Home » Penyakit » 19 Macam-Macam Penyakit Kanker yang Bisa Menyerang Anda

19 Macam-Macam Penyakit Kanker yang Bisa Menyerang Anda

19 Macam-Macam Kanker yang Bisa Menyerang AndaApakah sebenarnya kanker itu menurut Anda? Saya yakin masing-masing dari Anda akan memiliki jawaban sendiri.

Tetapi biar persepsi kita sama, saya jelaskan sedikit apa itu kanker. Dan saya tidak akan bertele-tele terlalu panjang.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tubuh kita terdiri dari jaringan, dan jaringan terpecah lagi menjadi sel-sel. Dalam tubuh, sel-sel tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Kemudian terjadi ketidak wajaran karena terdapat sel yang tumbuh pesat dan tidak terkontrol. Hal ini menyebabkan macam-macam penyakit kanker. Sel kanker itu dapat tumbuh diberbagai tempat dalam tubuh manusia.

Penyakit kanker bukanlah penyakit tunggal, namun terdiri atas berbagai macam penyakit akibat dari sel yang ganas tersebut. Dan gejala macam-macam penyakit kanker pun bervariasi.

Namun pada umumnya, gejala yang sering ditemukan antara lain adalah adanya luka yang tidak sembuh-sembuh, terdapat benjolan tapi tidak terasa sakit (terutama pada benjolan), pendarahan atau pengeluaran cairan yang tidak wajar dari dalam tubuh.

Terganggunya fungsi pencernaan, kelelahan yang berlebihan serta perubahan berat badan juga merupakan gejala lain yang sering ada. Nah, sekarang sudah ada gambaran tentang apa itu kanker kan? Kalau sudah, saatnya kita bahas mengenai jenis jenis penyakit kanker.

Well, di dalam tubuh manusia, terdapat macam-macam penyakit kanker yang bisa berkembang dan menyerang tubuh tersebut. Di antara contoh macam-macam penyakit kanker adalah :


  1. Kanker Esophagus
    Yaitu kanker yang menyerang kerongkongan, biasanya mulai menyerang sel-sel yang melapisi sepanjang kerongkongan.
  2. Kanker Lambung
    Juga dikenal sebagai gastric cancer. Kanker ini menyerang area lambung sehingga mengganggu proses pencernaan.
  3. Kanker Usus Besar
    Kanker ini terjadi di usus, anal dan usus buntu. Disebut juga kanker kolorektal.
  4. Kanker Pankreas
    Terletak pada horisontal dibelakang bawah lambung. Banyak menyerang pada sel-sel eksokrin.
  5. Kanker Saluran Empedu
    Terdapat dua kategori, yaitu kanker saluran empedu bagian dalam liver dan saluran bagian luar liver.
  6. Kanker Hati
    Kanker hati merupakan kanker dengan pertumbuhan sel-sel kanker di area hati. Kanker hati juga dikenal dengan sebutan hepatoma.
  7. Kanker Payudara
    Kanker yang menyerang pada bagian jaringan payudara. Banyak diderita oleh wanita, tapi beberapa kasus menyerang laki-laki juga.
  8. Kanker Indung Telur
    Kanker indung telur atau kanker ovarium ini menyerang organ wanita, bisa menyerang satu indung telur dapat juga dua indung telur sekaligus.
  9. Kanker Serviks
    Kanker mulut rahim ini banyak disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) pada wanita.
  10. Kanker Rahim
    Kanker yang terletak pada dinding-dinding rahim.
  11. Kanker Paru-paru
    Yaitu kanker yang merusak fungsi pernafasan. Kebiasaan merokok menjadi penyebab utama dari kanker paru-paru.
  12. Kanker Nasofaring
    Tumbuh dibelakang hidung dan belakang rongga mulut.
  13. Kanker Prostat
    Kanker yang berkembang dalam prostat, yaitu kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki.
  14. Kanker Buah Zakar
    Disebut juga kanker testis. Menyerang bagian jaringan epidermis dari skrotum.
  15. Kanker Kandung Kemih
    Sel kanker yang tumbuh dan berkembang di kandung kemih, organ yang terletak dia area pinggul Anda dan berfungsi untuk menyimpan urin.
  16. Kanker Tiroid
    Menyerang pada bagian jaringan tiroid manusia.
  17. Kanker Neuroblastoma
    Merupakan kanker yang langka yang menyerang sistem saraf. Banyak menyerang anak-anak.
  18. Kanker Myeloma
    Sel kanker yang menyerang sel plasma, sel-sel plasma ini banyak ditemukan di tulang panggul, tulang belakang, tulang rusuk dan tulang tengkorak.
  19. Kanker Tulang
    Kanker yang terbentuk pada tulang-tulang kerangka manusia. Banyak ditemukan sebagai kanker sekunder, yaitu metastatis dari kanker yang lain.

Eniwei, macam-macam penyakit kanker diatas terjadi dalam serangkaian proses. Saya akan menjelaskan satu persatu proses tersebut untuk Anda.

  • Tahap I : Inisiasi
    Proses pertama ini terjadi perubahan genetik yang menetap akibat rangsangan bahan atau agen inisiator. Suatu sel akan rentan menjadi kanker ketika dirangsang oleh zat karsinogen yang menempel pada reseptor sel. Zat karsinogen ini kemudian berinteraksi dengan DNA dan bermutasi membentuk sel-sel yang abnormal. Sel-sel yang telah terinisiasi ini menjadi rentan untuk berubah menjadi sel-sel kanker. Sel-sel ini tidak akan berkembang lebih jauh lagi jika tidak didukung dengan adanya agen-agen promotor.
  • Tahap II : Promosi
    Promotor mempengaruhi sel, dan hal ini berlangsung dalam waktu yang lama. Jika pada tahap ini promotornya dapat dihilangkan, maka resiko timbulnya kanker juga akan menghilang. Proses promosi ini sangat tergantung pada faktor-faktor seperti fisiologis, umur dan pola makan. Misalkan orang yang pola makan tidak teratur dan tidak sehat secara berulang-ulang maka sel-sel abnormal tadi akan rentan menjadi sel kanker.
  • Tahap III : Progresi
    Pada tahap ini sel kanker telah terbentuk. Pertumbuhan sel-sel ganas itu terjadi secara drastis dan mulai menginvasi organ-organ yang lainnya, proses metastatis pun berlangsung pada tahap ini. Jika Anda baru menyadari terkena kanker pada tahap ini maka pengobatan selanjutnya akan menjadi lebih sulit dari pada tahap-tahap sebelumnya.

Dari macam-macam penyakit kanker diatas, semua memiliki proses tahapan kanker yang relatif sama. Jika kanker bisa ditaklukan pada proses pertama, maka pengobatan akan jauh lebih mudah dan murah. Pola hidup sehat tetap menjadi pilihan utama agar Anda dapat terhindar dari macam-macam penyakit kanker yang mengancam nyawa kita.

Bagaimana menurut Anda? Anda mau menambahkan beberapa macam-macam penyakit kanker lagi?

(sumber gambar artikel jenis jenis kanker : www.esbtrib.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

3 Komentar

  1. Hai saya wiwik saya mau tanya
    Apakah sakit kepala berminggu” mimisan suhu badan sering panas sulit berkonsentrasi kadang saat ingin berbicara sulit ingatan mudah lupa apa kah itu ciri” kanker otak

  2. Artikel bermanfaat. semoga kta bisa terbebas dari penyakit kanker mengerikan ini

Ini Dia 19 Macam-Macam Penyakit Kanker yang Berbahaya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia 19 Macam-Macam Penyakit Kanker yang Berbahaya