Home » Diet » Ganti Nasi Putih Anda dengan Kentang Untuk Diet

Ganti Nasi Putih Anda dengan Kentang Untuk Diet

Kentang Untuk Diet ImageSelama menjalani diet, biasanya banyak anjuran untuk menyarankan untuk mengurangi (bahkan menghindari) makan nasi putih. Ini dikarenakan banyaknya kandungan gula dan kalori di dalamnya yang sangat punya andil dalam menambah berat badan seseorang. Kentang untuk diet ternyata dapat menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda untuk menggeser kedudukan nasi.

Oleh orang Indonesia, kentang biasanya dimasak dengan cara digoreng, direbus, maupun dijadikan campuran untuk sayur. Banyak pula orang yang beranggapan bahwa kentang hanyalah sayuran biasa, yang ada dan tiadanya dia tidak berpengaruh apa apa.

Anggapan seperti ini sepertinya perlu ditata ulang. Kentang ternyata punya banyak sekali kandungan nutrisi (bahkan melebihi kandungan pada nasi putih) dan manfaat untuk kesehatan Anda. Bahkan pada sebagian negara maju, kentang telah menjadi salah satu makanan pokok (terlepas dari cara memasaknya yang ternyata juga salah).

Cara mengonsumsi kentang pun sama dengan ketika Anda makan nasi putih. Anda dapat memakannya bersamaan dengan sayur dan lauk. Mengganti menu nasi dengan kentang mungkin akan terasa aneh di lidah Anda. Tapi percayalah, ini hanya masalah kebiasaan dan pembiasaan saja. Ketika Anda tahu manfaatnya, Anda pun akan bersemangat untuk melakukannya.

Sama seperti pada sebagian pediet yang awalnya ogah ogahan mengonsumsi sayur dan menjadi terpaksa makan sayur karena diet. Akhirnya, mereka pun malah jadi “ketagihan” sayur dan tak bisa makan jika tak ada sayur. Dan ketika Anda sudah terbiasa lepas dari nasi putih, Anda pun akan mulai melihat hasilnya.

Kentang, jika dimasak dengan cara yang benar dan tepat akan membuat Anda mendapatkan banyak manfaat. Kentang yang dimasak dengan cara dipanggang dan digoreng, ternyata tidak benar, bahkan cara ini malah dapat membahayakan kesehatan pemakannya.

Kenapa bisa begitu? Kentang yang dimasak dengan cara dipanggang dan digoreng ternyata dapat mengeluarkan zat gula yang tersimpan di dalam membran kentang sehingga ini menambah kadar gulanya. Demikian pula dengan kentang tumbuk yang ternyata juga tidak menyehatkan karena dapat melepaskan kandungan zat pati (tepung)pada kentang lalu mengubahnya menjadi gula.

Lalu bagaimana cara memasaknya yang benar dan aman? Merebus dan mengukus adalah cara terbaik dalam mengolah kentang. Kentang berukuran besar yang direbus bersamaan dengan kulitnya memiliki kandungan lemak lebih sedikit dibandingkan ketika Anda merebusnya dalam keadaan sudah dikupas terlebih dahulu. Bahkan cara seperti itu dapat menghilangkan kandungan mineral dan protein yang tersimpan di dalam kentang sampai setengahnya dan hanya menyisakan karbohidrat dan lemak.


Selain itu, kentang rebus berukuran sedang juga dapat mencukupi setengah dari kebutuhan tubuh Anda terhadap vitamin B-6. Kandungan vitamin C dalam kentang rebus pun juga cukup banyak. Namun, jika Anda mengupasnya terlebih dahulu sebelum Anda rebus, ini juga dapat menghilangkan kandungan vitaminnya sampai setengahnya. Rugi bukan?

Manfaat kentang untuk diet yang lain ternyata juga sangat banyak, di antaranya:

  • Kentang membantu pertumbuhan bakteri baik pada saluran pencernaan Anda.
  • Kandungan karbohidrat kompleks dan seratnya dapat menstabilkan kadar gula darah dan tekanan darah.
  • Kentang memiliki kandungan zat yang dapat menghalangi endapan kolesterol jahat di dalam lapisan saluran darah, berbeda dengan kentang goreng yang dapat menambah kadar kolesterol dalam darah Anda.
  • Kentang adalah salah satu sumber terbaik untuk membentuk zat besi darah.
  • Kentang mengandung vitamin dan kalsium yang tinggi sehingga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Wah, ternyata kentang untuk diet punya banyak manfaat untuk kesehatan ya? Dan selama diet, hindari pula mengonsumsi kripik kentang. Karena walau pun sama sama masih kentang, kripik kentang sudah memiliki kandungan kolesterol dan kalori yang banyak seperti kentang goreng.

(sumber gambar : sisidunia.com)

Tentang Admin 01

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Ganti Nasi Putih Anda dengan Kentang Untuk Diet


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ganti Nasi Putih Anda dengan Kentang Untuk Diet