Home » Penyakit » Ini Dia Gejala Kanker Usus Besar yang Harus Anda Waspadai

Ini Dia Gejala Kanker Usus Besar yang Harus Anda Waspadai

Ini Dia Gejala Kanker Usus Besar yang Harus Anda Waspadai

Penyakit kanker banyak jenisnya. Hampir semua bagian tubuh manusia punya potensi terserang kanker.

Di beberapa kasus pada penderita kanker, ia tidak merasakan gejala-gejala kanker hingga tiba-tiba ia divonis terkena kanker stadium lanjut.

Dan salah satu gejala kanker yang memiliki perkembangan yang lambat sehingga sulit untuk Anda kenali adalah gejala kanker usus besar. Sebelum saya lanjutjan, mungkin ada dari Anda yang belum tahu tentang usus besar?

Saya jelaskan secara singkat ya… Usus besar merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan manusia. Sebagai salah satu alat pencernaan, usus besar ini memiliki  peranan yang sangat penting.

Usus besar yang terletak di kawasan di bawah pinggang ini berfungsi sebagai tempat untuk proses penyerapan garam dan mineral untuk disalurkan ke usus kecil, penyerapan vitamin K dan penyimpanan kotoran/faces sampai akhirnya kotoran itu dibuang melalui anus.

Karena itu, ketika usus besar terkena kanker, maka kanker tersebut akan mengganggu sistem pencernaan yang merupakan salah satu pusat pertumbuhan dan perkembangan manusia. Kanker usus besar merupakan kanker yang menduduki peringkat ketiga yang paling sering terjadi di negara maju.

Sementara di Indonesia sendiri, kanker ini termasuk dari 10 besar penyakit kanker yang paling berbahaya. Penyebab kanker usus besar salah satunya adalah terjadinya penumpukan tinja akibat dari konstipasi yang terlalu lama.


Keganasan kanker usus besar ini terjadi pada kolon (usus besar), rektum dan appendix (usus buntu). Akibat dari keganasan kanker usus besar di dunia, dalam setahun dapat menyebabkan kematian hingga 655.000 jiwa. Cukup menakutkan bukan? Eh… saya tidak sedang menakut-nakuti Anda lho. Saya hanya ingin berbagi info saja, agar saya dan Anda selalu waspada. Okay, saya lanjutkan.

Penyebab lain dari kanker usus besar beberapa diantaranya adalah faktor keturunan, faktor klitis (radang usus besar yang tidak diobati), kebiasaan merokok yang tidak terkendali, kebiasaan makan yang tidak sehat (makanan instan, mengandung MSG, tinggi kolesterol dan rendah serat), tidak banyak beraktivitas dan yang paling utama adalah terkena virus HPV (Human Papilloma Virus).

Gejala kanker usus besar ini dibagi menjadi tiga macam yaitu gejala lokal, gejala umum dan gejala penyebaran. Biar lebih jelas, saya akan berikan ulasan gejala kanker usus besar ini secara lebih terperinci.

  • Gejala Lokal
    Yang dimaksud gejala lokal ini adalah gejala awal kanker usus besar, dan yang dirasakan hanya berhubungan dengan organ usus besar seperti :

    1. Perubahan kebiasaan buang air besar : perubahan frekuensi (berkurang atau bertambah), muncul sensasi ingin buang air tapi justru tidak dapat keluar, perubahan fisik kotoran/faces (bercampur darah/lendir/berwarna kehitaman).
    2. Timbul rasa nyeri disertai mual dan muntah saat buang air besar.
    3. Adanya benjolan pada perut, seperti halnya kanker yang lain, gejala kanker usus besar juga terdapat benjolan yang mungkin akan dirasakan sendiri oleh penderita jika Anda raba. Biasanya ketika sudah dapat merasakan benjolan, berarti sudah cukup besar pertumbuhan kanker itu.
    4. Terdapat gejala-gejala lain yang diakibatkan dari penyebaran kanker ini di organ tubuh yang lain yang berdekatan dengan tempat tumbuhnya kanker. Contohnya keputihan yang sudah tidak wajar, gangguan pada kandung kemih (timbul gelembung udara dan darah saat buang air kecil).
  • Gejala Umum
    Gejala kanker usus besar umum ini sering ditemui ketika seseorang menderita sakit kanker, baik kanker usus besar, kanker kelenjar getah bening, kanker darah dan sebagainya. Contohnya :

    1. Berat badan akan turun tanpa sebab, walaupun proses turunnya berat badan ini tidak sama antara satu orang dengan orang lain.
    2. Penderita kanker akan merasa tidak nafsu makan, karena hilangnya selera makan.
    3. Sering merasakan pusing, sering dikarenakan anemia.
    4. Keletihan yang berlebihan tanpa sebab yang jelas.
  • Gejala Penyebaran
    Pada gejala kanker usus besar tingkat “penyebaran”, berarti sudah memasuki pada stadium lanjut. Jika Anda mengenali ciri ciri kanker usus besar atau gejala kanker usus besar ini, Anda harus segera bawa ke rumah sakit.

    1. Jika penyebaran sudah mencapai ke hati, maka yang akan ditimbul adalah penderita nampak berwarna kuning, nyeri pada perut, pembesaran hati yang tampak saat pemeriksaan fisik oleh dokter.
    2. Paraneoplastik yaitu gejala kanker usus besar yang berhubungan dengan meningkatnya kekentalan darah.

Eniwei, prevalensi orang yang terkena kanker antara wanita dan laki-laki sama besarnya. Untuk orang Indonesia, kebanyakan yang “diserang” adalah usia 30 hingga 60 tahun. Dan dari usia tersebut, yang lebih banyak diserang adalah orang tua diatas 50 tahun.

Dalam perbandingan prosentase terserang, bagian tubuh paling besar pada kanker usus besar dan yang paling tinggi terkena adalah daerah rektum. Prosentasenya 56,8% rektum, 3,7% disekitar dubur, 35,3% disekitar usus besar.

Berita buruknya, penyakit kanker ini penyebabnya dan pengobatannya belum 100% benar-benar diketahui. Beberapa kasus dapat disembuhkan, sementara yang lain gagal. Maka dari itu, Anda harus waspada dengan penyakit ini.

Kenali gejala kanker usus besar sejak dini, selalu tanda tanda kanker usus besar di setiap saat dan biasakan hidup sehat, okay?

(sumber gambar artikel gejala kanker usus besar : grosiramazonplus.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Gejala Kanker Usus Besar yang Harus Anda Waspadai


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gejala Kanker Usus Besar yang Harus Anda Waspadai