Home » Penyakit » Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada gejala-gejala kanker lainnya, gejala kanker rahim sangat sulit untuk Anda kenali.

Makanya Anda harus selalu waspada. Dan untuk itulah Apel Green [.] com selalu membahas terus perihal kanker. Sesuai namanya, kanker rahim adalah sel-sel abnormal yang tumbuh di rahim wanita.

Tepatnya berada pada lapisan terdalam rahim, tempat dimana ovum menempel setelah dibuahi oleh sperma. Karena terletak pada rahim, kanker ini akan mempengaruhi kehidupan reproduksi wanita di masa mendatang.

Dan bagi penderita yang sudah parah, maka jalan yang harus ditempuh melalui pengangkatan rahim. Jelas hal ini pasti menjadi momok yang sangat menakutkan bagi wanita. Kanker Rahim kadang disebut juga kanker endometrium karena umumnya sel kanker yang muncul dengan menyerang sel-sel sehat.

Sebenarnya pada saat sehat, sel-sel sehat ini yang membentuk dinding lahir atau dalam istilah medisnya endometrium. Tapi karena sel kanker tumbuh secara abnormal, maka endometrium akan mengalami gangguan fungsional. Selain endometrium, kadang kala sel kanker juga menyerang otot-otot disekitar rahim.

Penyerangan pada otot ini kemudian berakibat pada sarkoma uteri. Namun berita baiknya, kasus seperti ini jarang terjadi. Akibat dari gangguan pada endometrium ini maka hormon-hormon peluruhan akan terganggu.

Hormon esterogen yang salah satu fungsinya mengatur haid mengalami ketidakseimbangan. Dan secara otomatis juga akan mengganggu siklus dan volume haid wanita.


Nah, ciri ciri kanker rahim pada wanita adalah pendarahan abnormal  yang pada vagina. Nah, seperti apa pendarahan yang abnormal pada vagina? Agar lebih jelasnya, saya akan membagi pendarahan yang merupakan salah satu gejala kanker rahim ini menjadi 4 macam.

  1. Pendarahan Menopouse
    Wanita pada usia 45-50 biasanya akan mulai mengalami menopouse. Jika Anda berada pada rentang usia ini atau lebih namun masih mengalami haid dengan lancar, maka ini justru merupakan hal yang tidak normal. Dan inilah salah satu gejala kangker rahim.
  2. Pendarahan di Antara Haid
    Bagi wanita yang masih produktif untuk haid, juga perlu hati-hati. Perhatikan siklus haid Anda. Jangan sepelekan siklus haid Anda karena melalui haid ini, berbagai penyakit dapat diketahui. Salah satunya adalah kanker rahim. Siklus haid tiap wanita berbeda-beda. Ada yang 30 hari sekali, ada 20 hari dan bahkan 14 hari. Siklus haid ini bisa dikatakan normal jika memang terjadi demikian sejak awal Anda mendapatkan haid. Tetapi jika tiba-tiba muncul haid ditengah-tengah siklus haid, bisa jadi itu adalah gejala tumor rahim.
  3. Pendarahan Saat Haid
    Mungkin dari kata-kata diatas cukup membingungkan Anda? Begini, pada saat haid, sudah tentu selalu Anda akan mengalami pendarahan. Tetapi bukan pendaharan seperti biasanya maksud saya. Pendarahan ini berbeda dari pendarahan haid biasanya. Ketika Anda haid, pasti Anda tahu kan kapan saat “banyak-banyaknya?”. Nah, pendarahan pada saat haid menjadi abnormal ketika pendarahan itu lebih banyak dari biasanya. Misalnya Anda menggantikan pembalut setiap 4 jam sekali. Tapi karena overload, akhirnya Anda harus mengganti dua jam sekali bahkan tiap jam !! Begitu pula ketika hari dimana Anda sedang banyak-banyak-nya darah. Pada beberapa orang, biasanya tiga hari pertama adalah “serangan paling besar”. Tetapi setelah itu, volume pendarahan berubah menjadi berkurang. Jika sampai hari ke tujuh Anda masih mengalami pendarahan yang cukup banyak, waspadailah tanda ini. Bisa jadi itu adalah tanda tanda kanker rahim.
  4. Terlambat Haid
    Kadang kala stres atau asupan gizi yang tidak cukup dapat mempengaruhi siklus haid. Tetapi yang perlu Anda ketahui adalah haid yang tidak lancar juga dapat menjadi salah satu gejala kanker rahim yang patut Anda perhatikan. So, jika Anda terus menerus mengalami keterlambatan haid, Anda harus cek ke dokter spesialis secepatnya, okay?

Kanker rahim merupakan sekumpulan penyakit yang muncul dalam tubuh, dimana kekebalan tubuh terkikis sedikit demi sedikit. Walaupun kanker rahim tidak seperti kanker serviks yang sangat berbahaya, Anda jangan memandang sebelah mata.

Oh iya… maksud saya mengatakan sekumpulan penyakit adalah adalah munculnya berbagai macam gejala kanker rahim. Karena gejala kanker rahim yang muncul itu tidak hanya satu. Tapi terdiri dari beberapa macam gejala awal kanker mulut rahim yang berupa penyakit-penyakit.

Nah, pendarahan yang telah saya jelaskan d iatas juga hanya satu dari sekian gejala kanker rahim lainnya. Jadi satu gejala yang muncul bukan berarti Anda terkena kanker rahim. Gejala kanker rahim selalu dan pasti disertai dengan gejala-gejala kanker rahim yang lainnya.

Nah, agar Anda bisa lebih memperdalam pengetahuan tentang gejala kanker rahim ini, saya akan jelaskan gejala lain yang biasanya mengikuti pendarahan. Gejala lain yang sering mengikuti gejala pendarahan adalah keputihan yang tidak wajar, muncul cairan berwarna dari vagina sebagai indikasi keputihan tetapi tidak normal.

Nyeri dan benjolan sering juga menjadi gejala kanker rahim. Dua gejala ini sering dirasakan pada perut bagian bawah. Dan dikarenakan sel kanker tumbuh pada alat reproduksi wanita, maka nyeri juga sering muncul saat berhubungan seksual.

Ciri ciri penyakit kanker rahim yang lainnya adalah turunnya berat badan akibat hilangnya nafsu makan atau karena sel-sel kanker sudah menyerang tubuh Anda sehingga sel-sel sehat mulai terdesak dan tidak dapat tumbuh. So… Anda, wahai para wanita yang mengalami gejala kanker rahim seperti yang telah disebutkan di atas, segeralah ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Sekian dari saya, semoga bermanfaat…

(sumber gambar artikel kanker mulut rahim, gejala kanker mulut rahim & kanker rahim gejala : jadiberita.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Radiasi dan Zat Kimia, Sang Penyebab Kanker Darah

Radiasi dan Zat Kimia, Sang Penyebab Kanker Darah

Kanker darah merupakan penyakit kanker dimana salah satu neoplasma memiliki sifat ganas yang berasal dari …

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri