Home » Diet » Jadwal Makan Diet Seharian

Jadwal Makan Diet Seharian

Jadwal Makan Diet ImageDiet bukan berati tak makan. Tapi diet “hanya” meminta Anda untuk lebih disiplin, baik dengan porsi, jenis makanan, dan olahraga. Jadwal makan diet pun ternyata juga memegang peranan penting terhadap kesuksesan diet yang Anda jalani.

Makan pada waktu yang tepat, tidak hanya membantu tubuh Anda mendapatkan pasokan energi, namun juga membantu tubuh Anda untuk bekerja optimal. Makan makanan yang tepat sesuai jadwal juga dapat membantu penurunan berat badan Anda.

Diet juga bukan berarti Anda harus memangkas jadwal makan Anda jadi lebih langsing. Yang biasanya sehari makan 4 kali menjadi 2 kali bahkan sekali. Bukan seperti ini. Tubuh Anda mungkin akan berkurang massa tubuhnya tapi ternyata ini membuat Anda jadi lemas karena kekurangan sumber tenaga. Bagi sebagain orang yang biasanya makan sehari 3 kali lalu dipaksa berubah jadi 2 kali atau sekali, tentu akan membuatnya lemas, kekurangan tenaga, bahkan sampai dapat mengganggu aktivitas harian.

Karna itu, Anda tetap dapat berada pada ritme makan Anda seperti saat Anda belum berdiet. Bahkan di saat Anda merasa lapar, Anda tetap diperbolehkan untuk memakan cemilan yang Anda persiapkan khusus selama diet.

Berikut ini adalah salah satu contoh jadwal makan diet yang bisa Anda tiru.

Waktu Menu Makan Keterangan
Bangun tidur 1 sampai 2 gelas air. Anda juga dapat mencampurkan perasan jeruk nipis/lemon dan ini cukup 1 gelas saja. Mengonsumsi air mineral atau air putih hangat setelah bangun tidur dapat membantu membersihkan saluran pencernaan Anda, selain juga membantu memperlancar buang air besar, mencerahkan kulit, dan mengganti cairan tubuh yang hilang selama Anda tertidur.
Setengah jam sebelum makan Buah atau jus buah Mengonsumsi buah buahan setengah jam sebelum Anda makan besar dapat membantu mengaktifkan bakteri baik dalam usus, selain juga untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Makan buah sebelum makan besar juga menghindari pembusukan makanan sebelum makanan terserap secara sempurna.

Jam 6.00 – 9.00 Sereal oatmeal (dengan taburan kismis) + susu rendah lemak atau

Roti gandum bakar dengan selai kacang + susu rendah lemak atau


Kentang rebus + omelet sayur + teh madu

 
Jam 10.00 – 11.00 Cemilan (jika lapar):

Buah, kacang kacangan, atau biskuit gandum

 
Jam 12.00 – 13.00 Nasi beras merah + tumis kangkung + 1 butir telur rebus atau

Kentang rebus + dada ayam bakar + lalapan

 
Jam 15.00 – 16.00 Cemilan (jika lapar):

Buah, kacang kacangan, atau biskuit gandum

 
Jam 17.30 – 18.00 Jagung bakar atau rebus + susu rendah lemak atau

Hot chocolate + roti tawar gandum bakar atau

Salad buah + yoghurt rendah lemak

Makan malam dianjurkan minimal 2 jam sebelum Anda pergi tidur

Setelah Anda selesai makan, lebih tepatnya 2 jam setelahnya, sebaiknya Anda segera pergi tidur. Ini untuk menghindari aktivitas ngemil saat Anda begadang atau bersantai di depan tivi. Hindari makan sebelum Anda tidur karena ini dapat menambah berat berat Anda.

Di luar jadwal di atas, sebaiknya Anda juga sering mengonsumsi air mineral sebanyak 6 sampai 8 gelas per hari. Selain membuat Anda terus kenyang, air putih juga membantu sistem metabolisme tubuh Anda dan membuang racun. Anda juga dapat mengonsumsi teh hijau (rasa original lebih ditekankan) sebagai menu cemilan Anda. Namun jika Anda butuh pemanis, sebaiknya gunakan madu murni saja.

Itulah jadwal makan diet yang dapat Anda jadikan panduan. Untuk menu diet sehat seminggu dapat Anda buat sesuka Anda agar Anda tidak bosan dan jenuh, asalkan ramah diet. Selamat berdiet ya!

(sumber gambar : health.com)

 

Tentang Admin 01

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Jadwal Makan Diet Seharian


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jadwal Makan Diet Seharian