Home » Penyakit » Mengenal Lebih Dekat dengan Kanker Jaringan Lunak

Mengenal Lebih Dekat dengan Kanker Jaringan Lunak

Mengenal Lebih Dekat dengan Kanker Jaringan Lunak

Kanker jaringan lunak atau rhabdomyosarcoma adalah kanker yang berkembang dari jaringan ikat pada tubuh, seperti lemak, otot, tulang serta membran yang melapisi sendi atau pembuluh darah.

Cancer Research UK menyebutikan bahwa kanker jaringan lunak sarcoma (begitu sering disebut) ini terbagi dalam beberapa jenis, yakni sarcoma embrional, sarcoma alveolar, dan sarcoma pleomorfik.

Sarcoma embrional cenderung terjadi pada anak-anak di bawah 15 tahun. Bagian yang sering diserang adalah pada kepala, leher, kantung kemih atau daerah genital (alat reproduksinya).

Sarcoma alveolar terjadi pada orang orang yang berusia di atas 15 tahun dan biasanya kanker jaringan lunak jenis ini menyerang pada lengan atau kaki. Kemudian sarcoma pleomorfik biasanya terjadi pada orang dewasa dan kanker jaringan lunak ini menyerang pada bagian lengan atau kaki.

Well, penyebab kanker jaringan lunak cukup beragam. Secara umum, seperti penyebab kanker-kanker lainnya, penyebab kanker jaringan lunak adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti rokok, makanan, berat badan, dan aktivitas fisik.

Namun secara spesifik, saya akan menjabarkan jika seseorang terserang penyakit kanker jaringan lunak ini. Sebagaimana yang saya kutip dari American Cancer Society, sarcoma biasanya terjadi pada anak-anak, namun juga dapat terjadi pada remaja dan orang dewasa.

Berita buruknya, sarcoma biasanya terjadi pada anak laki-laki dibandingkan anak perempuan. Selain faktor umur dan jenis kelamin, kanker ini juga disebabkan karena faktor keturunan. Terkena paparan sinar X yang terjadi pada wanita hamil juga dapat memperbesar kemungkinan anak yang lahir kelak terkena sarcoma.


Kemungkinan yang lain (namun masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut) adalah penggunaan mariyuana dan kokain. Namun demikian, penyebab utama seseorang terserang kanker jaringan lunak rhabdomyosarcoma ini belum diketahui dan masih dalam tahap penelitian lebih lanjut.

Sarcoma memiliki gejala yang cukup beragam, seperti :

  • Tumor di sekitar mata yang dapat menyebabkan mata menonjol keluar atau menjadikan mata nampak juling.
  • Tumor pada telinga atau hidung dapat menyebabkan sakit pada telinga, kepala, atau hidung mampet.
  • Tumor pada kantung kemih atau prostat menyebabkan urin berdarah (pada laki laki), sedangkan para perempuan dapat menyebabkan pendarahan pada vagina (tumor yang tumbuh dengan cepat dapat mengakibatkan sulit buat air besar maupun kecil dan ini terasa menyakitkan).
  • Tumor pada panggul atau perut dapat mengakibatkan sakit perut, sembelit, atau muntah.
  • Tumor pada tungkai atau selangkangan (termasuk testis) dapat mengakibatkan pembengkakan, rasa sakit, kemerahan dan lainnya. Pada anak-anak akanmenyebabkan batuk terus-menerus, berat badan turun, nyeri pada tulang mungkin juga termasuk pada gejala sarcoma ini.

Catatan khusus : ketika terjadi keluhan pada anak atau gejala tersebut terlihat oleh mata langsung, segera membawanya ke dokter agar dapat diketahui dengan segera apakah itu termasuk sarcoma atau bukan.

Kemudian, bagaimana cara mendeteksi kanker jaringan lunak ini? Untuk dapat mendeteksi sarcoma, dapat dilakukan beberapa cara seperti menggunakan X-Ray, CT-Scan, Magnetic Resonance Imaging (MRI), scan tulang, Positron Emission Tomography (PET) Scan, Ultrasound dan Biopsy.

“Okay, saya sudah sedikit lebih mengenal tentang tumor jaringan lunak ini. Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah kanker jaringan lunak ini dapat dicegah?”. Pada orang dewasa, pencegahan dapat dilakukan dengan cara menjaga stabilitas berat badan yang normal dan berhenti merokok. Intinya, adalah merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan berkualitas.

Namun pada kasus sarcoma pada anak anak, pencegahannya belum diketahui. Tapi Anda tidak perlu terlalu khawatir… walaupun pada kasus anak-anak belum benar-benar diketahui cara pencegahannya, biasanya pengobatan yang dilakukan kepada mereka dapat berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari biasakan kita hidup sehat. Mumpung belum terlambat, jadikan pengetahuan kita mengenai kanker jaringan lunak ini sebagai titik tolak kita untuk membiasakan hidup sehat, okay?

(sumber gambar : www.medicaldaily.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Mengenal Lebih Dekat dengan Kanker Jaringan Lunak


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mengenal Lebih Dekat dengan Kanker Jaringan Lunak