Home » Makanan Sehat » Makanan dan Minuman Sehat yang Sebaiknya Anda Konsumsi

Makanan dan Minuman Sehat yang Sebaiknya Anda Konsumsi

Makanan dan Minuman Sehat yang Sebaiknya Anda Konsumsi

Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat seharusnya selalu Anda jadikan prioritas utama demi mendapatkan tubuh yang sehat.

Mengkonsumsinya semua makanan dan minuman sehat dengan kadar yang “pas” tentu tidak akan membahayakan kesehatan Anda.

Kecuali jika Anda sedang tidak diperbolehkan mengkonsumsi salah satu atau beberapa dari makanan dan minuman sehat tresebut karena alasan kesehatan.

Dan sudah barang tentu Anda tetap harus mentaati anjuran tersebut sampai Anda dinyatakan boleh mengkonsumsinya oleh dokter Anda.

Nah, makanan dan minuman sehat biasanya berasal dari bahan-bahan alami yang bebas pestisida. Kandungan yang masih terjaga dan kaya akan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh menyebabkan mereka “dijuluki” sebagai makanan dan minuman sehat.

Untuk mengetahui makanan dan minuman sehat apa saja yang dapat menyehatkan tubuh Anda, Anda bisa membaca ulasan di bawah ini.

Apa saja yang termasuk makanan sehat yang bisa Anda konsumsi? Ini dia contoh contoh makanan sehat yang aman untuk Anda konsumsi…


MAKANAN SEHAT

  • Makanan sehat yang pertama adalah telur.
    Walaupun telur pada beberapa orang dapat menimbulkan alergi terutama pada kulit, namun telur termasuk dalam kategori makanan dan minuman sehat. Telur memiliki banyak kandungan protein dan antioksidan alami. Satu kuning telur sendiri cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Penderita sakit jantung diharuskan untuk mengurangi dan menghindari konsumsi akan telur terutama kuningnya. Mereka hanya boleh mengkonsumsi sebutir telur per dua minggu. Kalau kondisi jantung Anda sehat, Anda  tidak perlu merisaukan hal tersebut. Mengkonsumsi satu butir telur untuk setiap harinya tidak akan menyebabkan Anda beresiko terserang penyakit jantung dan stroke.
  • Makanan sehat yang kedua adalah ikan salmon.
    Ikan salmon tergolong sebagai sumber penghasil vitamin D dan asam lemak omega 3. Asam lemak ini termasuk ke dalam kategori lemak tak jenuh sehingga sehat untuk jantung Anda. Ia juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit, membantu penurunan berat badan, memperbaiki mood serta meminimalkan efek penyakit arthritis.
  • Makanan sehat yang ketiga adalah daging tanpa lemak.
    Daging sapi merupakan salah satu sumber zat besi. Mengkonsumsi sedikitnya 1 ons per hari dapat memberikan perubahan besar pada tubuh Anda, terutama bagi Anda yang punya riwayat anemia. Daging sapi juga mengandung zinc yang berguna untuk daya ingat, serta vitamin B yang membantu Anda mendapatkan pasokan energi.
  • Makanan sehat keempat adalah kacang kacangan.
    Kacang kacangan memiliki kandungan serat, kalsium, protein, kalium, dan magnesium. Kacang juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, kanker payudara, kanker usus, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Konsumsilah setidaknya 1 sampai 3 cangkir untuk 3 kali dalam sepekan.

Masih banyak lagi makanan sehat lainnya yang dapat Anda dapatkan dengan mudah seperti bayam, tomat, brokoli, alpukat, leci, apel, pir, dark chocolate, ubi jalar, beras merah, oatmeal, delima merah, pisang, selai kacang, popcorn, tiram, jamur, lemon dan sebaigainya.

MINUMAN SEHAT

Sekarang mari kita bahas tentang minuman sehat. Minuman apa saja yang termasuk ke dalam makanan dan minuman sehat? Ini dia contoh minuman sehat tersebut…

  • Minuman sehat yang pertama adalah susu bebas lemak.
    Susu dikenal dengan kandungan kalsiumnya yang berlimpah. Susu ternyata juga dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan, namun ini hanya berlaku untuk susu rendah lemak. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of Tennessee menemukan bahwa orang dengan kelebihan berat badan, dengan menggunakan metode diet kaya kalsium, dapat menghilangkan sampai 70% dari berat badannya dibandingkan para pediet yang menggunakan metode sedikit makan. Ini membuktikan bahwa selain kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda, kalsium juga dapat membantu membasmi lemak di dalam tubuh.  Susu rendah lemak juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, kanker, meredakan nyeri punggung dan mencegah depresi. Cara menikmatinya pun juga dapat Anda variasikan, seperti dengan dicampurkan ke secangkir kopi, untuk oatmeal atau Anda campurkan hot chocolate Anda.
  • Minum sehat yang kedua adalah minuman susu fermentasi (kefir).
    Susu jenis ini memiliki banyak kandungan bakteri probiotik yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan saluran pencernaan Anda. Namun sebaiknya Anda minum dengan meminimalkan penggunaan gula ya…
  • Minuman sehat yang ketiga adalah teh.
    Teh terkenal kaya dengan kandungan antioksidan yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, dia juga meningkatkan fungsi hari, membantu penurunan berat badan serta mengurangi resiko terkena Alzheimer dan Parkinson. Tapi ingat… jangan Anda campur dengan gula buatan. Minumlah teh apa adanya saja, okat?

Masih banyak minuman sehat lainnya yang termasuk ke dalam makanan dan minuman sehat seperti air mineral, air lemon, air kelapa, yoghurt rendah lemak, kopi dan lain sebagainya.

Okay, itu tadi beberapa daftar makanan dan minuman sehat yang saya bahas di artikel tentang artikel makanan dan minuman sehat yang dapat meningkatkan kesehatan Anda. Silahkan konsumsi tapi ingat, sewajarnya saja ya…

(sumber gambar artikel pengertian makanan dan minuman sehat : www.getmecooking.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Tiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun tubuh yang sehat dengan penampilan menarik …

Makanan dan Minuman Sehat yang Harus Anda Konsumsi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makanan dan Minuman Sehat yang Harus Anda Konsumsi