Home » Makanan Sehat » Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Kombinasi yang Terabaikan !!

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Kombinasi yang Terabaikan !!

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Kombinasi yang Terabaikan !!

Tahukah Anda bahwa gaya hidup sehat semakin hari semakin santer diperbincangkan?

Ya, benar… Munculnya penyakit-penyakit baru yang masih belum ada obatnya menjadi salah satu sebabnya.

Padahal penyakit kanker, jantung koroner, hipertensi dan diabetes masih menjadi momok bagi setiap orang. Lalu bagaimana solusiya? Gaya hidup sehat yang bagaimana yang bisa mencegah penyakit-penyakit tersebut?

Makanan 4 sehat 5 sempurna mungkin dapat membantu Anda dalam “memetakan” pola makan sehingga kecukupan tubuh akan nutrisi dapat mengantisipasi terjadi serangan penyakit.

Anda pasti sudah tahu apa itu makanan 4 sehat 5 sempurna. Dulu, sewaktu Anda masih duduk di bangku sekolah dasar, Anda pasti ingat para guru Anda dengan semangatnya meminta para murid-muridnya untuk makan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Yang jadi masalah adalah, Anda masih ingat seperti apa susunan 4 sehat 5 sempurna? Tidak kan? Padahal makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang akan membantu mendapatkan tubuh Anda menjadi sehat.

Bagaimana? Kita ulangi lagi kombinasi makanan 4 sehat 5 sempurna? Mari… kita ingat kembali kombinasi menu makanan 4 sehat 5 sempurna.


Mengutip dari Wikipedia.com, jenis makanan 4 sehat 5 sempurna dibagi dalam 4 sumber nutrisi yang tubuh butuhkan, yakni makanan pokok, sayur, lauk, dan buah. Sedangkan pelengkap sempurnanya adalah yang kelima, yakni susu jika mampu menyediakan. Konsep makanan ini dicanangkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1955 untuk membantu masyarakat dalam membuat kombinasi makanan dengan gizi pas.

Kombinasi makanan 4 sehat 5 sempurna dibuat untuk membantu masyarakat dalam “memetakan” isi piring mereka. Kesadaran akan mengonsumsi makanan cukup nutrisi memang sudah lama dikampanyekan oleh pemerintah, namun agaknya kesadaran ini baru muncul belakangan.

Seiring dengan berjalannya waktu, mulai banyak orang yang menyadari akan penting dan bernilainya sebuah kesehatan. Ditambah lagi dengan adanya internet, sebagian masyarakat Indonesia mulai paham apa itu pengertian 4 sehat 5 sempurna.

Okay, sekarang kita masuk pada pembahasan apa saja makan 4 sehat 5 sempurna tersebut. 4 sehat 5 sempurna terdiri dari :

  1. Makanan 4 sehat 5 sempurna yang pertama : makanan pokok.
    Karbohidrat biasanya berasal dari makanan pokok. Fungsi dari karbohidrat adalah sebagai sumber energi utama tubuh dalam beraktivitas. Karbohidrat juga berfungsi untuk mengatur lemak agar tidak terjadi oksidasi yang tidak sempurna. Selain itu, karbohidrat juga berguna sebagai “penghemat” cadangan energi yang diambil dari protein. Sumber karbohidrat dapat Anda peroleh dari beras, kentang, olahan gandum (sereal oatmeal, roti gandum, biskuit), jagung, ketela, ubi jalar, kacang kacangan, sagu, makanan manis dan berbagai jenis tepung.
  2. Makanan 4 sehat 5 sempurna yang pertama : sayur.
    Sayur memiliki kandungan nutrisi yang tubuh butuhkan, yakni vitamin dan mineral. Keduanya berguna untuk membantu organ tubuh bekerja sesuai dengan tugasnya. Tidak terpenuhi atau kekurangan terhadap vitamin dan mineral dapat menyebabkan masalah pada kerja organ yang bisa menimbulkan masalah kesehatan serius. Mineral yang dimaksud di sini adalah zat besi, kalsium, kalium, seng, fosfor, asam folat, magnesium, selenium dan yang lainnya. Anda dapat memperolehnya dari perbagai macam sayur-sayuran yang dijual dari pasar. Pilihlah yang organik karena ini lebih bebas pestisida dan bahan kimia lain yang berbahaya bagi tubuh.
  3. Makanan 4 sehat 5 sempurna yang ketiga: lauk.
    Lauk dikenal sebagai sumber protein bagi tubuh. Fungsi protein adalah untuk cadangan energi, pembentuk jaringan baru dan pembentuk massa otot (terkhusus bagi Anda yang ingin mendapatkan tubuh berotot). Protein terbagi dalam 2 jenis, hewani dan nabati. Sumbernya adalah dari daging merah, daging unggas, olahan kedelai, telur dan seafood.
  4. Makanan 4 sehat 5 sempurna yang keempat : buah.
    Sama seperti sayur, buah juga kaya akan vitamin, mineral dan serat. Serat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan dan memperlancar buang air besar.
  5. Makanan 4 sehat 5 sempurna penyempurna: susu.
    Dikatakan bahwa susu berperan hanya sebagai pelengkap yang bila tidak terpenuhi juga tidak menjadi masalah. Ini dikarenakan harga susu yang relatif mahal. Namun sekarang sudah banyak varian susu yang terbuat dari tumbuhan sehingga harganya tidak terlalu mahal. Susu kedelai dan susu almond adalah di antaranya. Malahan menurut hemat saya, Anda sebaiknya konsumsi susu jenis ini. Susu sendiri berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang dari penggeroposan, menjaga kesehatan kulit, dan lainnya.

Kira-kira sudah cukup kan penjelasan singkat tentang menu 4 sehat 5 sempurna? Bagaimana? Ternyata konsumsi makanan dengan kombinasi tersebut selaras dengan pola hidup sehat, bukan? Anda tertarik untuk segera mempraktekkannya?

(sumber gambar : borgefagerli.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Tiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun tubuh yang sehat dengan penampilan menarik …

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Kombinasi yang Terabaikan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Kombinasi yang Terabaikan