Home » Diet » Macam Macam Diet : Pilih Mana? Yang Aman, atau yang Berbahaya?

Macam Macam Diet : Pilih Mana? Yang Aman, atau yang Berbahaya?

 

Macam Macam Diet : Pilih Mana? Yang Aman, atau yang Berbahaya?Pada artikel yang terdahulu, Anda tentunya sudah paham mengenai apa itu pengertian diet yang benar. Karena jika tidak, bisa-bisa Anda jatuh sakit saat menjalankan diet.

Sekarang, saatnya Anda beralih untuk mengetahui macam macam diet karena ternyata program diet sangat beragam dan terkadang ada yang aneh dan berbahaya. Sudah siap? Mari kita bahas macam-macam diet.

Ketika seseorang beranggapan kalau badannya sudah mulai menggemuk, mereka biasanya akan memulai untuk melakukan diet. Mulailah jemari berselancar ke dunia internet dan bertanya kepada Google atau mesin pencarian lain tentang macam macam diet.

Tetapi ternyata tidak semua jenis diet cocok untuk Anda praktekkan. Ada diantara macam-macam diet tersebut tidak patut untuk Anda coba karena dapat membahayakan kesehatan (bahkan keselamatan nyawa Anda).

Karena itulah, informasi yang benar akan membantu Anda menentukan langkah dalam memilih macam macam diet tersebut. Hanya saja saran saya, konsultasikan keinginan Anda untuk berdiet dengan dokter atau ahli gizi agar cara diet alami yang Anda lakukan tidak membahayakan kesehatan Anda.

Jika Anda tidak sempat untuk berkonsultasi dengan dokter, paling tidak Anda harus sedetail mungkin mencari informasi tentang diet yang akan Anda jalani.

Anda bisa browsing di internet, tanya orang-orang yang sudah berhasil menjalankannya atau paling tidak masuk ke forum-forum yang berhubungan dengan diet yang Anda pilih tersebut.


Baiklah, mari kita pelajari macam macam diet sehat yang biasa orang-orang lakukan.

  1. Diet Vegetarian
    Diet jenis ini adalah diet dengan cara meninggalkan makanan yang mengandung lemak hewani. Jadi selama Anda menjalani program ini, Anda hanya akan mengonsumsi sayuran dan buah. Anda tidak perlu khawatir dengan asupan yang Anda daptkan dari diet vegetarian ini. Asupan protein, kalsium, zat besi, serat dan yang lainnya tetap bisa Anda dapatkan sekalipun Anda tidak mengonsumsi daging. Bayam, brokoli, terong, jagung dan beras merah adalah makanan yang dapat Anda konsumsi selama menjalani program diet ini. Yang terpenting, perhatikan asupan serat agar Anda tidak mudah lapar.
  2. Diet Rendah Lemak
    Diet yang satu ini tidak sama diet vegetarian yang “anti-lemak hewani”. Diet ini mengatur kadar lemak yang masuk ke dalam tubuh Anda. Yang harus Anda lakukan hanyalah menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh yang biasanya terdapat dalam masakan yang digoreng. Anda bisa mengganti dengan merebus atau mengukusnya. Pilihlah daging yang tidak berlemak. Anda juga dapat mengonsumsi ikan, mengonsumsi susu low fat yang sekarang banyak beredar di pasaran dan semisalnya. Jangan lupakan serat ya.
  3. Diet Rendah Karbohidrat
    Diet ini adalah diet yang paling terkenal untuk menurunkan berat badan. Namun bukan berarti makanan yang mengandung karbohidrat harus Anda hindari sepenuhnya. Anda tetap dapat mengonsumsinya tetapi dengan syarat, pilihlah yang memiliki kandungan serat yang tinggi agar ketika Anda sedikit mengonsumsinya, perut Anda sudah terasa kenyang. Olahan gandum, kentang, beras merah, dan jagung dapat menjadi pilihan Anda.
  4. Diet Golongan Darah
    Setiap orang dengan punya golongan darah yang berbeda-beda. Masing-masing golongan darah dipercaya punya keistimewaan masing-masing. Hal ini juga berlaku dengan makanan apa yang mudah diserap oleh tubuh, olahraga apa yang cocok hingga penyakit apa yang mudah menyerangnya. Tubuh pun akan bereaksi berdasarkan karakteristik golongan darah dan berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsi. Diet golongan darah adalah diet sehat yang cukup populer akhir-akhir ini.
  5. Diet Penyembuhan
    Jika Anda menyidap penyakit hipertensi, maka Anda perlu melakukan diet hipertensi. Begitu pula jika Anda menderita penyakit jantung, asam urat, diabetes atau yang lain, Anda juga perlu melakukan diet tertentu. Penyakit-penyakit tersebut biasanya memiliki pantangan terhadap makanan dan aktivitas tertentu. Yang perlu Anda perbuat adalah teratur dan konsisten untuk tidak melanggar pantangannya. Untuk jenis diet yang satu ini, kami sarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter karena biasanya diet ini dilakukan dalam rangka penyembuhan.

Berikutnya kami akan menyebutkan beberapa macam macam diet cepat yang tidak disarankan untuk Anda praktekkan. selain saking anehnya, diet tersebut dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan nyawa Anda.

  1. Diet OMG
    Diet yang satu ini akan meminta Anda untuk mempercepat denyut jantung Anda. Mengapa? Karena ketika denyut jantung atau nadi meningkat, proses pembakaran kalori dalam tubuh akan dipercepat. Anda akan diminta untuk mengonsumsi segelas kopi hitam sebelum melakukan olahraga. Setelah olahraga, Anda tidak boleh makan sama sekali dan disarankan untuk berendam di air dingin. Anda dilarang untuk makan buah namun disarankan untuk minum softdrink. Bagaimana menurut Anda, berbahaya kan?
  2. Diet Alcorexia
    Diet ini mengharuskan Anda untuk membatasi kalori namun sangat disarankan untuk meminum banyak alkohol. Saya rasa jelas diet ini berbahaya dan berdosa. Apa jadinya jika tubuh terlalu banyak kandungan alkohol? Anda pasti sudah tahu jawabannya.

Banyak bukan macam macam diet? Intinya adalah tidak semua jenis diet cocok untuk Anda. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi agar Anda mendapatkan hasil yang optimal. Jangan coba-coba melakukan jenis diet tertentu tanpa ilmu yang cukup karena hal itu membahayakan kesehatan Anda.

Begitu saja dari saya, ada yang mau menambahkan macam macam diet yang lain? Silahkan, tulis di kotak komentar. Siapa tahu Anda lebih banyak tahu tentang macam macam diet daripada saya…

(sumber gambar : health.usnews.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Macam Macam Diet: Pilih Aman atau yang Bahaya?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Macam Macam Diet: Pilih Aman atau yang Bahaya?