Home » Penyakit » Kanker Adalah Pembunuh No.1 – Simak Ulasannya di Sini

Kanker Adalah Pembunuh No.1 – Simak Ulasannya di Sini

Kanker Adalah Pembunuh No.1 - Simak Ulasannya di Sini

Penyakit kanker merupakan momok yang menyeramkan bagi semua orang. Anda juga pasti akan ketakutan begitu vonis kanker dijatuhkan, benar kan?

Kanker adalah suatu penyakit pertumbuhan sel dalam organ tubuh yang timbul dan berkembang biak secara abnormal, tidak terkendali dan cepat.

Sel-sel baru itu memiliki sifat dan bentuk yang berbeda dengan sel asalnya sehingga merusak fungsi organ asalnya. Okay, apa Anda sudah mulai bisa membayangkannya?

Kalau sudah, mari kita pelajari seperti apa penyakit kanker yang “katanya” sangat menakutkan tersebut.

Kanker adalah penyakit yang sudah ada sejak satu juta tahun yang lalu.

Penyakit ini sudah ada sejak jaman purbakala, walaupun penyakit kanker bertambah populer pada abad ini. Pada satu juta tahun sebelum masehi pun manusia telah menderita kanker. Hal ini terbukti dari penggalian dr. Eugene Dubois yang menemukan manusia purba pithecanthropus erectus yang hidup di lembah Bengawan Solo.

Sedangkan nama kanker sendiri pertama kali dicetuskan oleh Hippocrates. Awalnya kata kanker adalah carcinos atau carcinoma. Kata itu berarti yuyu, yaitu hewan yang mencengkram lawan dan tidak akan melepaskannya.


Pada tahun 1700, kanker sudah memiliki studi yang lebih modern dalam dunia medis. Hal ini ditandai dengan didirikannya rumah sakit pertama di Reims, Perancis. Tapi saat itu kanker masih digolongkan sebagai penyakit yang menular, sehingga penderita kanker di isolasi dari masyarakat agar penyakit tersebut tidak menyebar.

Kanker adalah penyakit yang tidak menular.

Menurut Anda, kanker adalah penyakit yang menular tidak? Sepertinya saya masih mendengar ada beberapa dari Anda yang berteriak menular? Jawaban dari pertanyaan itu adalah TIDAK !! Tentu saja tidak. Penyakit kanker tidak menular, tetapi ingat, hanya kankernya. Kalau efek-efek lain akibat kanker bisa menular.

Bagaimana pun juga, pertumbuhan sel kanker yang berupa pertumbuhan daging tumbuh itu tidak bisa loncat dan hinggap ke tubuh Anda. Jadi, jangan khawatir jika Anda merawat orang yang sakit kanker atau bersinggungan dengan mereka.

Namun kanker memiliki sel-sel genetik yang dapat diturunkan dari ibu dan ayah. Proses terjadinya kanker adalah adanya mutasi gen spesifik dari orang tua yang dapat menimbulkan sel kanker. Jadi kanker tidak bisa menular, tetapi bisa menurun.

 Kanker adalah penyakit yang dapat menyebar ke organ tubuh yang lain.

Sel kanker akan terus membelah diri karena lepas dari pengendalian pertumbuhan dan tidak lagi menuruti hukum-hukum pengembangbiakan. Ini yang disebut sebagai kanker primer, yaitu sebagai pusat dan awal terjadinya pertumbuhan kanker.

Awalnya kanker adalah daging yang tumbuh pada organ tubuh. Dan bila pertumbuhan ini tidak dihentikan, maka kanker akan semakin besar dan menyusup ke ke jaringan sekitarnya. Sel kanker ini membuat “anak sebar” ke tempat yang lebih jauh melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening.

Di tempat yang baru, “anak sebaran” akan membentuk jaringan yang baru yang memiliki sifat yang sama dengan induknya. Inilah yang disebut sebagai kanker sekunder. Pada kanker sekunder ini penderita sudah memiliki gejala-gejala yang seharusnya sudah diketahui oleh penderita. Karena jika seseorang sudah mencapai kanker sekunder berarti kanker primer sudah mencapai pada stadium lanjut.

Jadi awal timbulnya kanker adalah kanker primer, sementara anak sebarannya disebut juga kanker sekunder. Bisa Anda bayangkan sekarnag? Satu kanker primer saja sudah meresahkan Anda, apalagi jika sampai dua kanker yang menggerogoti tubuh Anda. Hii… ngeri !!

Kanker adalah penyakit dengan sebab yang bermacam-macam.

Penyebab kanker adalah pola hidup yang tidak sehat. Lho… bukannya pola hidup yang tidak sehat juga menyebabkan penyakit yang lain juga, bukan hanya kanker saja. Jika Anda berpikir seperti itu, benar… seratus untuk Anda.

Tetapi awal mula dari penyakit kanker adalah pola hidup yang sembrono, makan semua yang enak-enak dan tidak bergizi, penuh lemak serta rendah serat. Inilah yang paling sering menyebabkan seseorang menderita penyakit kanker.

Untuk beberapa penyakit kanker, terdapat juga penyebab yang spesifik. Misal pada kanker kulit, penderita kanker kulit umumnya menerima cahaya ultarviolet dari matahari secara berlebihan. Kemudian pada kanker paru-paru juga terdapat penyebab yang lebih spesifik lagi. Penderita kanker paru-paru memiliki kebiasaan rokok dengan intensitas tinggi. Baik sebagai perokok pasif maupun perokok aktif.

Gen adalah salah satu penyebab kanker yang lainnya. Sudah saya bahas sebelumnya di atas. Walaupun tidak berarti bahwa jika salah satu dari anggota keluarga terkena kanker maka dipastikan Anda juga terkena juga, Anda harus lebih waspada terhadap resiko ini.

Penyebab terakhir dari kanker adalah melalui virus. Berkembangnya virus dalam tubuh dapat mengubah materi genetis sel-selsehingga sel-sel tersebut nantinya akan lebih mudah membentuk sel kanker. Beberapa virus yang berkaitan dengan penyakit kanker adalah HPV (kanker serviks), hepatitis B/C (kanker hati), eipstein barr (kanker nasofaring).

Pengobatan untuk penyakit kanker adalah melalui operasi, kemoterapi, amputasi (mencegah agar tidak terjadi penyebaran) dan sebagainya. Setiap kasus kanker akan memiliki treatment yang tidak sama karena belum ada pengobatan yang pasti dan jelas. Hmm… cukup panjang juga kan penjelasan tentang penyakit kanker.

Nah, agar Anda lebih paham mengenai apa itu penyakit kanker, silahkan Anda “kunjungi” yayasan kanker indonesia. Di sana Anda akan mendapatkan info yang lebih lengkap mengenai kanker. Begitu saja dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga artikel tentang “kanker adalah” ini bisa sedikit memberikan Anda wawasan tentang penyakit kanker.

(sumber gambar artikel pengertian kanker : amandanye.wordpress.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Kanker Adalah Pembunuh No.1 - Simak Ulasannya di Sini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kanker Adalah Pembunuh No.1 - Simak Ulasannya di Sini