atau gagalnya sebuah program diet salah satunya bergantung kepada makanan yang Anda konsumsi.

Makanan diet sehat sangat berbeda dengan kebanyakan makanan yang dikonsumsi bukan dalam rangka diet sehat.

Dan kebanyakan dari mereka cenderung “serampangan” dalam menentukan menu makanan diet. Filosofinya begini… makanan yang sehat atau pola makan sehat akan menghasilkan badan yang sehat.

Begitu juga dengan makanan yang buruk akan menghasilkan badan yang mudah sakit. Namun, biarpun makanan sehat dapat mengakibatkan sehatnya tubuh, Anda tetap harus membatasi dalam mengkonsumsinya.

Begitu juga dengan diet. Anda perlu makanan diet yang sehat. Dan makanan diet sehat adalah makanan diet yang memperhatikan asupan gizi secara seimbang.

Karbohidrat cukup, protein cukup, serat cukup, vitamin serta mineral, semuanya serba dalam porsi cukup. Ingat… cukup tidak harus sedikit. Tetapi sesuai dengan yang tubuh Anda butuhkan.

Dalam program diet, asupan makanan yang akan sangat membantu Anda adalah serat. Serat akan membantu Anda cepat kenyang, selain juga akan membantu sistem pencernaan. Sayuran seperti brokoli, wortel, sawi hijau, selada, dan tomat adalah sekian dari sayuran yang mengandung banyak serat yang sangat baik bagi tubuh Anda.


Tidak hanya mengandung serat. Sayuran yang saya sebutkan di atas tadi juga mempunyai kandungan lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Contohnya brokoli.

Brokoli adalah salah satu sumber kalsium yang berasal dari sayuran. Brokoli memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Jadi Anda jangan lagi “malas” untuk memasukkan brokoli ke dalam menu makanan diet Anda.

Dan faktanya, bahan untuk membuat makanan diet sehat sangat mudah untuk Anda dapatkan di pasar-pasar tradisional. Sayuran, daging, ayam, seafood, buah… semuanya tersedia. Pilihlah yang masih dalam kondisi segar sehingga kandungan gizinya masih terjaga.

Sebentar… Anda masih bingung makanan sehat untuk diet apa saja yang harus Anda konsumsi? Well, jika Anda masih bingung menentukan makanan untuk diet sehat apa yang akan Anda konsumsi, saya akan membantu memberikan contoh makanan diet sehat yang mudah untuk Anda dapatkan :

  1. Karbohidrat
    Sumber karbohidrat sangat banyak. Namun khusus bagi Anda yang sedang berdiet, nasi putih kurang tepat jika Anda gunakan. Nasi putih memiliki kandungan serat yang sedikit, sehingga Anda perlu memakannya dalam jumlah banyak agar kenyang. Nasi merah, jagung, oatmeal dan roti gandum adalah di antara sumber karbohidrat yang dapat menjadi pilihan Anda.
  2. Serat
    Serat biasanya terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Tetapi pilihlah sayuran yang organik alias sayuran yang tidak banyak mengandung pestisida. Wortel, brokoli, sawi putih, selada, tomat, buncis dan alpukat  adalah di antaranya.
  3. Vitamin
    Vitamin akan membantu Anda memenuhi kebutuhan tubuh Anda yang lain di samping serat. Sama seperti serat, vitamin juga banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan. Jambu, jeruk, strawberi dan semangka adalah beberapa pilihannya. Buah-buahan dapat Anda konsumsi apa adanya atau Anda jadikan minuman jus. Jus buah sendiri akan membantu Anda cepat kenyang. Tapi ingat, jangan gunakan gula buatan. Pakai gula alami seperti madu. Kemudian minumlah sebelum Anda makan karena rasa kenyang yang diberikannya akan membuat Anda makan lebih sedikit setelahnya.
  4. Protein
    Siapa bilang orang diet tidak boleh makan makanan yang mengandung protein hewani? Mungkin Anda pun termasuk di antara mereka yang beranggapan bahwa selama menjalankan program diet, Anda harus berubah menjadi seorang vegetarian. Ini tidak sepenuhnya benar !! Kenyataannya, Anda tetap boleh mengonsumsi protein hewani namun dengan beberapa catatan. Pertama, porsinya harus dibatasi. Kedua, pilihlah bagian yang tidak berlemak. Karena bagaimanapun juga, protein tetap Anda butuhkan. Di antara protein hewani yang boleh Anda konsumsi adalah daging sapi tanpa lemak, dada ayam, telur ayam, daging unggas (pilih yang rendah kolesterol), susu (dan olahan susu lainnya yang rendah lemak), ikan tuna dan ikan salmon. Olahan kedelai, seperti susu kedelai, tahu, dan tempe juga boleh Anda konsumsi.
  5. Mineral
    Mengkonsumsi air putih minimal dua liter perhari atau setara dengan 8 gelas akan membantu Anda melancarkan sistem pencernaan, selain juga membantu penyerapan nutrisi dan proses detoksifikasi racun dalam tubuh.

Sudah jelas kan sekarang? Menu makanan diet sehat ternyata tidak sesulit yang dibayangkan ya? Maka dari itu, dapatkan selalu informasi yang benar tentang makanan diet sehat yang insya Allah akan membantu Anda menjalani program diet dengan benar dan lancar. Sukses untuk dietnya, ya !!

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Makanan Diet Sehat dengan Gizi Seimbang - Cekidot !!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makanan Diet Sehat dengan Gizi Seimbang - Cekidot !!