Home » Penyakit » 5 Gejala Kanker Usus yang Harus Anda Waspadai

5 Gejala Kanker Usus yang Harus Anda Waspadai

5 Gejala Kanker Usus yang Harus Anda Waspadai

Anda pasti sudah tahu bahwa penyakit kanker merupakan pertumbuhan dari sel-sel abnormal yang terjadi dalam tubuh manusia. Salah satunya adalah kanker usus.

Gejala kanker usus ini berbagai macam cirinya. Bisa anda kenali tetapi seringkali orang tidak menyadarinya karena hampir mirip dengan sakit biasa.

Sebelum saya membahas tentang gejala kanker usus, seperti biasa, saya awali dulu dengan penjelasan seputar tentang kanker usus usus manusia.

Usus merupakan bagian dari sistem pencernaan manusia. Bentuk usus seperti tabung tertutup yang bermula dari jalan keluar lambung sampai dengan otot penutup anus (dubur).

Usus terbagi menjadi dua, yaitu usus kecil dan usus besar (kolon). Di bagian pertama yaitu usus halus, terjadi pencernaan dari apa-apa saja yang sudah “dipersiapkan” oleh lambung. Setelah makanan dikunyah, hasilnya akan dicampur dengan getah dalam pencernaannya.

Pada bagian kedua, rektum (poros usus) dari sisa yang telah mengental akan disimpan hingga cukup penuh dan dikeluarkan melalui usus. Nah, kanker usus ini merupakan sel-sel kanker yang tumbuh di area usus besar, usus kecil, usus buntu atau bahkan di area anus. Kanker usus muncul di sepanjang jaringan tipis di sepanjang usus. Dan biasanya, dapat didiagnosis dengan metode kolonoskopi.

Penyebab kanker usus belum diketahui. Namun beberapa faktor resiko yang rentan terkena penyakit ini adalah usia, riwayat kesehatan keluarga dan pola hidup. Orang yang menjadi perokok aktif misalnya akan mudah terserang berbagai penyakit. Kanker usus merupakan satu dari berjuta-juta sakit yang lainnya.


Berikut ini saya berikan 5 gambaran gejala kanker usus yang akan terjadi jika seseorang terkena penyakit ini :

  • Rasa Sakit
    Sakit yang dirasakan terutama adalah sakit perut. Sakit ini tidak sama dengan sakit perut yang Anda alami saat sakit maag. Gejala yang di alami memang hampir mirip dengan maag, seperti rasa nyeri di lambung, kembung di area perut dan inflamasi. Dan rasa sakit yang tidak nyaman ini berasal dari sel-sel kanker yang telah menginvasi tubuh. Pada beberapa kasus, sakit perut ini juga diikuti dengan diare atau justru menjadi simbelit. Invasi sel-sel kanker dalam tubuh akan membuat rutinitas jadwal buang air besar (BAB) Anda akan bermasalah. Selain perut bagian depan, kadang kala penderita juga merasakan sakit pada perut bagian belakang.
  • Faces berubah
    Terjadi perubahan bentuk faces. Usus merupakan organ yang menghasilkan faces yang dikeluarkan lewat anus. Ketika sel-sel kanker tumbuh di area ini, fungsi usus akan terganggu. Hal ini mengakibatkan berubahnya bentuk faces. Faces akan berwarna lebih gelap dari biasanya. Untuk stadium semakin lanjut, faces akan berubah menjadi hitam pekat. Intensitas buang air juga menjadi terganggu. Seringkali terjadi konstipasi akibat respon usus untuk membuang kotoran menjadi lambat. Namun sekalipun sudah melakukan BAB, penderita akan merasakan perutnya masih penuh. Penderita merasa tidak puas setelah BAB. Padahal rasa penuh dalam perut yang dirasakan karena benjolan dari sel kanker.
  • Anemia
    Penderita terjadi karena penderita kekurangan darah ketika sel-sel kanker sudah menginvansi bagian usus besar. Ketika hal ini terjadi, maka kotoran akan berubah menjadi tidak normal. Pada beberapa kasus sering disertai dengan darah yang keluar beserta faces. Karena darah yang keluar cukup banyak, maka biasanya penderita akan mengalami kekurangan darah atau anemia. Kulit dan wajah menjadi pucat, badan pun terasa lemas.
  • Kelelahan
    Ketika Anda lari-lari mengelilingi lapangan Anda akan merasakan kelelahan? Benar? Itu wajar terjadi. Atau saat sedang bekerja seperti menyusun materi didepan komputer seharian membuat tubuh Anda lemas. Ini juga wajar. Tetapi kelelahan akibat kanker usus berbeda. Kelelahan yang dimaksud disini adalah kelelahan yang terjadi tanpa sebab dan akibat yang jelas. Seharian Anda berada di rumah sambil bercanda dengan anggota keluarga misalnya. Tiba-tiba Anda merasakan kelelahan yang luar biasa. Nah, ini yang tidak wajar. Sel kanker yang menggerogoti tubuh Anda secara tidak langsung dapat membuat tubuh Anda bekerja keras untuk melawannya. Daya tubuh Anda menjadi lemah dan merasa kelelahan yang begitu hebat. Gejala kanker usus berupa kelelahan ini sering kali di dahului dengan ciri kanker usus yang lain terlebih dahulu, yaitu anemia.
  • Penurunan Berat Badan
    Akibat sel-sel kanker yang berkembang, akan terasa lemah. Pencernaan terganggu dan mengakibatkan penurunan berat badan. Inilah tanda tanda kanker usus. Padahal penderita tidak sedang menjalani program diet atau penurunan berat badan. Nah, walaupun terjadi penurunan berat badan, perut tetap buncit. Mengapa? Karena sel-sel kanker yang berkembang dalam perut dapat membesar dan membentuk benjolan. Benjolan bergantung dari ukuran sel kanker yang telah berkembang. Jadi meskipun berat badan turun, perut tetap buncit.

Well, gejala kanker usus di atas merupakan gejala kanker usus yang paling umum terjadi. Jika Anda merasakan gejala kanker usus diatas, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter dan melakukan pemeriksaan di laboratorium. Saat ini untuk mendeteksi gejala kanker usus dapat dilakukan melalui beberapa cara antara lain Fecal occult blood tes (FOBT), sigmoidoscopy, colonoscopy, dan double-contrast barium enema.

Kanker, entah itu kanker usus atau kanker yang lainnya adalah penyakit yang mengerikan. Namun jika Anda tahu hakikat kehidupan, perilaku manusialah yang lebih mengerikan daripada penyakit kanker itu sendiri. Maka dari itu, cara mencegah kanker usus adalah dengan menghindari kebiasaan buruk. Buang jauh-jauh kebiasaan merokok dan terapkan hidup sehat !! Nikmatnya sesaat, tapi sengsaranya selamanya…

(sumber gambar artikel gejala kanker usus besar : www.medindia.net)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

5 Gejala Kanker Usus yang Harus Anda Waspadai


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Gejala Kanker Usus yang Harus Anda Waspadai